Berita

JALAN BATUSANGKAR-BUKITTINGGI SEMPAT TERPUTUS

Selasa, 09 Februari 2016 | 09:19 WIB | Umum
JALAN BATUSANGKAR-BUKITTINGGI SEMPAT TERPUTUS
Penjabat Bupati Tanah Datar Sudirman Gani didampingi Kapolres Tanah Datar AKBP Irfa Asrul Hanafi, SIK, beri arahan kepada Kepala BPBD Kabupaten Tanah Datar Drs. Mukhlis

Hujan yang turun merata sepanjang hari Jum’at (5/2) hingga Minggu (7/2) hampir seluruh wilayah Sumatera Barat, akibatkan beberapa lokasi terjadi banjir dan longsor di berbagai daerah. Salah satunya longsor yang terjadi di jalan Batusangkar-Bukittinggi via Baso tepatnya Sawah Magek Jorong Sawah Parik Nagari Tanjung Alam Kecamatan Tanjung Baru.

Menurut keterangan Kepala BPBD Kabupaten Tanah Datar Drs. Mukhlis kepada Humas sampaikan longsor yang mengakibatkan jatuhnya material tanah menutupi jalan raya ini terjadi sekitar jam 03.00 dini hari, sehingga menganggu lalu lintas kendaraan dari Batusangkar menuju Bukittinggi dan sebaliknya.

Penjabat Bupati Tanah Datar H. Sudirman Gani, SH saat memberi arahan dan petunjuk pembersihan lokasi jalan yang tertimbun material tanah dan pepohonan yang ikut jatuh ke jalan, Senin (8/2) katakan pemerintah daerah bersama kodim, polres dan satgas senantiasa siaga menghadapi berbagai potensi bencana di daerah ini.

“Tanah Datar memiliki banyak potensi longsor, apalagi bulan Februari bisa dikatakan puncaknya musim hujan, pemerintah daerah dalam hal ini BPBD, Dinas Pekerjaan Umum, Kodim, Polres beserta Satgas Bencana yang sudah ada di setiap nagari senantiasa kita siapkan baik itu dari segi personel dan alat untuk segera bergerak cepat saat terjadi bencana”, ucap Sudirman Gani.

Dari pantauan di lokasi, ternyata lokasi di seberang lokasi longsor adalah tempat pembuangan sampah oleh masyarakat baik masyarakat sekitar maupun orang yang tidak bertanggung jawab membuang sampah seenaknya saja saat melewati jalan tersebut. Hal ini disampaikan Camat Tanjung Baru Drs. Abramis Yuzi dan dibenarkan Anggota DPRD Kabupaten Tanah Datar Anton Yondra, SE yang ikut memantau pembersihan lokasi longsor.

“Memang tempat ini dijadikan pembuangan sampah oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, yang lebih tidak mengenakan lagi orang lewat dari daerah lain seenaknya saja membuang sampah di tempat kita”, tutur Anton Yondra.

Menanggapi itu Penjabat Bupati Tanah Datar minta Camat Tanjung Baru segera mencari solusinya agar tidak terjadi lagi. “Lakukan koordinasi dengan Camat Salimpaung dan saya tawarkan alternatif solusi pembangunan taman di sekitar ini sehingga tempat ini menjadi indah dan tidak mengundang orang lain membuang sampah di sini”, tegas Sudirman Gani.

Lebih lanjut Penjabat Bupati himbau masyarakat tidak membuang sampah di lokasi ini yang ternyata di bawah ada pemukiman masyarakat. Dengan bertumpuk sampah di sini menyebabkan pemandangan yang tidak indah dan menimbulkan aroma tidak sedap dan yang lebih berbahaya  lagi tumpukan sampah berakibat tanah menjadi gembur dan rawan longsor yang mengancam jiwa manusia yang tinggal di bawahnya.

Penjabat Bupati juga beri apresiasi dengan penanganan longsor yang cepat. “Dengan kerjasama yang baik semua pihak di antaranya BPBD, Dinas PU, Polres, Kodim dan masyarakat setempat, pemindahan material longsor segera selesai dan tidak mengganggu lalu lintas kendaraan terlalu lama.

Dengan dukungan BPBD yang menurunkan personel dari Pemadam Kebakaran, Relawan Bencana, Dinas PU mengerahkan alat berat, Kodim di bawah komando Kasdim 0307, Kapolres AKBP Irfa Asrul Hanafi, SIK beserta personel, masyarakat setempat, yang semula dengan sistem buka tutup, baru sekitar jam 11.45 WIB lalu lintas kembali normal seperti sediakala. (Humas)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 

Search
Pesona Tanah Datar
Laporan Pengaduan
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id