Berita
Ranperda Perubahan APBD Tanah Datar tahun 2015

PLH BUPATI TANAH DATAR SAMPAIKAN NOTA JAWABAN

Senin, 12 Oktober 2015 | 07:55 WIB | Seremonial
PLH BUPATI TANAH DATAR SAMPAIKAN NOTA JAWABAN

Pelaksana Harian Bupati Tanah Datar Hardiman menyampaikan nota jawaban atas pertanyaan sembilan fraksi di DPRD setempat terhadap Ranperda Perubahan APBD 2015.

Bupati Tanah Datar Hardiman pada sidang paripurna DPRD Tanah Datar menyampaikan  ucapan terima kasih kepada ketua dan anggota dewan atas perhatian dan kesungguhannya dalam membahas nota Ranperda Perubahan APBD Tanah Datar tahun 2015, di Pagaruyung Jumat kemaren.

Sidang paripurna dipimpin Wakil Ketua Irman dan dihadiri 28 anggota dewan, Muspida, para asisten, pimpinan SKPD, Camat, dan wali nagari se-Tanah Datar.

Hardiman menyebutkan bahwa dalam penyampaian nota jawaban itu, pihaknya sudah berupaya seoptimal mungkin menyajikan dalam bentuk data dan informasi yang valid dengan mengacu kepada kondisi objektif yang ada.

"Kami menyadari mungkin masih terdapat kelemahan dan kekurangan dalam memberikan jawaban dan keterangan ini," ungkap Hardiman.

Hardiman menguraikan seluruh tanggapan dan pertanyaan anggota dewan bersifat analisis dan responsif serta didukung dengan pemahaman, daya kritis dan pengalaman yang baik terhadap persoalan-persoalan pemerintah, pembangunan, dan kemasyarakatan. "Pertanyaan dan tanggapan yang disampaikan merupakan tuntutan tugas dan fungsi anggota dewan dalam mengawasi penyelengaraan pemerintahan demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tanah Datar," pungkas Hardiman.

Sebelumnya, sembilan fraksi di DPRD Tanah Datar menanggapi dan mempertanyakan Ranperda Perubahan APBD 2015.

Juru Bicara Fraksi Hanura Haekal mempertanyakan turunnya target pendapatan dari retribusi daerah senilai Rp7,224 miliar atau sebesar 6,4 persen.

Selain itu, Fraksi Hanura juga menyoroti retribusi parkir di kawasan Pasar Batusangkar, Lapangan Cindua Mato, dan Lapangan Gumarang, yang terkesan tidak dikelola dengan benar.

Juru Bicara Fraksi PPP Arianto menyayangkan ketergantungan anggaran pemerintah daerah terhadap pemerintah pusat sangat tinggi mencapai 90 persen.

Fraksi PPP juga menyorot tajam persoalan masih ada daerah terisolir sehingga fasilitas kesehatan dan pendidikan disana sangat minim seperti di Nagari Lubuk Jantan, Kecamatan Lintau Buo Utara.

Fraksi PKS melalui juru bicaranya, Syafrudin Tasman, mempertanyakan sedikitnya anggaran terkait program pemahaman adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah (ABSSBK) di masing-masing satuan kerja perangkat daerah.

Penerimaan pendapatan Kabupaten Tanah Datar pada APBD Perubahan 2015 sebesar Rp1,124 triliun, mengalami peningkatan sebesar Rp44,106 miliar dari Rp1,08 triliun, yang berasal dari penambahan PAD, dana perimbangan, dan peningkatan pendapatan lain-lain yang sah.

Dalam pencapaian, optimalisasi, dan peningkatan pendapatan daerah tersebut, pemerintah daerah berupaya menggali potensi sumber-sumber pendapatan berupa pajak dan retribusi daerah.

Anggaran belanja daerah dalam Perubahan APBD 2015 mengalami peningkatan sebesar Rp65,339 miliar dari Rp1,162 triliun menjadi Rp1,227 triliun.

Anggaran pembiayaan daerah juga mengalami peningkatan yang berasal dari penerimaan pembiayaan sebesar Rp38,232 miliar dari Rp81,123 miliar menjadi Rp119,355 miliar. Pengeluaran pembiayaan daerah dianggarkan sebesar Rp17 miliar.Humas/eri

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id