Berita

ISTANO BASA PAGARUYUNG GRAND START TOUR DE SINGKARAK 2017

Sabtu, 18 November 2017 | 22:36:40 WIB | Lintas SKPD
ISTANO BASA PAGARUYUNG GRAND START TOUR DE SINGKARAK 2017

Tanah Datar - Sebanyak  108 pembalap TdS dari 19 tim yang berasal dari 28 negara dilepas secara resmi oleh Asdep Pengembangan Segmen Pasar Personal Raseno Arya didampingi Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Wakil Gubernur Nasrul Abit, Wakil Ketua DPRD Propinsi Arkadius Dt Intan Bano dan Wabup Zuldafri Darma selaku tuan rumah di depan Istano Basa Pagaruyung, Sabtu (18/11).

Wakil Bupati Zuldafri Darma dalam sambutan sebelum bendera start diangkat mengungkapkan kebahagiannya, “atas nama masyarakat Tanah Datar, kami mengucapkan rasa bangga dan bahagia dengan ditunjukkannya Tanah Datar sebagai lokasi Grand Start,” ungkap Zuldafri di depan ribuan masyarakat yang turut menyaksikan Grand Start TdS 2017.

Lebih lanjut Zuldafri sampaikan, Tanah Datar yang dikenal sebagai Luak Nan Tuo, melalui TdS berharap menjadi ajang promosi yang ampuh hingga menjangkau mancanegara sehingga Tanah Datar sebagai pusat adat dan budaya Minangkabau menjadi semakin terkenal dan memancing kunjungan wisatawan.

Dengan pelaksanaan start etape 1 di lokasi Istano Basa Pagaruyung, Wabup Zuldafri juga akan membuat salah satu ikon Sumbar ini lebih terkenal lagi di mata wisatawan lokal dan mancanegara.

Di kesempatan itu Gubernur Sumatera Barat  Irwan Prayitno ajak masyarakat Sumatera Barat mensukseskan ajang balap sepeda berskala internasional yang sudah berlangsung 9 kali ini.

“TdS merupakan salah upaya promosi seluruh potensi pariwisata yang ada, karena melalui 18 kab/kota di Sumatera Barat sehingga pembalap, ofisial bahkan media asing bisa menyaksikan keindahan dan pesona Sumatera Barat secara langsung,” terangnya.

Kepada tuan rumah, Irwan mengucapkan terima kasih atas dukungan penyelenggaraan yang baik mulai dari malam grand opening, grand start dan beberapa etape yang akan dilalui di wilayah Tanah Datar.  

Turut hadir Forkompinda Tanah Datar, Ketua TP PKK Ny. Emi Irdinansyah, Wakil Ketua TP PKK Ny. Retry Zuldafri, Pemilik Emersia Hotel Hj. Merrywati beserta Bapak Erdi Muluk.

Etape 1 Tanah Datar ini menempuh jarak sepanjang 109,3 km dan akan finish di Lapau Panjang Danau Cimpago Kota Padang.

Tanah Datar juga akan dilalui 2 etape lagi, etape 4 selasa 21 november dengan start Kab. Solok dan Finish di Payakumbuh dengan melalui Dermaga Singkarak, Ombilin, Rambatan, Pasar Batusangkar, Sungai Tarab, Tabek patah, Baso, Piladang dan Ngalau Payakumbuh.

Serta etape 7, Jumat 24 November, start di Lima Kota dan finish di Kota Padang Panjang, melalui Lembah Harau, Kelok Sembilan, Tanung Pati, Payakumbuh, Piladang, Baso, Bukittingi, Padang Luar, Koto Baru X Koto dan Padang Panjang.

Sebelum dilaksanakan start, Gubernur Sumatera beserta rombongan diikuti seluruh pembalap berkesempatan mengitari lingkungan Istano Basa Paguruyung kebanggaan masyarakat Minangkabau. (Humas)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 

Foto

Video