Berita

BUPATI APRESIASI PERANTAU BANTU PROGRAM GAPURA MANTAP

Kamis, 01 Maret 2018 | 15:24 WIB | Seputar Kecamatan
BUPATI APRESIASI PERANTAU BANTU PROGRAM GAPURA MANTAP

Rambatan “ tanahdatar.go.id

Bupati Tanah Datar diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Mukhlis menyampaikan, ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada perantau Ikatan Keluarga Padang Magek (IKPM) Se-Nusantara yang telah membantu program pemerintah daerah.  

Hal tersebut disampaikan pada acara peletakan batu pertama pembangunan 7 rumah tidak layak huni (Rutilahi) di kediaman Nurbaiti Jorong Guguak Gadang Nagari Padang Magek Kecamatan Rambatan, Kamis (1/3).

Berdasarkan hasil pendataan ada 3.564 rumah tidak layak huni di Tanah Datar dengan kategori berat, sedang dan ringan. “Untuk itu dengan memanfaatkan seluruh potensi yang ada kita berusaha dalam kurun 5 tahun ini melalui Program Gapura Mantap menjadi jawaban terhadap perbaikan rumah tinggal masyarakat miskin,” ungkapnya.

Sebagaimana disampaikan pada tahun 2017 lalu dilaksanakan rehab rumah sebanyak 650 buah rumah dengan anggaran lebih kurang Rp. 8 Milyar yang tersebar di 75 nagari dengan sumber pembiayaan APBN, DAK Nagari, Baznas, Perantau dan sumber lainnya. Untuk tahun 2018 ini melalui APBD Tanah Datar  akan dianggarkan 2 buah rumah per nagari atau sebanyak 150 rumah, ulasnya.

“Pemerintah daerah punya komitmen untuk program bedah rumah dalam percepatan pengentasan kemiskinan” katanya.

Pada kesempatan tersebut Mukhlis mengajak masyarakat untuk turut membantu pengerjaan bedah rumah dengan cara bergotong royong baik moril maupun materil.”Mari kita gorokan bedah rumah ini, bagi yang tidak sanggup dengan dana, bantu dengan tenaga,” ujar Mukhlis.

Ketua Umum IKPM Jabodetabek H. Maidasril dalam sambutannya mengatakan kegiatan bedah rumah melalui Program Rutilahi  ini merupakan hasil kesepakatan perantau IKPM se-Nusantara untuk meringankan beban masyarakat miskin yang memiliki rumah yang tidak layak huni dan ini akan menjadi program unggulan secara berkelanjutan, ungkapnya.

H. Maidasril tambahkan pada tahun ini IKPM melakukan bedah rumah sebanyak 7 rumah yang berada di tujuh jorong dengan anggaran Rp 15 juta per rumah dengan total Rp 105 juta yang berasal dari IKPM se-Nusantara dan pengusaha yang berada di kampung halaman dan program kami di rantau juga ada yakni pemulangan jenazah di perantauan ke kampung halaman dan IKPM Peduli, ulasnya.

Selain bedah rumah kedatangan pengurus IKPM juga melakukan peresmian lapangan futsal dengan tujuan mendukung kegiatan generasi muda yang berada di kampung.

Sebelumnya tokoh masyarakat Padang Magek Syafril Jamal menyampaikan ucapan terima kasih kepada IKPM se-Nusantara yang telah memilki rasa kekeluargaan yang tinggi terhadap kampung halaman, dan progaram ini dapat juga dicontoh oleh perantau nagari lainnya, kata Syafril Jamal yang juga Anggota DPRD Tanah Datar.

Wali Nagari Padang Magek Syafwardi sampaikan tujuh rumah yang dibedah yakni Jonisaman Jorong Guguak Baruah, Nurbaiti Jorong Guguak Gadang, Sida Jorong Guguak Kaciak, Marwan Jorong Gantiang, Surya Sentosa Jorong Bulakan, Dovid jorong Patai dan Juli Jorong Pauh.

Untuk tahun ini dari APB nagari kita juga anggarkan bedah rumah untuk 2 rumah tidak layak huni sesuai dengan perioritas dari hasil musrembang nagari, pungkasnya.

Sementara itu salah seorang yang rumahnya ikut di bedah Nurbaiti sampaikan ucapan terima kasih.” “Tarimo kasih ka apak-apak perantau alah mambantu kami, murah juo rasaki, siyaik-siyaik juo badan apak-apak kami ko handaknyo (terima kasih kepada bapak perantau, mudah-mudahan diberi rezeki yang lapang dan kesehatan),” ucapnya. (humas- eri/dvd)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id