Berita
BANSOS BANK INDONESIA

KELTAN SARUMPUN BANIAH TERIMA BANSOS RUMAH PENGOLAHAN TEBU DAN KOMPOS DARI BI

Jumat, 15 Januari 2016 | 08:15 WIB | Seremonial
KELTAN SARUMPUN BANIAH TERIMA RUMAH PENGOLAHAN TEBU DAN KOMPOS DARI BI

Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Barat lakukan serah terima rumah pengolahan tebu dan rumah pengolahan kompos untuk kelompok tani Sarumpun Baniah (keltan SB), Jorong Pagu-Pagu, Nagari Pandai Sikek, Kecamatan X Koto melalui Program Sosial Bank Indonesia, Kamis (14/01) di Pagu-Pagu, Nagari Pandai Sikek, Kecamatan X Koto.

Acara serah terima tersebut juga dihadiri oleh Pj. Bupati Tanah Datar, H. Sudirman Gani, Kepala Perwakilan BI Sumbar, Puji Atmoko, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat, Fajarudin, Kepala Dinas, Badan, Kantor di lingkungan Pemda Kabupaten Tanah Datar, Camat X Koto beserta muspika, dan undangan lainnya.

Program sosial Bank Indonesia ini merupakan suatu program kegiatan yang bersifat bantuan untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, dan diberikan melalui kelompok tani, kelompok usaha dan lainnya yang melibatkan masyarakat.

Ketua kelompok tani Sarumpun Baniah, Guswardi Dt. Rangkayo Marajo pada kesempatan itu mengatakan kelompok tani ini berdiri sejak bulan Agustus 2010 dengan bermodalkan Rp.300 ribu, dengan usaha penanaman cabe selanjutnya pada tahun 2011 juga mendapatkan bantuan dan tahun 2012 mendapat bantuan satu unit gilingan tebu dari pemda Tanah Datar, dan pada tahun ini melalui program sosial Bank Indonesia memperoleh bantuan rumah pengelolaan tebu dan kompos.

Dikatakannya, untuk ini BI melalui program sosial membantu sebesar Rp.150 juta berupa bahan baku dan ditambah dengan swadaya masyarakat sebesar Rp.110 juta, berupa bantuan tenaga dan lainnya.

Dia juga mengatakan dengan adanya bantuan ini, saat ini pencapain produksi dari pengolahan tebu sudah bisa mencapai 400 kg/hari. Ini merupakan peningkatan yang sangat tinggi dibandingkan menggiling tebu secara tradisional dengan menggunakan kerbau sebagai alat pemutar alat giling, hal ini sudah barang pasti ini akan neningkatkan ekonomi masyarakat setempat terutama bagi anggota kelompok tani sarumpun baniah.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat, Fajarudin menyampaikan bahwa ini program peningkatan produksi dari Bank BI yang pertama dan di Sumbar cuma ada di tiga kabupaten yaitu, Kab. Tanah Datar, Kab. Agam dan Kab. Solok.

Keltan Sarumpun Baniah dipilih karena dinilai memiliki kemampuan untuk mengelola dan mengembangkan program ini, dan ini terbukti bahwa sampai saat ini kelompok tani sarumpun baniah mampu mensukseskan progran ini. Semua ini tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan dari semua pihak, baik itu kelompok tani maupun Pemda Kabupaten Tanah Datar itu sendiri.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumbar, Puji Atmoko katakan tujuan untuk mengatur stabilitas rupiah. Menjaga nilai rupiah terhadap harga barang dan jasa dan terhadap nilai tukar rupiah (kurs), dan program ini merupakan salah satu agar bisa menjaga stabilitas harga barang dan jasa di Indonesia khususnya di Provinsi Sumatera barat, terangnya.

Khusus pada pengendalian rupiah terhadap harga barang dan jasa BI mempunyai program sosial yang peruntukannya untuk menstabilkan harga barang dan jasa di pasar sehingga dapat menekan angka infalasi dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat selain program sosial dengan memberikan bantuan berupa modal dan peralatan ini, BI juga mempunyai program pelatihan bagi masyarakat untuk meningkatkan keterampilan masyarakat, sehingga mampu meningkatkan penghasilan masyarakat melalui usaha kerakyatan atau home industri.

Sementara itu Pj. Bupati Tanah Datar, H. Sudirman Gani mengharapkan kepada kelompok tani dapat menjaga dan memelihara apa-apa yang telah diperoleh, jangan sampai nanti setelah program ini selesai dan pendampingan dari dinas terkait juga sudah ditarik, malah pengelolaannya tidak ada kemajuan seperti sekarang. Saya berharap ini akan terus berlanjut seperti tujuan kita semula walau nanti sudah tidak ada bantuan dari pihak lain", harap Sudirman Gani. (Humas/Hp)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id