Berita
Festival Danau Singkarak Sukses

IRDINANSYAH PROMOSIKAN SINGKARAK TARIK INVESTOR

Minggu, 09 Juli 2017 | 09:43 WIB | Seputar Kecamatan
IRDINANSYAH PROMOSIKAN TARIK INVESTOR

Tanah Datar - Pariwisata menjadi salah satu prioritas pembangunan disamping bidang Sumber Daya Manusia, pelayanan publik dan peningkatan sektor Pertanian Kabupaten Tanah Datar, dan potensi wisata danau Singkarak menjadi salah satu lokasi untuk lebih dikembangkan untuk lebih baik ke depan sebagai salah satu destinasi selain Istano Basa Pagaruyung dan Pariangan.

Harapan ini disampaikan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi pada penutupan Festival Danau Singkarak 2017 di objek wisata Tanjung Mutiara Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan, Sabtu (8/7/2017).

Irdinansyah menyampaikan, pemerintah Daerah Tanah Datar bekerjasama dengan Kabupaten Solok menata kemajuan wisata danau Singakarak. "Saya sudah perintahkan kepada OPD terkait, seperti Baperlitbang dan Ketahanan Pangan untuk menjajaki ke Kabupaten Solok kemungkinan bekerjasama laksanakan program untuk kemajuan pariwisata di danau Singkarak atau paling tidak menjajaki kebijakan antara Pemda kita dengan Kabupaten Solok tidak bertentangan" sampainya.

Untuk capai itu, ujar Irdinansyah, juga butuh dukungan semua masyarakat di selingkaran danau Singkarak. "Tentu dukungan dari masyarakat di Nagari Batu Taba, Sumpur, Simawang, padang Laweh dan Guguak Malalo sangat diharapkan untuk mensukseskan rencana ini" ujarnya.

Irdinansyah menambahkan, setelah sukses dalam pelaksanaan festival danau Singakarak ini menjadi nilai tambah untuk dipromosikan kepada pihak luar. "Saya akan perkenalkan dan promosikan potensi danau Singkarak dalam berbagai kesempatan, dan dalam waktu dekat akan saya promosikan di APKASI Expo sehingga diharapkan nantinya ada investor pemilik modal untuk membangun sarana dan prasarana pendukung di objek wisata kita" sampai Irdinansyah.

Bupati juga menyampaikan, bahwa nantinya ketika investor yang menanamkan modal di Tanah Datar, aset tidak dijual belikan, namun dipinjam pakai sesuai kesepakatan. "Investor akan kita gaet untuk bangun hotel atau resort yang Islami. Investor atau pihak ketiga kita gaet karena keuangan pemerintah daerah tidak mencukupi untuk bangun hal-hal seperti itu" katanya.

Disamping itu, ujar Bupati, kita juga akan laksanakan penataan ikan-ikan dan kekayaan lainnya di danau Singkarak. "Kita tidak ingin kejadian di beberapa danau yang kehabisan sumber ikannya terjadi juga di Singkarak, karena itu Saya berharap dukungan tokoh bersama masyarakat untuk bersama menjaga habitat ikan di danau kita ini" harap Irdinansyah.

Sehubungan pelaksanaan festival danau Singkarak yang aman sukses Bupati Irdinansyah memberikan apresiasi dan penghargaan. "Festival ini tidak hanya memperkenalkan potensi wisata, namun juga mempu menggerakan ekonomi kreatif yang secara langsung meningkatkan pendapatan masyarakat, karena Saya harap pelaksanaan festival inI berlanjut di tahun mendatang dengan menggilirkan pusat acaranya" katanya.

Sementara itu Kadis Parpora Edi Susanto laporkan, kegiatan festival ini dimeriahkan berbagai kegiatan pertunjukan seni dan budaya serta berbagai lomba "Festival tahun ini dipusatkan di Nagari Sumpu dan beberapa kegiatan dibantu pelaksanaan dan hadiahnya oleh sahabat sumpu yang merupakan perantau asal Sumpu, semoga nagari lainnya ke depan juga bisa lakukan hal yang sama" sampainya.

Di kesempatan lainnya tokoh masyarakat Batu Taba El Dt. Tumangguang sangat mendukung kegiatan festival ini. "Nagari Batu Taba juga punya potensi wisata yang bisa diandalkan, salah satunya di Tanjung Mutiara inI. Dalam 2 tahun belakangan pengelolaan parkir, toilet dan sarana pendukung lainnya semakin maju dan tertata lebih baik sehingga kenyamanan pengunjung semangkin meningkat, seiring juga dengan meningkatnya pengunjung dan kami siap untuk jadi pusat festival danau Singkarak tahun depan" pungkasnya.

Turut hadir anggota DPRD Adri Jinil Dt. Rang Kayo Mulie, Staf Ahli Bupati Imran, Asisten I Mukhlis, kepala OPD, Camat, Forkopimca, Wali Nagari, dan undangan lainnya. (Humas/dvd).

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id