Berita

Menteri Agama Buka Festival Qasidah Rebana Tingkat Sumbar

, 28 Juni 2013 | 13:36 WIB | Seremonial

MENTERI_AGAMA

Menteri Agama, Surya Dharma Ali membuka secara resmi Festival Qasidah Rebana dan Bintang Rebana ke XVII Tingkat Sumatera Barat, jumat (28) di Nagari Rambatan, Tanah Datar.

Hadir pada acara tersebut, Bupati Tanah Datar, M. Shadiq Pasadigoe, Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Ismail Usman, Kepala Kemenag se-Sumbar. Pejabat Kemenag RI dan Prop. Sumbar. Katua Umum Majelis Taklim Indonesia.

Bupati Tanah Datar, M. Shadiq Pasadigoe dalam sambutannya mengatakan, terima kasih Kabupaten Tanah Datar dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan Festival Qasidah Rebana dan Bintang Qasidah.

MENTERI_AGAMA6

Bupati menjelaskan bahwa harapan dan antusias masyarakat Tanah Datar akan kehadiran Menteri Kemenag ke Tanah Datar, untuk meresmikan Festival ini sangat besar, walaupun sempat tertunda beberapa kali, akan tetapi masyarakat Tanah Datar sabar menunggu dan Alhamdulillah pada hari ini Bapak Menteri sudah hadir ditengah-tengah masrakat Tanah Datar, Ungkap Bupati.

Pada kesempatan itu Bupati mengkhabarkan bahwa di Batusangkar ada sekolah Tinggi yang diminati banyak calon masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia, dan masyarakat Tanah Datar sangat mendukung rencana STAIN Batusangkar akan mengembangkan sayap menjadi Universitas Islam Negeri.

MENTERI_AGAMA4

Oleh sebab itu Bupati mengharapkan Kiranya Menteri Kemenag dapat memberikan dukungan dan mempertimbangkan serta bantuan hingga terwujudnya pengembangan STAIN Batusangkar menjadi Universitas.

Sementara itu Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Ismail Usman mengatakan bangga dengan kesiapan masyarakat dan pemerintah Tanah Datar untuk mempersiapkan kesuksesan pelaksanaan Festival Qasidah Rebana dan Bintang Qasidah tahun 2013.

Menurut Kakanwil semangat beragama di Sumatera Barat sangat membanggakan, salah satu diantaranya dapat dilihat dari kemajuan dan aktivitas majelis Taklim Masjid yang menghidupkan kegiatan dan pendidikan keagamaan diman-mana.

MENTERI_AGAMA7

Menteri Agama, Surya Dharma Ali dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan hasil rapat koordinasi Kementerian Agama se Indonesia baru-baru ini telah mengingatkan agar masyarakat Indonesia selalu menjaga kerukunan antar umat beragama.

Kemudian Menteri juga menghimbau kita semua agar mampu menjaga kemurnian ajaran agama Islam yang harus sama-sama dijaga, hal ini dapat dilaksanakan melalui Majelis Taklim dan dan organisasi Islam lainnya yang akan menjaga kemurnian itu.

Hal lain yang menjadi perhatian Menteri Agama adalah masalah pentingnya upaya peningkatan pendidikan agama, karena bila pendidikan agama berkualitas akan menjadi bekal dan merupakan investasi Sumberdaya Manusia Muslim, sehingga akan mampu betkiprahmembangun Infonesia yang baik.

Selanjutnya yang menjadi amanah dari Rakor Kemenag se Indonedia tersebut, Menag mengingatkan, agar kepala daerah dapat memberikan perhatian untuk program keagamaan dan keberpihakan terhadap pendidikan agama di daerah, harap Menteri.

MENTERI_AGAMA8

Menyangkut harapan dan keinginan masyarakatl sebagaimana disampaikan Bupati Tanah Datar untuk pengembangan STAIN Batusangkar menjadi UIN, Menteri menjanjikan akan menkaji lebih dalam dan akan mendatangkan perjabat berwenang untuk meninjaunya apakah STAIN ini sudah memenuhi syarat untuk disetujui menjadi Universitas.

Pada acara tersebut Menag, Surya Dharma melantik Pengurus Asosias Majelis Taklim Indonesia (AMTI) dan Imam Muda Mesjid Propinsi Sumatera Barat serta penyerahan penghargaan bagi Pegawai Kemenag berprestasi. (Tim Humas)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id