Berita
Sosialisasikan Gemarikan

FORIKAN BERTEKAD CIPTAKAN GENERASI CERDAS DAN BERAKHLAK

Rabu, 19 April 2017 | 15:29 WIB | Seputar Kecamatan
FORIKAN BERTEKAD CIPTAKAN GENERASI CERDAS DAN BERAKHLAK

Generasi muda sebagai penerus bangsa masa datang harus kita jaga dari sekarang dengan menciptakan generasi yang cerdas, kuat, sehat dan berakhlak. Sesuai visi dan misi Pemerintah Kabupaten Tanah Datar di bawah kepemimpinan Bupati Irdinansyah Tarmizi dan Wabup Zuldafri Darma untuk mewujudkan kabupaten Tahfiz, di samping membangun pondasi akhlak, fisik dan otak yang sehat tentu harus juga ditunjang perkembangannya, disinilah peranan Forikan dengan Pogram Gemarikan.

Hal ini disampaikan Ketua Forikan sekaligus ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi dalam kunjungan lapangan dalam rangka Safari Forikan di kantor Camat Padang Ganting, Rabu (19/4/2017). Turut hadir Kadis Pangan dan Perikanan Yulfiardi, Kabid Konsumsi Keamanan Pangan dan Daya Saing Perikanan Cipta Prasad, Camat Padang Ganting Agusril, Forkopimca, Wali Nagari, kader PKK dan undangan lainnya.

Ditambahkan Emi, Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Tanah Datar harus bekerja keras menggugah minat masyarakat untuk mau konsumsi ikan. "Sengaja kita undang anak PAUD bersama orang tua hari ini untuk sosialisasi tentang manfaat dan keunggulan konsumsi ikan, sehingga mengerti tentang manfaatnya dan menyediakan menu dari ikan untuk anaknya dan juga dibutuhkan kreasi orang tua dalam mengolah pangan dari ikan, seperti nudget ikan, sate ikan dan lainnya" sampai Ny. Emi Irdinansyah.

Dalam kesempatan ini, sebagai ketua Forikan dan Ketua TP PKK Tanah Datar menghimbau masyarakat dan khususnya kaum ibu untuk memanfaatkan sudut tanah di halaman rumahnya dengan membuat kolam ikan. "dengan budidaya ikan sendiri di pekarangan, paling tidak kita bisa sedikit menghemat pengeluaran untuk memberi lauk makan kita sehari-hari" himbaunya.

Sementara itu Camat Padang Ganting Agusril menyampaikan, Pemerintah Kecamatan Padang Ganting siap mendukung Gemarikan yang dicanangkan Forikan Tanah Datar. "Sebagai buktinya kita siap, hari ini kita kukuhkan kepengurusan Forikan Kecamatan Padang Ganting apalagi daerah ini dianugerahi dengan sungai yang bagus sehingga kebutuhan air untuk kolam ikan dapat dipenuhi apalagi kita juga memiliki Balai Bibit Ikan" sampainya.

Di akhir kegiatan, Ny. Emi Irdinansyah didampingi Kadis Pangan dan Perikanan Yulfiardi dan Camat Padang Ganting Agusril menyerahkan pangan yang berbahan ikan kepada siswa PAUD. (Humas/dvd/rhn)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id