Berita

WARGA KOTO ALAM PADANG GANTING BAKAUA

Minggu, 09 April 2017 | 11:30 WIB | Seputar Kecamatan

Warga masyarakat Jorong Koto Alam Nagari Padang Ganting Kecamatan Padang Ganting, Jum'at (7/4) mengadakan acara syukuran atau masyarakat sering menyebutkan bakaua.

Acara yang dihadiri oleh Bupati Tanah Datar H. Irdinansyah Tarmizi, Kabag Humas Syahril, Camat beserta Forkompimca Kecamatan Padang Ganting, para tokoh masyarakat tersebut dilaksanakan di alam terbuka, tepatnya di bawah rindangnya pohon jati.

Menurut Amwil (salah seorang warga) acara bakaua ini biasanya dilaksanakan di tempat tertinggi yang ada di sekitar. Dan menurutnya kegiatan bakaua seperti ini sudah ada sejak zaman nenek moyang mereka dahulu dan masih tetap ada sampai saat ini.

"Biasanya kegiatan bakaua ini diadakan oleh masyarakat karena mempunyai niat tertentu, seperti saat mau memasuki bulan Ramadhan, memperoleh hasil panen yang berlimpah atau juga saat adanya musibah bahkan meminta hujan saat kemarau panjang melanda", ungkapnya.

Bakaua bagi masyarakat Jorong Koto Alam merupakan wujud syukur dari seluruh masyarakat kepada Allah, namun juga sebagai ajang untuk memanjatkan do'a bersama-sama atas niat tertentu yang mereka inginkan.

Biasanya acara bakaua di Jorong Koto Alam ini didukung oleh seluruh masyarakat. Setiap Kepala Keluarga biasanya menyiapkan rantang yang isinya nasi, lauk pauk seadanya dan kue-kue. Dan apabila ada yang menyumbang mereka akan menyembelih seekor kambing untuk dimasak dan dimakan bersama-sama.

Setelah mereka selesai makan bersama biasanya salah seorang tokoh masyarakat akan memimpin do'a kepada Allah, yang isinya tentang niat mereka mengadakan bakaua.

Dt. Pandito Lahia salah seorang tokoh masyarakat setempat pada kesempatan itu mengatakan bahwa bakaua bagi masyarakat Jorong Koto Alam, selain untuk memanjatkan do'a tertentu kepada sang maha kuasa juga dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi bagi seluruh masyarakat.

Sementara itu Bupati Irdinansyah mengharapkan do'a yang dipanjatkan oleh masyarakat hendaknya dapat terkabul dan masyarakat tetap hidup dengan rasa persatuan dan kekeluargaan yang tinggi. Dia juga mengucapkan terimakasih atas kehormatan yang diberikan oleh masyarakat kepadanya. (Humas/hp)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id