Berita

Wabup Irdinansyah : STAIN Batusangkar semoga segera menjadi IAIN Batusangkar

Selasa, 25 Agustus 2015 | 23:47 WIB | Seremonial
Wabup Irdinansyah : STAIN Batusangkar semoga segera menjadi IAIN Batusangkar

Harapan ini ini terungkap saat Wakil Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menghadiri sekaligus menjadi pemakalah pada Orientasi Mahasiswa Baru tahun 2015 di STAIN Batusangkar dengan tema Pembangunan di Kabupaten Tanah Datar, Senin (24/08).

Acara yang dihadiri oleh Wakil Ketua 1 Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Desmita menyampaikan bahwa pada tahun 2015 ini STAIN Batusangkar melaksanakan orientasi terhadap 1445 mahasiswa baru.

STAIN Batusangkar yang telah memiliki 2 jurusan Tarbiyah dan Syariah ini memiliki 30 program studi dengan 139 tenaga pengajar dan 50 tenaga administatif telah berkembang pesat, pada tahun ini jumlah mahasiswa STAIN Batusangkar berjumlah 6500 yang berasal dari berbagai kabupaten se-Sumatera Barat bahkan ada yang berasal dari luar provinsi.

Sebelum memberikan makalah Wakil Bupati Tanah Datar menyampaikan harapannya, semoga dalam kurun waktu yang tidak lama lagi apa yang kita cita-citakan bersama untuk mewujudkan perubahan status Sekolah Tinggi Agama Islam Nasional (STAIN) menjadi Institut Agama Islam Nasional (IAIN) dapat terlaksana.

Wabup dalam penyampaian awal menjelaskan kondisi Kabupaten Tanah Datar secara geografis dan astronomis serta kondisi ekonomi dan sumber daya yang dimiliki. Kabupaten Tanah Datar yang memilki 75 nagari dan 395 jorong mempunyai 3 andalan untuk meningkatkan perekonomiannya.

Peningkatan kuaitas Sumber Daya Manusia merupakan salah satu andalan kabupaten Tanah Datar ungkap Wabup, dalam kurun waktu 4 tahun berturut Kabupaten Tanah Datar meraih predikat pengelola pendidikan terbaik di Tingkat Provinsi.

Kabupaten Tanah Datar merupakan kabupaten yang terbanyak dalam meluluskan siswa SLTA untuk masuk perguruan tinggi negeri yang tersebar di seluruh Indonesia. Tanah Datar juga telah mengeluarkan peraturan pemerintah daerah untuk mengelola pendidikan dan pemberian bantuan dana pendidikan bagi siswa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Pada tahun 2015 ini, 2600 siswa yang lulus di perguruan tinggi negeri, 1400 yang berasal dari keluarga kurang mampu telah mengajukan proposal dan sebagian besar sudah diberikan bantuan, sisanya masih dalam proses verifikasi dan peninjauan ke lapangan.

Kita sadari atau tidak Tanah Datar telah memilki potensi pendidikan sejak masa kemerdekaan, pada tahun 1949 Muhammad Yamin telah mendirikan sekolah guru di Kabupaten Tanah Datar yang merupakan cikal bakal IKIP yang sekarang berubah menjadi Universitas Negeri Padang.

Andalan kedua dalam menunjang perekonomian Tanah Datar adalah dari sektor pariwisata. Pada tahun 2014 jumlah kunjungan wisata serta target dana yang ingin dicapai telah melebihi dari apa yang direncanakan. Ke depan pemerintah daerah meminta serta harapan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung pariwisata Tanah Datar yang memiliki potensi budaya dan sejarah yang cukup banyak.

Andalan ketiga adalah dari sektor pertanian, dengan tingkat kesuburan tanah yang bagus, Tanah Datar miliki potensi pertanian yang bisa menjadi penunjang perekonomian Tanah Datar.

Di akhir sambutan Wabup menyampaikan ucapan selamat menjadi mahasiswa kepada para peserta orientasi semoga di tengah-tengah kehidupan masyarakat dan di lingkungan kampus bisa menjadi pelopor/panutan dan bisa menjadi generasi muda potensial yang berakhlak serta berbudi pekerti luhur. Bagi mahasiswa yang berasal dari luar kabupaten Tanah Datar, Wabup juga menyampaikan ucapan selamat datang di Kabupaten Tanah Datar semoga nyaman untuk menimba ilmu pengetahuan di luhak Tanah Datar “sebagai pusek jalo pumpunan ikan”. (Humas)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id