Berita

Bupati Tanah Datar Resmikan Festival Seni Budaya Dan Pasar Papan Sebagai Pusat..

, 26 Juni 2013 | 00:57 WIB | Parlementaria

seni

Dengan begitu banyaknya pengaruh budaya asing masuk kedaerah kita, diharapkan budaya Minangkabau tetap menjadi tuan rumah didaerah kita sendiri. Hal ini disampaikan Bupati Tanah Datar diwakili Sekda Muzwar.M ketika membuka Vestifal Seni Budaya Tingkat kabupaten Tanah Datar dan sekaligus meresmikan Pasar Papan sebagai pusat Pasar Kuliner di Batusangkar, Selasa (25-6) di lapangan Cindua Mato Batusangkar.

Pembukaan Vestifal Seni Budaya yang berlangsung meriah ini juga dihadiri Kapolres Tanah Datar AKBP Lutfi Martadian, Kepala SKPD, Camat, para pemerhati seni dan masyarakat. Pada acara pembukaan yang dikemas dengan baik ini juga dimeriahkan dengan penampilan anak nagari dari Sanggar Seni  Sari Bunian Andaleh Baruah Bukik.

Lomba seni budaya yang diselenggarakan terdiri dari lomba Tari Randai, Selawat Dulang, Saluang Jo Dendang dan Tari Kreasi ini diikuti oleh 14 kecamatan se Tanah Datar, untuk lomba Tari Randai dan Tari kreasi dilaksanakan di Lapangan Cindua Mato dan lomba Selawat Dulang dan Saluang jo Dendang dilaksanakan di komplek Pasar Papan, kegiatan ini berlangsung mulai Selasa (25-6) sampai Sabtu (29-6).

Sekda Muzwar dalam sambutannya mengatakan, kita ingin menjadi masyarakat maju dan modern, akan tetapi kita tidak ingin tercabut dari akar budaya yang telah kita jalani turun temurun dari nenek moyang kita dulunya, untuk itu kita tetap menyelerasikan kemajuan teknologi dengan pelestarian adat budaya.

seni1

Untuk melestarikan seni budaya diperlukan iven-iven pertunjukan dimulai dari tingkat Nagari, tingkat kecamatan, kabupaten dan Propinsi, sehingga seni budaya setiap nagari tetap lestari dan dapat memberikan motivasi terhadap kehidupan masyarakat sehari-hari.  Kepada aparatur pemerintah dan tokoh masyarakat diharapkan dapat memberikan dukungan kepada anak nagari untuk mengembangkan dan melestarikan seni budaya di nagari masing-masing.

Banyak sekali dampak positif yang kita peroleh dengan melestarikan kesenian anak nagari ini, kita dapat mengarahkan generasi muda kepada hal-hal yang positif, mengisi waktu mereka yang terluang dengan mempelajari dan mendalami kesenian anak nagari sehingga mereka tidak ada peluang lagi untuk melakukan perbuatan negatif akibat pengaruh kemajuan teknologi informasi yang berkembang pesat saat ini.

seni2

Pada kesempatan itu Bupati yang diwakili Sekda Muzwar.M juga meresmikan Kompleks Pasar Papan sebagai Pasar Pusat Kuliner dengan menyediakan berbagai makanan dan minuman khas Tanah Datar.  Dengan telah diresmikannya pusat kuliner ini kedepan pasar papan akan semakin ramai dan setiap hari Kamis juga akan dipakai untuk pedagang Kaki Lima pindahan dari Jalan Soekarno Hatta, sehingga jalan Soekarno Hatta sebagai jalan protokol dapat bebas dari pedagang setiap hari pasar itu dan tarnsportasi akan semakin lancar.

Kepada Dinas Budparpora diharapkan dapat terus melaksanakan agenda rutin ini dan setiap tahunnya agar dapat ditingkatkan, sehingga semangat anak nagari untuk melestarikan seni budaya ini akan terus bergelora. (Humas/D/V/H)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id