Berita
Musrenbang Kecamatan Sungai Tarab

Pembangunan Tanah Datar Berbasis Nagari

Rabu, 30 Maret 2016 | 13:45 WIB | Seputar Kecamatan
Pembangunan Tanah Datar Berbasis Nagari

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi  bersama seluruh kepala SKPD melaksanakan kunjungan kerja ke Kecamatan Sungai Tarab di Aula Serba Guna Kecamatan Sungai Tarab, Senin (28/03).

Kunjungan kerja yang telah bergulir di seluruh kecamatan itu merupakan sebuah agenda rutin kepala daerah tiap tahunnya dalam rangka menampung aspirasi masyarakat.

Sebelum sambutan bupati Irdinansyah, camat Sungai Tarab Osman Bin Nur menyampaikan paparan singkatnya mengenai kondisi dan kendala-kendala yang dihadapi di Sungai Tarab.

Osman menyampaikan bahwa kecamatan Sungai Tarab telah terus berbenah dengan seluruh komponen masyarakat seperti 46 kios pasar Sungai Tarab yang dikelola melalui swadaya dan swakelola masyarakat.

Osman juga menyampaikan bahwa pada tahun 2016 banyak dana baik yang berasal dari APBD Kabupaten maupun APBD Provinsi dan APBN untuk pembangunan baik bersifat fisik maupun non fisik di nagari-nagari se- kecamatan Sungai Tarab.

Salah satunya adalah adanya dana 2,8 Milyar untuk Nagari Sungai Tarab yang diperuntukan bagi pengelolaan air bersih untuk masyarakat.

HS. DT. Barbangso yang merupakan salah satu tokoh masyarakat Sungai Tarab juga berkesempatan menyampaikan aspirasinya, Tokoh masyarakat itu menyampaikan tentang aktualisasi jalur hijau dari Sungai Tarab menuju kota Batusangkar, serta keinginan masyarakat untuk segera melantik wali nagari devenitif di seluruh nagari di Kabupaten Tanah Datar.

Bupati Irdinansyah diawal  sambutannya menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatannya tidak bisa membuka Musrenbang Kecamatan Sungai Tarab karena harus menyampaikan laporan keuangan daerah ke BPK RI perwakilan Sumatera Barat di Padang.

"Alhamdulillah Tanah Datar merupakan Kabupaten / Kota yang pertama di Sumatera Barat yang menyampaikan Laporan keuangan bahkan dari Pemprov, semoga prediket Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kembali kita raih untuk ke 5 kali berturut-turut" ungkap Bupati.

Bupati menyampaikan penyerahan laporan keuangan itu pada kunjungan kerja ini bukan tidak beralasan, karena Bupati Irdinansyah meminta kepada Kepala BPK RI perwakilan Sumbar untuk memberikan pengarahan dan bimbingan untuk pengelolaan keuangan nagari dan  Eldy Mustofa Kepala BPK perwakilan Sumbar  bersedia untuk memberikan pencerahan.

Bupati Irdinansyah juga menyampaikan bahwa pemerintah daerah melalui 4 skala proritas pembangunan yakni SDM, Pertanian, Parisiwata dan Pelayanan Publik akan berbasis Nagari, nagari melalui dana yang bersumber dari APBD, APBD Provinsi dan APBN akan diberi kewenangan dan pengawasan dalam mengelola pembangunan.

Salah satu upaya adalah dengan adanya peraturan dari pemerintah pusat mengenai dana yang bersumber dari APBN untuk nagari / desa,  dari dana tersebut harus dipergunakan minimal 70% untuk pembangunan fisik dan maksimal 30% untuk pemberdayaan masyarakat.

Pemerintah daerah akan membuat aturan bagi seluruh nagari di Kabupaten Tanah Datar harus mengunakan dana APBN tersebut 30% untuk pemberdayaan masyarakat, karena melihat kondisi sosial budaya yang sudah rentan akan hal-hal negatif.

Dengan maksimalnya pembangunan di masing - masing nagari maka secara otomatis Kabupaten yang kita cintai ini  akan semakin baik, untuk itu dibutuhkan langkah-langkah strategis untuk mempersiapkannya baik secara sturtur maupun infrastruktur dan terutama sekali persiapan sumber daya manusia yang akan mengelola tersebut. (humas)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Informasi Wisata
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id