Berita

Sekda Resmikan Festival Seni Budaya 2013

, 25 Juni 2013 | 15:06 WIB | Seremonial

seni

Sekda Tanah Datar, Muzwar M.membuka secara resmi Festival Seni Tradisionil tahun 2013, selasa kemaren di Lapangan Cindua Mato Batusangkar.

Festival Seni Tradisionil ini Dinas Budparpora Tanah Datar ini akan berlansung selama 4 hari (25-29 juni) akan menampilkan berbagai macam kesenian tradisionil lokal yang akan dilaksanakan di dua lokasi, Lapangan Cindua Mato dan Pasar Kuliner, Pasar Papan Batusangkar.

Kepala Bidang, Kebudayaan Finas Budparpora Tanah Datar, Kamrun Zaman mengatkan, Festifal Seni Budaya ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan, mengembangkan dan melestarikan kesenian tradisionil di Tanah Datar.

seni1

Ditambahkan bahwa Selain itu juga Festifal ini dimaksydkan untik meningkatkan kreatifitas generasi muda dalam mengembangkan kelompok seni dan sanggar serta mencari bibit terbaik untuk mengikuti Pekan Budaya Tingkat Propinsi Sumbar, september 2013 mendatang, ungkapnya.

Kesenian tradisionil yang ditampilkan dalam festival ini berupa Randai, Salawat Dulang, Saluang dan Dendang serta Tari Kreasi utusan kecamatan, yaitu hasil seleksi yang dilaksanakan oleh kecamatan dari nagari.

Sekda, Muzwar dihadapan Kapolres, AKBP Lufi Martadian, Kepala Budparpora, Marwan dalam sambutannya mengatakan,Penyelenggaraan Festifal tahun ini sengaja diselenggarakan di dua lokasi, yaitu Lapangan Cindua Mato dan Pasar Papan, bertujuan untuk menghidupkan dan meramaikan dua lokasi strategis objek rekreasi di Lapangan Cindua Mato dan peresmian lokasi Pasar Papan sebagai pusat kuliner kota Batusangkar.

Diharapkan Festival ini dapat menghibur masyarakat Tanah Datar dan dan meransang sanggar-sanggar seni tradidionil Tanah Datar bisa lebih maju, mekestarikan dan mengembangkan kesrnian tradisionil Minangkabau. (Humas-Vr/Hd

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id