Berita

HERISON MENUJU CAMAT TERBAIK TINGKAT SUMBAR

Kamis, 19 Mei 2016 | 10:33 WIB | Seputar Kecamatan
HERISON MENUJU CAMAT TERBAIK TINGKAT SUMBAR

Paradigma baru sistem pemerintahan yang berupaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, menuntut seorang camat agar kreatif, inovatif, dan memiliki inisiatif tinggi. Camat adalah bupati kecil di wilayah kerja masing-masing.

Demikian dikatakan Bupati Tanah Datar H. Irdinansyah Tarmizi, Rabu (18/5), saat memberi arahan pada penilaian Camat X Koto Herison, sebagai salah seorang kandidat camat terbaik di tingkat Provinsi Sumatera Barat.

“Dengan lahirnya Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014, camat memiliki peran lebih besar dalam pelayanan publik. Ada banyak urusan-urusan bupati yang didelegasikan kepada camat. Bahkan urusan presiden juga ada yang didelegasuikan,” jelas Irdinansyah di hadapan tim penilai Lomba Kompetensi Camat Tingkat Sumbar Tahun 2016 itu.

Pada kegiatan itu, terlihat hadir unsur Forkopimda Tanah Datar dan Kota Padang Panjang, para camat, walinagari, pemuka masyarakat, dan unsur-unsur penting lainnya.

Dengan peraturan baru itu, imbuh Irdinansyah, camat bertugas mengkoordinasikan penyelenggaraan pemerintahan di kecamatan masing-masing, pelayanan publik, dan pemberdayaan masyarakat. Keberadaan camat, jelas Irdinansyah, merupakan ujung tombak penyelenggaraan pemerintahan di wilayah kecamatan.

“Lantaran tugas-tugas itulah, maka camat harus mengetahui dan mengenal kondisi kecamatan yang dia pimpin dengan utuh, harus mampu mengetahui potensi kecamatan, terutama berdaya guna untuk menunjang kelancaran jalannya pemerintahan dan pembangunan,” sebut bupati.

Irdinansyah menyatakan, Herison merupakan salah seorang camat yang paling kompeten dan memiliki banyak prestasi. Itu pulalah sebabnya, kata dia, tim Tanah Datar tidak ragu-ragu menunjuk Herison melaju ke tingkat provinsi.

“Herison sudah 12 tahun menjadi camat. Dia telah memimpin lima kecamatan yang ada di Luak Nan Tuo ini. Kini dia dipercaya menjadi camat X Koto, sebuah wilayah kecamatan yang cukup luas, bernuansa perkotaan, sentra ekonomi, dan memiliki dinamika tinggi,” kata bupati.

Ketua Tim Penilai H. Sulthani Wirman menjelaskan, Herison sudah lolos enam besar pada penilaian kompetensi tahap pertama. Untuk menentukan apakah dia bisa masuk tiga besar atau tidak, tegasnya, maka pihaknya melakukan penilaian tahap kedua.

“Untuk tahap kedua ini, kami ingin mencocokkan data-data yang telah ada dengan fakta di lapangan. Saya melakukan penilaian bersama rekan-rekan lainnya, yakni OS Yerly Asir dan Faesal Syarif,” sebut Sulthani.

Ketiga tim penilai itu adalah pamong senior di Sumbar. Ketiganya sudah mengemban jabatan-jabatan penting di pemerintahan, termasuk sekretaris daerah kabupaten di beberapa kabupaten/kota di Sumbar beberapa waktu yang lalu. (humas)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Informasi Wisata
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id