Berita

KADIS DUKCAPIL KAB. TANAH DATAR SERAHKAN 120 KEPING KTP-EL KEPADA SISWA/SISWI..

Jumat, 26 Januari 2018 | 11:14 WIB | Lintas SKPD
KADIS DUKCAPIL KAB. TANAH DATAR SERAHKAN 120 KEPING KTP-EL KEPADA SISWA/SISWI MAN 2

KADIS DUKCAPIL KAB. TANAH DATAR SERAHKAN 120 KEPING KTP-EL KEPADA SISWA/SISWI MAN 2 BATUSANGKAR

Batusangkar, 26 Januari 2017

Dalam rangka menindaklanjuti  Surat Edaran Menteri Dalam Negeri No. 471.13/5386/SJ tanggal 16 Oktober 2017 Perihal Percepatan Penyelesaian Perekaman KTP-el dan Cakupan Akta Kelahiran dan mendukung “Gerakan Indonesia Sadar Adminduk” atau dengan #GISA yang dicanangkan oleh Ditjen. Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia pada tahun 2018 ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Datar kembali memprogramkan kegiatan perekaman data KTP Elektronik ke sekolah-sekolah SMA/MA/Sederajat yang ada di Kabupaten Tanah Datar khususnya bagi Siswa-Siswa yang telah berusia 17 Tahun per tanggal Pelaksanaan Pemilihan Umum, tanggal 9 April 2019 nanti.

Pada tahun 2018 ini, MAN 2 Batusangkar memperoleh kesempatan pertama sebagai lokasi pelaksanaan perekaman data KTP-el ini, dimana perekaman KTP-el dilaksanakan dari tanggal 15 Januari 2018 lalu sampai dengan beberapa hari kedepan telah berhasil merekam sebanyak 333 siswa dan siswa. 120 diantaranya telah berusia 17 tahun telah diterbitkan KTP-elnya dan diserahkan secara simbolis oleh Kadis. Dukcapil Kab. Tanah Datar, Ir. Elizabeth, MT sesaat setelah pelaksanaan upacara bendera yang dilaksanakan di MAN 2 Batusangkar, tanggal 22 Januari 2018. Sedangkan sisanya akan diterbitkan setelah siswa yang bersangkutan berusia 17 tahun.

Dalam sambutannya, Elizabeth berpesan kepada seluruh siswa dan guru yang hadir bahwa “ KTP-el adalah bukti otentik keberadaan seseorang sebagai Warga Negara Indonesia. Jika ada masyarakat yang belum melakukan perekaman data dan belum memiliki KTP-el maka diragukan keabsahannya sebagai warga negara,” tegas Elizabeth.

“ Begitu juga dalam pelaksanaan pemilu tahun 2019 nanti, telah disyaratkan KTP-el sebagai bukti identitas yang sah. Jadi seseorang yang tidak atau belum memiliki KTP-el dipastikan tidak bisa menunaikan Hak Pilihnya di Pemilu nanti. Oleh sebab itu, mari kita gunakan kesempatan tahun ini untuk melakukan perekaman data dan pencetakan KTP-el kita sehingga kita dapat menunaikan Hak Pilih kita sebagaimana mestinya,” tambah Elizabeth.

Disamping itu Kadis juga menghimbau kepada seluruh siswa MAN 2 Batusangkar yang belum memiliki Akta Kelahiran dan dokumen kependudukan lainnya, baik yang bersangkutan maupun anggota keluarga lainnya agar segera melakukan pembuatan Akta Kelahiran dan dokumen kependudukan lainnya sehingga yang bersangkutan dan keluarganya tidak terkendala dalam menerima pelayanan publik khususnya Instansi Pelayanan Publik yang telah mensyaratkan data Kartu Keluarga dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai basis datanya.

Kepada Kepala Sekolah MAN 2 Batusangkar, Elizabeth, atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih telah bersedia memfasilitasi perekaman data KTP-el ini, semoga dikesempatan tahun-tahun berikutnya kerja sama terus ditingkatkan baik dengan program yang sama maupun program-program pemerintah lainnya. (Tn_Dukcapil).

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id