Berita
Berlangsung Meriah dengan Atraksi Tari Massal

PEMBUKAAN MTQ NASIONAL KE-1 KECAMATAN LINTAU BUO UTARA

Selasa, 25 Agustus 2015 | 23:45 WIB | Seremonial
PEMBUKAAN MTQ NASIONAL KE-1 KECAMATAN LINTAU BUO UTARA

Wakil Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi membuka secara resmi MTQ Nasional ke-1 Kecamatan Lintau Buo Utara yang dilaksanakan di Mesjid Nurussalam Lubuak Jantan, Senin (24/08).

MTQ Nasional tingkat kecamatan yang dilaksanakan di mesjid megah yang dibangun dari dana perantau itu (Sederhana Grup) dihadiri oleh anggota DPRD Kabupaten Tanah Datar Dapil III, juga dihadiri oleh para perantau dan Wakil Bupati Tanah Datar Periode Tahun 2005-2010 Auizul Syuib.

Sebelum acara pembukaan yang dilaksanakan di halaman mesjid, acara diawali dengan Pawai Ta’aruf sejauh 3,5 km, dimulai dari Lapangan Kubang dan Finish di Mesjid Nurussalam. Pawai ta’aruf ini cukup meriah karena diikuti oleh 4500 orang.  

Selain Silek dan Tari Galombang upacara penyambutan Wakil Bupati juga dihiasi dengan tari massal yang diikuti oleh 100 siswa SD dan pesantren se-Kecamatan Lintau Buo Utara yang menampilkan kolaborasi Tari Marawa, Galuak dan Tari Piriang.

MTQ Nasional tingkat Kecamatan Lintau Buo Utara ini diikuti oleh Nagari Lubuak Jantan, Tapi Selo, Balai Tangah, Batu Bulek dan Tanjuang Bonai dengan 488 peserta, dengan cabang Tilawah Kanak-Kanak, Tilawah Anak-Anak, Tilawah Lansia, Tilawah Kepala Jorong, Tilawah Remaja, Tilawah Dewasa, Tartil Dasar, Tartil Menengah, Tartil Umum, Musabaqah Syahril Qur’an, Pencak Silat, Khutbah Jum’at, Qasidah Rebana, Khatil Qur’an, Pasambahan Adat, Musik Tradisi Talempong dan Hafiz 1 Juz Tilawah dan Non Tilawah serta Hafiz 5 Juz.

MTQ di Kecamatan Lintau Buo Utara ini terasa unik dari yang lain karena pada MTQ ini juga mengangkat nilai-nilai lokal dan tradisi. Ini merupakan sebuah inovasi dengan mengangkat nilai-nilai lokal untuk menyelaraskan serta memperkuat sendi-sendi kehidupan di Luak Nan Tuo yang berlandaskan “Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah”

Ketua pelaksana yang sekaligus merupakan Pj. Wali Nagari Lubuak Jantan Riki S.STP dalam laporannya menyampaikan, terlaksananya kegiatan ini merupakan kerjasama yang dananya dihimpun dari iuran PNS se-Kecamatan Lintau Buo Utara, iuran dari sekolah-sekolah, sumbangan mesjid dan mushollah serta donator para perantau, dengan jumlah dana yang terhimpun sebesar Rp. 58.000.000,-.

Camat Lintau Buo Utara Drs. Suripto dalam sambutannya ucapan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat baik yang berada di kampung halaman maupun yang di rantau serta semua pihak atas segala dukungannya dalam menyukseskan MTQ ini, dilanjutkan dengan pengukuhan dewan hakim oleh Camat Lintau Buo Utara.

Kemenag Kabupaten Tanah Datar Malikia MA dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas terlaksananya MTQ Nasional Tingkat Kecamatan ini. Malikia menyampaikan ada 3 hal penting dalam pelaksanaan MTQ ini, pertama, MTQ ini menjadi sebagai bahan evaluasi TPA dan TPSA. Kedua, merupakan ajang untuk meraih prestasi di tingkat kecamatan. Ketiga, sebagai ajang seleksi untuk ke tingkat Kabupaten.

Drs. H. Irdinansyah Tarmizi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia serta peran serta para perantau untuk menyukseskan MTQ ini. MTQ Nasional tingkat kecamatan ini merupakan salah satu implementasi dari pemerintah dan masyarakat terhadap visi dan misi Kabupaten Tanah Datar.

Ucapan terima kasih yang besar terhadap peran para perantau dan masyarakat dalam upaya membantu pemerintah untuk menyelengarakan pembangunan diberbagai sektor bukan hal yang berlebihan karena tanpa peran perantau dan masyarakat kabupaten yang kita cintai ini dtidak akan bisa maju dan berkembang seperti saat sekarang ini, karena pemerintah daerah dengan segala keterbatasannya hanya bisa memberikan sebuah stimulan untuk memicu peran serta masyarakat.

Setelah memberikan sambutan Wakil Bupati Tanah Datar membuka secara resmi MTQ Nasional Tingkat Kecamatan di Lintau Buo Utara ini dengan simbol pemukulan gong di halaman mesjid Nurussalam. (Humas)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id