Berita

HUMAS AGAM SHARING INFORMASI KE PPID KABUPATEN TANAH DATAR

Kamis, 25 Februari 2016 | 10:29 WIB | Seremonial
HUMAS AGAM SHARING INFORMASI KE PPID KABUPATEN TANAH DATAR
Kabag Humas Tanah Datar foto bersama dengan Kabag Humas Agam di dampingi Kasubag di Meja Layanan Informasi PPID Kabupaten Tanah Datar

Seiring dengan dianugerahinya Kabupaten Tanah Datar sebagai peringkat kedua dalam mendukung keterbukaan informasi publik kategori pemerintah Kabupaten/Kota se - Sumatera Barat Tahun 2015 oleh Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat beberapa waktu lalu, menjadi salah satu alasan Humas Kabupaten Agam ingin menimba dan sharing informasi terhadap langkah-langkah yang dilakukan PPID di Kabupaten Tanah Datar dalam mendukung Keterbukaan Informasi Publik yang diamanahkan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Hal ini disampaikan Kepala Bagian Humas Kabupaten Agam Syatria sebagai ketua rombongan didampingi Jubrizal Kasubag Media Massa dan Pemberitaan serta beberapa orang staf saat berkunjung ke Bagian Humas Kabupaten Tanah Datar. Dalam kunjungan tersebut rombongan Kabupaten Agam diterima langsung Kepala Bagian Humas Kabupaten Tanah Datar Adriyanti Rustam didampingi Kasubag Media dan Pemberitaan Muharwan, Kasubag PPSI dan Persandian Fatmawati di ruang kerjanya, Rabu (24/2/2016) di Kantor Bupati Pagaruyung.

Syatria menambahkan bahwa kunjungan ini dimaksudkan untuk menggali informasi dan langkah yang dilakukan PPID Tanah Datar sehingga mampu memperoleh peringkat kedua dari Komisi Informasi Sumbar. "kami ingin melihat dan sharing informasi terhadap langkah-langkah yang dilakukan PPID Tanah Datar dalam mendukung keterbukaan informasi publik ini, sehingga nantinya dapat kami terapkan di daerah kami" ujar Kabag Humas Agam Syatria.

Lebih rinci, Syatria ingin melihat bagaimana kesiapan PPID Tanah Datar ketika menerima pemohon informasi. "kami ingin melihat meja layanan informasi, formulir-formulir yang disediakan, SK PPID bahkan penganggaran dana penunjang PPID, dan yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana PPID Utama menjalin komunikasi dengan PPID Pembantu" ujar Syatria.

Menanggapi hal itu, Kepala Bagian Humas Tanah Datar Adriyanti Rustam yang sekaligus adalah PPID Utama Kabupaten Tanah Datar menyampaikan ungkapan terima kasih atas kepercayaan dari Humas Kabupaten Agam untuk berkunjung ke PPID Tanah Datar. "terima kasih atas kepercayaan dan kunjungan ini, kami PPID Kabupaten Tanah Datar pun sampai saat ini masih dalam tahap belajar untuk lebih baik lagi, terutama ketika nanti saat masyarakat sudah melek informasi atau sadar bahwa mereka bisa memperoleh informasi, PPID tidak kewalahan dan bisa memenuhi permintaan tersebut" terang Adriyanti.

Lebih lanjut Adriyanti menerangkan bahwa keberadaan PPID Utama yang dijabat Kabag Humas baru pada tahun 2015, dan pada tahun-tahun sebelumnya tepatnya pada tahun 2011 lalu PPID sudah dibentuk di Dinas Hubkominfo Tanah Datar. "ditengah keterbatasan personil humas dan perangkat pendukung untuk PPID kami berusaha untuk melengkapinya, mulai dari meja layanan informasi, papan informasi, laptop, printer, spanduk, bahkan dalam tahun ini kita akan membuat leaflet yang akan disebarkan sampai ke jorong-jorong sehingga diharapkan informasi sampai ke tingkat paling bawah" terang Adriyanti.

Sejalan apa yang disampaikan Kabag Humas, Fatmawawi sebagai Kasubag yang membidangi PPID menyampaikan bahwa dalam mempersiapkan informasi dan dihimpun atau dikumpulkan pada sekretariat, PPID Utama bekerjasama dengan PPID Pembantu yang tersebar di masing-masing SKPD. "beberapa waktu lalu, ada pemohon informasi yang belum dikuasai oleh PPID Utama, namun dengan koordinasi dan kerjasama dengan PPID pembantu, informasi yang diminta dapat kita penuhi" pungkas Fatmawati. (Humas)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id