Berita

Gunung Marapi Tidak Boleh Didaki

Sabtu, 26 Desember 2015 | 19:11 WIB | Lintas SKPD
Gunung Marapi Tidak Boleh Didaki

Pj. Bupati Tanah Datar Sudirman Gani, SH, MM tinjau pos pendakian Gunung Marapi di Nagari Koto Baru Kecamatan X Koto, Sabtu siang (26/12/15) bersama Kapolres Tanah Datar AKBP Irfa Asrul Hanafi,SIK,  Kapolres Padang Panjang AKBP Heru Yulianto,SIK dan Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Arm. Bagus Tri Kuntjoro, SH.

Kunjungan rombongan Pj. Bupati Tanah Datar bersama unsur Forkopinda dan SKPD terkait ini bertujuan untuk mensosialisasikan larangan kegiatan pendakian Gunung Marapi, hal ini didasarkan pada status Gunung Marapi pada level II Status Waspada.

Berdasarkan pantauan Badan Geologi 1 s/d 20 Desember 2015, jumlah rekaman gempa Tornello,gempa Tremor dan gempa Vulkanik Dangkal cenderung menurun bila dibandingkan dengan jumlah rekaman gempa pada Bulan November 2015, namun secara umum aktivitas kegempaan Gunung Marapi masih berfluktuasi dan masih dinyatakan tingkat aktivitas Gunung Marapi masih tetap Waspada level II.

Badan Geologi melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi merekomendasikan masyarakat sekitar Gunung Marapi dan pengunjung tidak diperbolehkan mendekati Gunung Marapi pada radius 3 km dari kawah/puncak, mengingat kawah sebagai pusat letusan dan sumber keluarnya gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan bagi kehidupan dan kepada masyarakat juga diharapkan tenang tidak terpancing isu-isu tentang letusan Gunung Marapi serta selalu mengikuti arahan dari pemerintah daerah.

Sementara itu Pj. Bupati Tanah Datar jelaskan kunjungan bersama Forkopinda ini menunjukkan keseriusan pemerintah daerah menindaklanjuti himbauan Badan Geologi. “Sehubungan saat ini Gunung Marapi pada Level Waspada, kepada masyarakat dan Pencinta Alam untuk tidak melakukan pendakian Gunung Marapi sampai kondisi memungkinkan”, ucap Bupati.

Bupati Tanah Datar ingatkan Camat X Koto Drs. Herison dan Kelompok Masyarakat Pengelola  Pendakian Gunung Marapi, “mari kita patuhi larangan kegiatan pendakian Gunung Marapi ini untuk kebaikan bersama, kita tidak ingin ada korban jatuh akibat tidak mematuhi himbauan ini, kondisi Gunung Marapi saat ini dalam status waspada ditambah cuaca yang sering hujan tentunya membahayakan kegiatan pendakian”, pesan Bupati.

Sebagaimana diketahui Gunung Marapi senantiasa ramai didaki oleh wisatawan dan kelompok pencinta alam setiap minggunya apalagi menyambut malam pergantian tahun. Menurut Zulhendri Ketua Pos Pendakian Gunung Marapi, malam tahun baru menjadi puncak kedatangan wisatawan. “Gunung Marapi menjadi salah satu favorit tempat merayakan malam tahun baru dan jalur Koto Baru banyak dipilih karena jalur normal pendakian, biasanya ratusan pendaki dari berbagai daerah di Sumatera Barat bahkan dari luar Sumatera Barat berkumpul di Koto Baru, namun untuk tahun ini kita siap mengamankan adanya larangan pendakian demi keselamatan bersama ”, kata Zulhendri.

Untuk mengantisipasinya Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mendirikan posko penjagaan dalam waktu dekat, mencegah pengunjung dan kelompok pencinta alam mendaki gunung Marapi. Posko bersama ini akan ditempatkan petugas gabungan dari Kodim 0307 Tanah Datar, Polres Padang Panjang, BPBD Tanah Datar, Kesabangpol Tanah Datar, Camat X Koto dan masyarakat setempat. (Humas)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id