Berita

Hadiri Sertijab Wali Nagari Parambahan

ZULDAFRI : BIDUAK LALU, KIAMBANG BATAUIK

Kamis, 23 November 2017 | 08:54:44 WIB | Seputar Kecamatan
ZULDAFRI : BIDUAK LALU, KIAMBANG BATAUIK

Biduak lalu kiambang batauik bermakna setelah bersiteru dalam perbedaan pilihan mari kita bersatu kembali saling bahu membahu dalam membangun nagari mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Zuldafri Darma dihadapan kepala SKPD, Wakil Ketua TP PKK Ny. Retri Zuldafri, Camat Lima Kaum Afrizal, Forkopimca, Wali Nagari dan tokoh masyarakat Nagari Parambahan pada acara serah terima jabatan Wali Nagari Parambahan dari Pj. Wali Nagari Yasmen kepada Robi Yasdi sebagai Wali Nagari terpilih, Rabu (22/11/2017) di halaman kantor Wali Nagari Parambahan.

Wabup Zuldafri menambahkan, Wali Nagari terpilih harus bisa dan mampu merangkul semua instansi di nagari, kecamatan, kabupaten dan juga potensi perantau dalam turut membangun nagari Parambahan. "Rangkul seluruh elemen dan potensi di nagari dan satukan visi misi untuk ciptakan masyarakat lebih sejahtera lagi, karena sebagai putra nagari Saya secara pribadi tidak ingin perpecahan antara perangkat nagari terjadi dan muaranya pembangunan dan program nagari tidak bisa dilaksanakan" ujarnya.

Apalagi ujar Wabup, banyak putra nagari Parambahan yang menjadi pejabat di pemerintah daerah maupun di badan legislatif. "Wali Nagari yang baru harus mampu jalin komunikasi dengan putra putri nagari yang ada di permerintahan maupun di DPRD, untuk memperoleh kue pembangunan namun tentunya harus sesuai aturan dan peraturan yang berlaku" ujar Zuldafri.

Diakhir penyampaian Wabup menyampaikan ucapan selamat mengemban amanah dan bekerja membangun nagari. "Tugas Wali Nagari semakin berat dan penuh tantangan, apalagi dalam mengelola dana bantuan APBN yang jumlahnya Milyaran Rupiah, tentu harus hati-hati. Dan khusus Wali Nagari Parambahan diharapkan terobosannya dalam pemanfaatan pembangunan kampus IAIN Batusangkar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar" tukasnya.

Sementara itu Alfi Dayat selaku panitia pelaksana acara serah terima Wali Nagari menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada segenap masyarakat dan perantau Parambahan yang telah memberikan sumbangan materil ataupun moril. "Pak Wabup dan Ketua DPRD serta tokoh masyarakat dan perantau sangat membantu acara ini, bahkan rencana nanti malam juga ada acara hiburan dan pesta rakyat di lokasi ini" sampainya.

"Mohon maaf kalau selama kami menjabat selaku ketua panitia pilwana dan sampai acara ini kalau ada kekurangan, namun sesuai harapan masyarakat, kita sangat harapkan Wali Nagari baru mengemban amanah dengan mengedepankan kepentingan masyarakat kita bersama" sampai Alfi.

Selepas itu Pj. Wali Nagari Yasmen mohon maaf atas kekurangannya selama mengabdi menjadi penjabat Wali Nagari. "Terima kasih atas dukungan dan kerjasama kita semua, sehingga Saya bisa laksanakan tugas selama 2 tahun 8 bulan. Tanpa itu semua, tentu saja gerakan roda pembangunan dan kegiatan tidak bisa terlaksana, dan mohon maaf juga kalau ada keinginan maupun harapan masyarakat lainnya yang belum terpenuhi" ujarnya.

Kesempatan selanjutnya, Wali Nagari terpilih Robi Yasdi menyampaikan ucapan terima kasih atas pengabdian Pj. Wali Nagari. "Terima kasih atas pengabdian pak Yasmen selama 2 tahun lebih, semoga Saya bisa emban amanah ini dengan baik, untuk ciptakan masyarakat Parambahan lebih sejahtera lagi" ujar Robi.

Robi Yasdi harapannya kepada masyarakat untuk turut mendukung programnya. "Mari bersama kita bangun nagari kita, awasi dan berikan saran ataupun kritik yang membangun, sehingga program bisa berjalan baik sesuai dengan yang kita harapkan" pesannya.

Dikesempatan itu, Camat Lima Kaum Afrizal dalam sambutannya menyampaikan, dengan kegiatan hari ini hendaknya masyarakat sudah tahu bahwa mulai sekarang Wali Nagari sudah berpindah kepada pejabat defenitif. "Kegiatan ini memberikan informasi kepada masyarakat bahwa Wali Nagari terpilih sudah mulai menunaikan tugasnya guna memenuhi harapan dan asa 3000-an masyarakat Parambahan untuk lebih sejahtera lagi" ujarnya.

Afrizal juga menyampaikan kesamaan pandangannya dengan Wabup atas pemanfaatan potensi kampus IAIN Batusangkar yang dibangun di Nagari Parambahan. "Kita berharap kepada Wali Nagari defenitif bisa ciptakan inovasi kegiatan dan program dalam pemanfaatan potensi kampus IAIN, terutama sekali akses jalan dari dan ke lingkungan kampus, kalau jalan sudah ada, pergerakan ekonomi masyarakat lainnya akan menggeliat, dan ujung-ujung masyarakat sejahtera" pungkas Afrizal.

Selepas acara pisah sambut di Nagari Parambahan, Wabup dan rombongan juga menghadiri kegiatan yang sama di Nagari Labuah. Pisah sambut dari Pj. Wali Nagari Efiarmond kepada Wali Nagari terpilih E.N KH. Muncak Rajo berjalan meriah dan hikmat di ruang serbaguna Kantor Wali Nagari Labuah.

Di kesempatan itu Wabup Zuldafri Darma disamping menyampaikan ucapan selamat menjalankan tugas, juga berpesan agar Wali Nagari merangkul semua elemen masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam pembangunan serta mengingatkan agar dalam menjalankan program dan kegiatan berpijak pada aturan dan peraturan yang berlaku. “Era sekarang Wali Nagari mengurus dan bertanggungjawab terhadap anggaran dana yang sangat besar, jadi Saya pesankan untuk mempedomani aturan dan peraturan  dalam laksanakan kegiatan, sehingga tidak ada penyimpangan yang akan sebabkan berurusan dengan pihak penegak hukum” pesannya. (Humas/dvd)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 

Foto

Video