Berita
199 orang jamaah berangkat, 2 orang jamaah tertunda

BUPATI TANAH DATAR LEPAS SECARA RESMI JAMAAH CALON HAJI TANAH DATAR

Minggu, 23 Agustus 2015 | 22:48 WIB | Seremonial
BUPATI TANAH DATAR LEPAS SECARA RESMI JAMAAH CALON HAJI TANAH DATAR

Batusangkar - Bupati Tanah Datar M. Shadiq Pasadigoe lepas secara resmi Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Tanah Datar di Gazebo Indo Jolito Batusangkar Sabtu (22/08/15).

Disaksikan ratusan keluarga, kerabat dan masyarakat, Jamaah Calon Haji (CHJ) Kabupaten Tanah Datar yang tergabung dalam kloter 2 ini, mendapat arahan dari Drs. Malikia, MA selaku Kepala Staf Penyelenggara Haji Kabupaten Tanah Datar yang juga sekaligus Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tanah Datar.

Dalam sambutannya, Drs. Malikia, MA menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh Jamaah Calon Haji, dengan izin-Nya dapat diberangkatkan tahun 2015 ini. Kabupaten Tanah Datar memperoleh kuota jamaah sebanyak 201 orang dari 3.596 kuota Provinsi Sumatera Barat.

“Ini perlu disyukuri Bapak dan Ibu adalah manusia terpilih, karena dengan semakin tingginya minat dan kesadaran umat Islam untuk menunaikan ibadah ke tanah suci dan kuota haji yang semakin ketat, maka untuk Tanah Datar yang mendaftar hari ini akan masuk daftar tunggu 14 tahun ke depan” kata Malikia.

Malikia juga sampaikan harapan kepada jamaah untuk dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah dengan baik dan sempurna, “jangan segan-segan untuk bertanya kepada pembimbing ibadah bila ada kendala”, tambah beliau.

Sementara itu Bupati Tanah Datar M. Shadiq Pasadigoe dalam sambutannya juga mengucapkan selamat kepada seluruh Jamah Calon Haji (JCH) Kabupaten Tanah Datar yang berjumlah 201 orang.

“Sebuah kehormatan yang luar biasa bagi bapak dan ibuk jamaah dapat memenuhi undangan Allah SWT ke tanah suci Makkah Al-Mukarramah dan Madinah Al-Munawwarah”, kata Bupati Shadiq.

Lebih lanjut Bupati Shadiq berpesan agar senantiasa menjaga kesehatan selama di tanah suci dan kepada jamaah yang lebih muda dapat membantu dan bekerjasama dengan jamaah yang lebih tua, jagalah kekompakan selama di sana”, pesan Bupati Shadiq.

“Atas nama Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Kabuapten Tanah Datar, kami mendoakan bapak dan ibu jamaah senantiasa diberi kesehatan dan kemudahan, selalu dalam lindungan-Nya sehingga dapat menunaikan rukun Islam yang ke-5 ini dengan sempurna dan memperoleh haji yang mabrur nantinya”, pungkas Bupati Shahiq.

Acara pelepasan JCH Kabupaten Tanah Datar ini turut juga dihadiri Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Arm. Bagus Tri Kuntjoro, Sekda Tanah Datar Drs. Hardiman, Staf Ahli Bupati Tanah Datar Adrion Nurdal, SE, Kabag Humas Adriyanti Rustam, SE. M.Si, Kepala SKPD dan Ketua STAIN Batusangkar.

 

Jamah Calon Haji Kabupaten Tanah Datar

Tahun 2015 ini Kabupaten Tanah Datar memberangkatkan 201 jamaah, 74 laki-laki dan 127 perempuan. Dede Mega Suara (25 tahun) adalah jamaah termuda asal Kecamatan Pariangan dan Jiah binti Muhammad Nur (89 tahun) jamah tertua asal Kecamatan Salimpaung.

CJH Kabupaten Tanah Datar tergabung dalam kloter 2 dengan ketua kloter Idris Nazar, SE, S.Pd.I, MM, bersama Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Dharmasraya, dan Kota Padang, yang direncanakan berangkat ke Madinah 23 Agustus 2015 jam 11.05 WIB melalui Embarkasi Padang serta direncanakan sampai di tanah air (BIM Padang) pada tanggal 1 Oktober 2015.

Menurut Drs. Malikia, MA dari 201 orang yang direncanakan berangkat hari ini dari Batusangkar (Sabtu, 22/08/15), yang bisa berangkat hanya 199 orang, sedangkan 2 orang terpaksa tertunda keberangkatannya karena belum keluarnya visa dari Kedutaan Arab Saudi.

JCH yang belum keluar visanya adalah Rahma binti Muhammad Sarun asal Kecamatan Rambatan, sedangkan Rustam bin Ahmad juga ditunda keberangkatannya karena beliau adalah suami Rahma binti Muhammad.

“Kemenag Tanah Datarbersama Kanwil Kemenag Sumatera Barat sedang berusaha keras untuk mengurus keluarnya visa beliau, mudah-mudahan dapat diberangkatkan bersama kloter 3 dan nanti sesampai di tanah suci dapat bergabung kembali dengan kloter 2”, sampai Malikia.

Senada dengan itu, Bupati Shadiq berpesan kepada Bapak Rustam dan Ibu Rahma beserta seluruh keluarga besar dapat menerima hal ini dengan ikhlas dan lapang dada, karena ini adalah ketetapan Allah SWT, mudah-mudahan pihak yang berwenang dapat menyelesaikan proses keluarnya visa segera mungkin. (Humas)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id