Berita

BUPATI IRDINANSYAH: DORONGLAH GENERASI MUDA JADI HAFIZ QUR'AN

Selasa, 16 Mei 2017 | 22:11 WIB | Seputar Kecamatan
BUPATI IRDINANSYAH: DORONGLAH GENERASI MUDA JADI HAFIZ QUR'AN

Hal tersebut disampaikan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi di hadapan seribuan jamaah Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) se Tanah Datar di Masjid Miftahul Jannah Sumanik Kecamatan Salimpaung, Senin (15/5)malam.

Bupati Irdinansyah menyampaikan, para hafiz Al Qur'an, berdasarkan penelitian para ahli terbukti mempunyai kecerdasan melebihi orang yang tidak hafiz. "Dalam menghafal dan membaca Al Qur'an, kita membutuhkan konsentrasi dan pemahaman bacaan yang tinggi sehingga merangsang dan mengasah otak serta pikiran bekerja, inilah faktor menjadikan ia cerdas" ujarnya.

Di samping itu, orang tua atau lansia yang rajin baca Al Qur'an jarang menjadi pikun di usia tuanya, itulah salah satu fadhillah (keutamaan) membaca Al Qur'an, sampai Irdinansyah.

Bupati Irdinansyah menambahkan, Tanah Datar mempunyai visi dan misi menjadi Kabupaten yang Madani, Berbudaya dan Sejahtera. "Dalam  satu tahun pertama ini, Saya bersama Wabup Zudafri Darma sudah melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan, seperti melaksanakan gerakan shalat subuh dan magrib berjamaah di hampir di tiap nagari, kemudian mendorong pembangunan pondok tahfiz dan banyak program lainnya" terang Irdinansyah.

Guna mendorong dan memotivasi generasi muda, mulai dari tingkat SD, SLTP dan SLTA mau hafiz Al Qur'an, Pemerintah Daerah sudah 2 tahun belakangan memberikan reward. "Insya Alah tahun ini reward kepada anak yang hafiz Al Qur'an tetap kita laksanakan berupa diikutkan studi banding Internasional ke Malaysia dan yang paling banyak hafiz diantara semuanya akan diberi reward umrah ke Makkah" terang Irdinansyah.

Di akhir sambutannya, Bupati Irdinansyah himbau orang tua maupun ninik mamak untuk mendorong anak kemenakannya untuk bisa hafiz Al Qur'an. "Hafiz Al Qur'an menjauhkan anak kita dari perbuatan dosa, sekaligus menjadi benteng dari pengaruh luar yang akan merusak aqidah dan moralnya" pungkas Bupati Irdinansyah.

Sementara itu, Ketua pelaksana Zulkifli menyampaikan terima kasih atas kepercayaan BKMT Tanah Datar melaksanakan wirid di masjid Miftahul Jannah. "Terima kasih atas kepercayaannya, masjid ini kita bangun berkat swadaya masyarakat dengan kegiatan keagaman yang aktif" sampainya.

Ketua BKMT Tanah Datar Maswardi mengatakan kegiatan BKMT terbukti menebarkan rasa persatuan, jalinan silaturahmi dan harmonisasi di tengah-tengah masyarakat. Jamaah BKMT yang secara rutin mendapat ilmu dan pencerahan dari berbagai ulama agar menyebarluaskan  dakwah ke keluarga, tetangga dan sanak saudara, itulah salah satu manfaat yang kita dapatkan, ungkap Maswardi.

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan pengukuhan Dewan Pengurus Daerah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (DPD BKPRMI) Kabupaten  Tanah Datar periode 2017-2021 yang dipercaya sebagai ketua umum yaitu Afrizon dan di akhiri dengan ceramah agama yang disampaikan oleh ust. Drs. Hasmeldi dari Payakumbuh. Humas/eri

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id