Berita

Peserta Diklat Pim IV Presentasikan " Simpel Dukcapil " Dihadapan..

Kamis, 02 November 2017 | 16:46 WIB | Lintas SKPD
Peserta Diklat Pim Iv Presentasikan " Simpel Dukcapil " Dihadapan Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi

 

Setelah sukses meraih penghargaan TOP 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melalui aplikasi SINOVIK, Dinas Dukcapil Kab. Tanah Datar kembali meluncurkan inovasi pelayanan dengan tagline : " SIMPEL DUKCAPIL " yaitu Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Terpadu sebagai salah satu inovasi yang digagas oleh Kartoni, SH, Salah Satu Peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklat PIM) Tingkat IV Angkatan III Tahun 2017 di Pusdiklat Kemendagri Regional Bukittinggi, Baso.

SIMPEL DUKCAPIL dipresentasikan oleh Kartoni dalam Acara Sosialisasi Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Bagian Organisasi Setda Kab. Tanah Datar pada tanggal 26 Oktober 2017 lalu bertempat di Aula Kantor Bupati Tanah Datar yang dihadiri langsung oleh Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumbar, Adel Wahidi, SHI, Asisten Pemerintahan, Drs. Mukhlis, Asisten Administrasi, Drs. Azwar R dengan peserta sosialisasi seluruh kepala OPD dilingkungan pemerintah Kab. Tanah Datar. Dalam sosialisasi ini juga dipaparkan inovasi SITEGAR YANLIK (Sistem Terpadu Penyelenggaraan Pelayanan Publik) yang digagas oleh bagian Organisasi Setda Kab. Tanah Datar.

Irdinansyah Tarmizi, dalam sambutannya sangat mengapresiasi adanya inovasi-inovasi baru yang dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah sebagai sebuah terobosan dalam upaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. " Saya berharap ditahun-tahun mendatang kita programkan agar masing-masing OPD bisa meluncurkan inovasi-inovasi baru dalam pelayanan publik sehingga selain membawa dampak positif bagi masyarakat, inovasi ini juga dapat diikutsertakan dalam kompetisi pelayanan publik baik ditingkat propinsi dan tingkat nasional, dan khusus bagi Dinas Dukcapil mungkin bisa mencari tagline dari pelayanan "Dari Lahir sampai Mati" seperti yang ada di Gorontalo," tegas Irdinansyah.

Dalam paparannya, Kartoni menjelaskan bahwa SIMPEL DUKCAPIL adalah sebuah inovasi yang menawarkan kemudahan dalam pelayanan administrasi kependudukan, disamping pelayanan konvensional yang ada selama ini, Dinas Dukcapil akan menerapkan Sistem Pendaftaran Online melalu website dan aplikasi Android, Sistem Antrian Online, Layanan Informasi melalui WhatsApp dan SMS Gateway serta kemudahan dalam memperoleh informasi data kependudukan, informasi persyaratan, layanan pengaduan dan informasi lainnya. Disamping itu tahun 2018, direncanakan pelayanan adminduk sudah dapat diproses secara online di nagari, dengan tujun mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat tidak perlu lagi ke Dinas Dukcapil untuk mendapatkan layanan administrasi kependudukan sebagaimana halnya pelayanan pencetakan KTP-el saat ini telah dapat di cetak di kecamatan saja yaitu kecamatan X Koto, Batipuh, Rambatan, Sungai Tarab dan Lintau Buo Utara.

" Untuk layanan informasi, pengaduan dapat dilakukan melalui SMS/WA ke 08116600678 dan email simpel.dukcapiltanahdatar@gmail.com, twitter @Dukcapil_TD dan akun Facebook Dukcapil Tanah Datar," jelas kartoni.

Setelah sukses meraih penghargaan TOP 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melalui aplikasi SINOVIK, Dinas Dukcapil Kab. Tanah Datar kembali meluncurkan inovasi pelayanan dengan tagline : " SIMPEL DUKCAPIL " yaitu Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Terpadu sebagai salah satu inovasi yang digagas oleh Kartoni, SH, Salah Satu Peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklat PIM) Tingkat IV Angkatan III Tahun 2017 di Pusdiklat Kemendagri Regional Bukittinggi, Baso.

SIMPEL DUKCAPIL dipresentasikan oleh Kartoni dalam Acara Sosialisasi Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Bagian Organisasi Setda Kab. Tanah Datar pada tanggal 26 Oktober 2017 lalu bertempat di Aula Kantor Bupati Tanah Datar yang dihadiri langsung oleh Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumbar, Adel Wahidi, SHI, Asisten Pemerintahan, Drs. Mukhlis, Asisten Administrasi, Drs. Azwar R dengan peserta sosialisasi seluruh kepala OPD dilingkungan pemerintah Kab. Tanah Datar. Dalam sosialisasi ini juga dipaparkan inovasi SITEGAR YANLIK (Sistem Terpadu Penyelenggaraan Pelayanan Publik) yang digagas oleh bagian Organisasi Setda Kab. Tanah Datar.

Irdinansyah Tarmizi, dalam sambutannya sangat mengapresiasi adanya inovasi-inovasi baru yang dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah sebagai sebuah terobosan dalam upaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. " Saya berharap ditahun-tahun mendatang kita programkan agar masing-masing OPD bisa meluncurkan inovasi-inovasi baru dalam pelayanan publik sehingga selain membawa dampak positif bagi masyarakat, inovasi ini juga dapat diikutsertakan dalam kompetisi pelayanan publik baik ditingkat propinsi dan tingkat nasional, dan khusus bagi Dinas Dukcapil mungkin bisa mencari tagline dari pelayanan "Dari Lahir sampai Mati" seperti yang ada di Gorontalo," tegas Irdinansyah.

Dalam paparannya, Kartoni menjelaskan bahwa SIMPEL DUKCAPIL adalah sebuah inovasi yang menawarkan kemudahan dalam pelayanan administrasi kependudukan, disamping pelayanan konvensional yang ada selama ini, Dinas Dukcapil akan menerapkan Sistem Pendaftaran Online melalu website dan aplikasi Android, Sistem Antrian Online, Layanan Informasi melalui WhatsApp dan SMS Gateway serta kemudahan dalam memperoleh informasi data kependudukan, informasi persyaratan, layanan pengaduan dan informasi lainnya. Disamping itu tahun 2018, direncanakan pelayanan adminduk sudah dapat diproses secara online di nagari, dengan tujun mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat tidak perlu lagi ke Dinas Dukcapil untuk mendapatkan layanan administrasi kependudukan sebagaimana halnya pelayanan pencetakan KTP-el saat ini telah dapat di cetak di kecamatan saja yaitu kecamatan X Koto, Batipuh, Rambatan, Sungai Tarab dan Lintau Buo Utara.

" Untuk layanan informasi, pengaduan dapat dilakukan melalui SMS/WA ke 08116600678 dan email simpel.dukcapiltanahdatar@gmail.com, twitter @Dukcapil_TD dan akun Facebook Dukcapil Tanah Datar," jelas kartoni.

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id