Berita

POSYANTEK TANAH DATAR UKIR PRESTASI TINGKAT NASIONAL

Minggu, 11 Oktober 2015 | 13:46 WIB | Seremonial
POSYANTEK TANAH DATAR UKIR PRESTASI TINGKAT NASIONAL
Afizaldi Noerdin dari Posyantek Maju Bersama (dua dari kiri) saat terima penghargaan dari Mendagri Tjahyo Kumolo di PIN I dan TTG ke XVII di Banda Aceh

Posyantek Maju Bersama Kecamatan Rambatan harumkan nama Kabupaten Tanah Datar di kancah nasional dengan raih penghargaan Juara Harapan II Tingkat Nasional pada Lomba Posyantek, Kamis (08/10/15) di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh.

Penghargaan ini diserahkan Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo kepada Afrizal Noerdin Ketua Posyantek Maju Bersama Kecamatan Rambatan saat pembukaan Pekan Inovasi Perkembangan (PIN) ke I Desa/Kelurahan se-Indonesia dan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Nasional ke XVII di bumi Serambi Mekah Nanggroe Aceh Darussalam.

"Penghargaan ini terasa spesial karena Posyantek Maju Bersama baru genap satu tahun berdiri namun telah berhasil mengukir banyak prestasi mulai dari tingkat Provinsi hingga tingkat nasional", kata Drs. Altri Suandi Asisten Pemerintahan yang juga diamini Hernita Zailiarti, S.Sos Kepala Badan Taskin PMKB Kabupaten Tanah Datar yang turut mendampingi Afizaldi Noerdin Ketua Posyantek Maju Bersama menerima penghargaan.

Hernita lebih lanjut mengatakan Posyantek Maju Bersama dengan anggota 18 orang, berhasil melanjutkan tradisi juara yang diraih Kabupaten Tanah Datar dalam lomba Posyantek. Tahun 2014 yang lalu Posyantek Nagari Tuo Kecamatan Pariangan merupakan Juara Umum Lomba Posyantek di Samarinda. Untuk Tahun 2015 dilajutkan Posyantek Maju Bersama raih Juara 1 Posyantek Provinsi Sumatera Barat yang berhak melaju ke tingkat nasional.

Hernita juga jelaskan posyantek sebuah wadah yang ada nagari untuk menfasiltasi lahirnya teknologi tepat guna sesuai dengan potensi dan kebutuhan yang dimiliki masyarakat dan kelompok usaha masyarakat, yang bertujuan untuk mendorong kemajuan ekonomi masyarakat nagari.

Sementara itu Afrizaldi Noerdin, Ketua Posyantek Maju Bersama Kecamatan Rambatan kepada Humas sampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Tanah Datar melalui Badan Taskin dan PMKB yang secara kontiniu membina posyantek terus berkembang dan berkarya demi kesejahteraan masyarakat.

"Berkat dukungan pemerintah daerah dan kerjasama antar anggota, Posyantek Maju Bersama bisa berkarya membantu masyarakat Tanah Datar dan kami berharap temuan kami ini dapat berguna untuk masyarakat secara keseluruhan", kata Afrizaldi tokoh pemuda Galo Gandang yang dikenal kreatif dan inovatif ini.

Dalam kurun satu tahun ini Posyantek Maju Bersama telah membuat banyak alat dengan konsep Teknologi Tepat Guna di antaranya Tong Fermentasi untuk mengolah kakao menjadi berkualitas tinggi. Tong Fermentasi ini raih juara 2 Provinsi Sumatera Barat dalam lomba Teknologi dan Inovasi, hanya kalah dari temuan Alat Apung Pancing dari Pariaman.

"Bendera Perdamaian" demikian Afrizaldi beri nama, sebuah bendera pengusir hama tikus, dengan memakai mulsa plastik sebagai bahan bendera dan ditambah giring-giring yang disangkutkan pada bendera, sehingga ketika dihembuskan angin, bendera akan terlihat berkilat-kilat dan mengeluarkan suara dan ini dapat mengusir hama tikus dari persawahan.

"Tangan Malaikat", sebuah alat untuk menggantikan fungsi cangkul untuk melobang tanah, di mana dengan alat ini kedalaman tanah dapat disesuaikan sesuai kebutuhan.

Bio Gas dengan memakai sampah organik seperti kulit durian, mangga, coklat dan lainnya, yang mampu menghasilkan tenaga listrik yang bisa dimanfaatkan rumah tangga. Bedanya dengan alat yang sudah ada selama ini, temuan Posyantek Maju Bersama memakai tong penyimpanan dan  ampere meter sebagai pendeteksi sekaligus pengaman.

Di kesempatan itu Afrizaldi sampaikan tekad dan rencana ke depannya, Posyantek Maju Bersama akan terus menghimpun apa yang dibutuhkan masyarakat dan kelompok usaha masyarakat dan akan mencarikan solusi cerdas melalui teknologi tepat guna serta menfasilitasi lahir teknologi tepat guna baru maupun tekonologi tepat guna yang sudah ada di posyantek lainnya. Semoga sukses. (Humas)  

 

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id