Berita

Satpol PP Lakukan Razia Untuk Penegakan Perda Perizinan

Kamis, 02 November 2017 | 16:23 WIB | Lintas SKPD
Diantara pelanggaran Perda yang kerap dilakukan masyarakat adalah masalah perizinan. Kemungkinan orang beranggapan bahwa  izin tidak penting sehingga angka pelanggaran perda perizinan  cukup tinggi di Tanahdatar, baik yg dilakukan orang pribadi maupum badan hukum, kesimpulan ini diungkapkan Kasatpol PP Damkar Ir. Nuryeddisman melalui Kasi Penegakan Perda, Elfiardi,SH, Rabu (1/11).
"Tahun 2017 ini Satpol PP khususnya Bidang Penegakan Perda dan Pembinaan PPNS telah melakukan ratusan kali razia gabungan khusus bidang perizinan, diantara Perda yang ditegakan adalah Perda Izin Usaha Depot Air Minum, Perda Bangunan Gedung maupun Perda Huller" ungkap Elfiardi.
      Hasil dari razia tersebut didapat data kalau kesadaran masyarakat mengurus izin cukup rendah, contohnya saja pembangunan rumah, sebagian pemilik baru mengurus izin ketika  membutuhkan IMB untuk meminjam uang ke Bank ataupun setelah pemilik ditegur aparat pemerintahan.
Untuk meminimalisir Pelanggaran perizinan ini, Rabu (1/11) Tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP, PPNS dan anggota Kodim menyisir jalan raya Batusangkar - Barulak Kecamatan Tanjung Baru untuk memantau pemilik bangunan yang belum mengantongi IMB, setiap bangunan yang tengah dikerjakan, dilihat apakah sudah memajang label IMB warna kuning atau belum, apabila belum, PPNS akan menanyai IMB pemilik bangunan dan bagi mereka yang melanggar, sesuai SOP Satpol PP kepada pemilik diberi teguran I (satu) dengan perintah supaya mengurus izin ke Dinas PMPTSP Naker.
Sayangnya ungkap Elfiardi, selain orang pribadi, badan hukumpun masih ada yang tidak peduli perizinan, seenaknya mendirikan bangunan meski belum mengurus IMB, dan untuk pelanggaran ini diperlakukan sama dengan bangunan milik masyarakat yaitu diberi teguran I dan apabila masih tidak patuh, akan dilakukan penghentian kegiatan sebagaimana diatur Perda Tanahdatar Nomor 4 Tahun 2011 (LV)
Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id