Berita

TAHUN BARU HIJRIYAH MOMENTUM PERUBAHAN

Rabu, 14 Oktober 2015 | 08:49 WIB | Seremonial
TAHUN BARU HIJRIYAH MOMENTUM PERUBAHAN

Semangat menyambut Tahun Baru Hijriyah harusnya lebih tinggi dibanding menyambut Tahun Baru Masehi, namun dengan syarat memberi manfaat dan kemaslahatan masyarakat. Demikian ungkap Bupati Tanah Datar yang diwakili Sekda Drs. Hardiman saat memberi sambutan Tabligh Akbar Tahun Baru Hijriyah 1437 H di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar, Selasa (13/10).

Peringatan Tahun Baru Hijriyah 1437 H diawali dengan pemukulan beduk saat masuknya waktu shalat magrib oleh Sekda didampingi Asisten di lingkungan Setda, Kepala Kantor Kemenag Drs. Malikia, MA,  Ketua PHBI Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dan Ketua BKMT Drs. Maswardi. Berbeda dengan penanggalan tahun Masehi yang dimulai pada jam 00, peralihan Tahun Baru Hijriyah ditandai dengan masuknya waktu magrib.

Tabuhan beduk membahana dan mengalun indah di lingkungan Gedung Nasional Maharajo Dirajo, dengan harapan di Tahun 1437 H, asa dan harapan untuk perubahan lebih baik akan diwujudkan Allah SWT.

Kemudian dikumandangkan azan magrib oleh 3 orang anak secara serentak dan dilanjutkan shalat Magrib berjamaah yang diikuti oleh jamaah yang memenuhi Gedung Nasional yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Tanah Datar, dari unsur PNS Tanah Datar, Jamaah BKMT se-Kabupaten Tanah Datar dan warga masyarakat pada umumnya.

Bupati Tanah Datar himbau masyarakat melalui sambutannya yang dibacakan Sekda Drs. Hardiman, untuk memaknai peralihan tahun Hijriyah tidak hanya sebagai perubahan waktu, tetapi waktu yang silih berganti datang dan pergi, terdapat nilai tanggung jawab kepada Sang Khaliq terhadap penggunanaan waktu itu sendiri.

“Barang siapa hari ini lebih baik dari hari kemaren maka termasuk orang yang beruntung, dan barang siapa hari ini sama saja dengan hari kemaren maka termasuk orang yang merugi dan barang siapa hari ini lebih buruk dari hari kemaren maka termasuk golongan yang dilaknat Allah SWT”, tandas Hardiman.

“Untuk itu, suatu keharusan bagi kita semua untuk terus ada perubahan dari waktu ke waktu dan melalui semangat perubahan menuju lebih baik, dan semoga semua program pemerintah yang sudah ada dan yang akan dilaksanakan bisa menjadikan Kabupaten Tanah Datar dengan seluruh masyarakatnya menjadi maju dan sejahtera di semua di bidang kehidupan”, ucap Hardiman lebih lanjut.

Tabligh Akbar ini diisi dengan tausiah agama yang disampaikan Ustad Afrizal Thaib sekaligus penyerahan pemenang berbagai lomba memeriahkan penyambutan Tahun Baru Hijriyah 1437 H di antaranya lomba band religi, lomba busana muslimah dari berbagai tingkat pendidikan. (Humas)

  

   

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id