Berita

Bupati Sampaikan Tiga Ranperda Pada Sidang Paripurna Dprd

, 25 Juni 2013 | 03:47 WIB | Seremonial

Bupati Tanah Datar, M. Shadiq Pasadigoe menyampaikan Tiga Rancangan Peraturan Derah pada Sidang Paripurna DPRD Tanah Datar, senin (25/6) kemaren di DPRD Tanah Datar.

Tiga Ranperda yang yang diajukan untuk ditetapkan sebagai Perda itu antara lain, Ranperda tentang Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2012, Ranperda Pengelolaan Barang Milik Daerah dan Ranperda Perubahan Perda nomor 6 tahun 2011 tentang Pajak Daerah.

Sidang yang dipimpin Ketua DPRD, Zuldafri Darma dihadiri para Wakil Ketua dan anggota DPRD, Sekda, Muzwar, M serta pejabat eselon II dan III dilingkungan Pemkab Tanah Datar.

Terkait penyampaian Pelaksanaan APBD tahun 2012 Bupati, M. Shadiq mengatakan, Pemerintah telah menjalankannya penggunaan menurut aturan dan dari hasil pemeriksaan dan penilaian BPK RI Sumbar, atas Laporan Keuangan Pemda Tanah Datar tahun 2012 mendapat opini peningkatan dari WDP (Wajar Dengan Pengecualian) pada tahun 2011 kepada WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).

Menyangkut Ranperda tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah Bupati antara lain menyampaikan bahwa Ranperda ini merupakan tindak lanjut yang diamanahkan PP nomor 6 pasal 81 PP tahun 2006 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah sebagaimana yang telah diubah Dengan PP 38 tahun 2008 tentang perubahan atas Pengelolaan Barang Milik Negara Daerah yang menyatakan pengelolaan Barang Milik Daerah perlu diatur dalam peraturan daerah.

Terkait dengan Ranperda Tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah, Bupati menjelaskan bahwa berdasarkan pasal 92 peraturan daerah nomor 6 tahun 2011 tentang Pajak Daerah menyatakan ketentuan mengenai PBB Perdesaan dan perkotaan terhitung sejak 1 januari 2013 telah menjadi kewenangan Pemerntah Kabupaten Tanah Datar.

Sehubungan dengan hal tersebut berdasarkan Perda Nomor 6 tahun 2011 tentang Pajak Daerah telah ditetapkan tarifnya 0,3 tetapi sesuai dengan kenyataan yang ada tarif tersebut terlalu tinggi dan perlu kiranya dilakukan petubahan tarif pajak tersebut, ungkap Bupati. (Humas-Vr/Hrs

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id