Berita

LAUNCHING PATEN SE-KABUPATEN TANAH DATAR

Kamis, 31 Desember 2015 | 13:43 WIB | Lintas SKPD
LAUNCHING PATEN SE-KABUPATEN TANAH DATAR

Dalam rangka merespon dinamika perkembangan penyelengaraan pemerintahan daerah menuju tata kelola pemerintahan yang baik ( Good Governance), pemerintah kabupaten Tanah Datar mengadakan Launching Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) se - Kabupaten Tanah Datar yang diresmikan langsung oleh Pj. Bupati Tanah Datar H. Sudirman Gani, SH. MM di Aula Kantor Bupati Tanah Datar, Kamis (31/12).

Pj. Bupati Tanah Datar bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Datar Drs. Hardiman, Asisten I Bidang Pemerintahan Drs. Altri Suandi, Asisten II Bidang Ekonomi pembangunan Ir. Helfy Rahmi Harun dan Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs. Azwar R disambut oleh seluruh kepala SKPD, Kepala Bagian di lingkungan Sekretariat Daerah dan Camat se Kabupaten Tanah Datar.

Drs. Altri Suandi selaku ketua tim teknis PATEN menyampaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan. Dalam laporannya ia menyampaikan, pelaksanaan PATEN di Kabupaten Tanah Datar berdasarkan PP nomor 19 Tahun 2008 Tentang Kecamatan dan Permendagri Nomor 4 tahun 2010 Tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan serta Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 138-270 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan.

Latar belakang dilaksanakan PATEN adalah keinginan pemerintah daerah untuk bisa memperhatikan kebutuhan dan tuntutan masyarakat dalam pelayanan dan meningkatkan kualitas dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan memperhatikan kondisi geografis daerah.

Untuk mencapai hal diatas, maka pemerintah  perlu mengoptimalkan peran kecamatan sebagai perangkat daerah terdepan dalam memberikan pelayanan publik dengan menetapkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2010. Permendagri tersebut mengamanatkan bahwa seluruh kabupaten / kota di Indonesia harus menerapkan program PATEN selambat-lambatnya tahun 2015.

Drs. Altri Suandi juga menyampaikan langkah-langkah dalam mewujudkan PATEN antara lain adalah, pertama  syarat subtantif yang terdiri dari, adanya pendelegasian sebagian kewenangan dari bupati kepada camat yang ditetapkan melalui peraturan bupati yang meliputi Bidang perizinan dan non perizinan serta memperhatikan efisiensi dan efektifitas penyelengaraan pelayanan. Kedua, syarat administratif yakni standar pelayanan dan penetapan uraian tugas pokok dan fungsi personil kecamatan harus melalui peraturan Bupati. ketiga, syatar teknis yang meliputi kesiapan personil, sarana dan prasarana pelayanan di kecamatan.

Upaya yang telah dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar dalam rangka menerapkan program PATEN adalah, Pertama, dengan telah diterbitkannya Peraturan Bupati Nomor 4 Tahun 2010 tentang pelimpahan sebagian kewenangan bupati kepada camat yang berisi bidang non perizinan, kedua, telah diterbitkan Peraturan Bupati Nomor 52 Tahun 2015 tentang uraian tugas pelaksana PATEN di Kabupaten Tanah Datar. Ketiga, Peraturan Bupati nomor 51 tahun 2015 tentang perubahan atas peraturan bupati nomor 40 tahun 2015 tentang pelimpahan sebagian kewenangan bupati kepada camat.

Berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 51 tahun 2015 terdapat pelimpahan kewenangan bupati kepada camat dalam bidang perizinan sebagai berikut, Pertama, izin jenis usaha skala mikro (modal dibawah Rp. 50. 000.000,-) diluar tanah dan bangunan yang tidak memerlukan rekomendasi teknis adalah, toko P & D, Counter Pulsa Handphone, bengkel sepeda motor skala kecil, pedagang beras pengecer, usaha pencucian sepeda motor, usaha service alat elektronik. Kedua, Izin mendirikan bangunan diluar jalan kabupaten provinsi dan negara dengan ketentuan sebagai berikut, bangunan permanen tidak bertingkat, bangunan gedung sederhana dengan luas <70 M², tingkat permanensi meliputi bangunan gedung semi permanen dan bangunan gedung darurat atau sementara, tingkat resiko kebakaran meliputi bangunan gedung bertingkat resiko kebakaran sedang dan tingkat resiko kebakaran rendah, bangunan gedung dilokasi sedang dan bangunan gedung dilokasi renggang dan kepemilikan meliputi bangunan gedung milik perorangan / kaum persekutuan. Untuk bidang perizinan tersebut akan disiapkan terlebih dahulu juknis yang mengatus lebih lanjut tentang teknis pelaksanaannya di kecamatan sehingga efektif dilaksanakan pada tahun 2016.

Pj. Bupati Tanah Datar pada awal  sambutannya menyampaikan apresiasi atas bisa terlaksananya program PATEN ini di seluruh  Kecamatan di Lingkungan pemerintah kabupaten Tanah Datar.  Tanah Datar secara administratif terdiri dari 14 kecamatan, 75 nagari dan 395 jorong, dengan luas wilayah adalah + 1.336 km2 atau 133.600 ha dengan jumlah penduduk + 362.030 jiwa. Kondisi ini mendeskripsikan bahwa penduduk Kabupaten Tanah Datar sebagian besar berada cukup jauh dari pusat pemerintahan di kabupaten. hal ini sangat berpengaruh terhadap keinginan masyarakat untuk memperoleh pelayanan yang maksimal dari pemerintah. hal ini menjadi sebuah pekerjaan rumah bagi pemeritah daerah untuk dapat memberikan pelayanan publik yang terbaik bagi masyarakat dengan cara mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Pj. Bupati Tanah Datar juga menyampaikan program paten yang dilaksanakan di kecamatan ini akan merubah sistem pelayanan dari sistem konvensional menjadi sistem paten dengan harapan dapat mengoptimalkan peran pemerintah kecamatan dalam fungsi pelayanan guna meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Karena selama ini pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat dirasakan masih jauh dari kata baik dan selain itu juga dapat mengurangi permasalahan dari beban biaya yang ditanggung masyarakat mulai dari kendala jarak, jangkauan, waktu, sarana angkutan dan biaya. 

Dipenguhujung sambutan Pj. Bupati Menyampaikan, Program PATEN ini sangat cocok dilaksanakan di kabupaten tanah datar mengingat kondisi geografis daerah dimana jarak antara kecamatan dan nagari kepusat pemerintahan di kabupaten cukup jauh. Untuk itu  saya akan menyampaikan beberapa pesan dan harapan, Kepada camat dan aparatur pemerintah, sebagai pelayan masyarakat, kita harus memberikan pelayanan yang cepat, murah, ramah dan ikhlas. Mengingat posisinya yang strategis, camat perlu lebih aktif dalam mengoptimalkan pelaksanaan tugasnya. Camat diharapkan mampu berinovasi untuk meningkatkan kinerjanya, termasuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Mengingat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berkembang begitu pesat, maka saya minta setiap aparatur pemerintah,  agar meningkatkan kapasitas diri, sehingga bisa memanfaatkan teknologi informasi dengan baik. Kepada para aparatur di kecamatan, agar dapat memberikan pelayanan terbaik, murah, cepat, tepat, efisien dan transparan, kepada masyarakat. Bekerjalah sesuai dengan tugas, waktu kerja dan aturan yang telah ditetapkan, tuntas dan akurat atas dasar kompetensi terbaik, penuh tanggung jawab serta komitmen yang tinggi. (humas)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id