Berita
Tanjung Barulak dilanda banjir

Pj. BUPATI TANAH DATAR H. SUDIRMAN GANITINJAU BANJIR TANJUNG BARULAK

Jumat, 08 Januari 2016 | 10:35 WIB | Seremonial
foto

Ruas jalan provinsi Batusangkar - Sijunjung di Jorong Lingkuang Kawek Nagari Tanjung Barulak Kecamatan Tanjung Emas dilanda banjir, akibatnya ratusan kendaraan tidak dapat melintas karena genangan air hampir mencapai sedalam satu meter di badan jalan.

Sumber banjir yang menimpa tersebut bukan dari salah satu sungai yang meluap tetapi banjir disebabkan limpahan air dari perbukitan daerah itu, drainase yang sekaligus merupakan pengairan persawahan tidak mampu menampung aliran air yang besar tersebut sehingga meluap ke jalan yang menghubungkan Batusangkar - Sijunjung dan Sawahlunto. 

Selain itu banjir juga merusak sekitar 30 hektar tanaman padi sawah warga Tanjung Barulak. "Sejak hujan mengguyur dari tadi malam hingga pagi ini, daerah ini menjadi banjir, satu unit sepeda motor hanyut karena pengendara nekat melintasi banjir ini. Yang sangat kita sayangkan padi yang baru saja satu minggu dan dua minggu ini ditanam, kini terancam rusak karena air sangat deras di areal persawahan ini," sebut Kepala Jorong Lingkuang Kawek Nagari Tanjung Barulak, Yasril Kamis (7/1) mengatakan di lokasi banjir tersebut.

Ia berharap Pemda memperbesar drainase di daerah rawan banjir itu, karena setiap tahun selalu dilanda banjir, menurutnya jika drainase yang sekaligus untuk irigasi itu diperbesar, banjir tidak akan terjadi lagi.

Banjir terjadi sejak Kamis pagi sekitar pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.30, akibatnya kendaraan harus mencari jalan pintas yang juga menempuh jarak lebih jauh. Salah satu bus yang mencoba melintasi genangan banjir itu juga mogok dipertengahannya, kemudian sejumlah warga membantu mendorong mundur. 

Sementara Pj. Bupati Tanah Datar Sudirman Gani  yang langsung turun bersama Instansi terkait  meninjau kondisi banjir ke lapangan, juga mengatakan, kami bersama instansi terkait langsung meninjau kondisi yang terjadi setelah mendapatkan informasi dari masyarakat setempat.

" Anggota BPBD, Dishubkominfo, TNI dan Polri bersama warga langsung mengamankan dan mengevakuasi kendaraan yang mogok" , ungkap Sudirman Gani.

Pada kesempatan tersebut Sudirman Gani juga menyampaikan ucapan terimah kasih kepada semua pihak yang telah membantu terjun langsung di lapangan. pungkasnya.humas

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id