Berita

WABUP LAUNCHING KARTU IDENTITAS ANAK TAHUN 2018

Jumat, 16 Maret 2018 | 20:01 WIB | Seremonial
WABUP LAUNCHING KARTU IDENTITAS ANAK TAHUN 2018

X Koto, tanahdatar.go.id.

Selama ini anak-anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah tidak memiliki identitas penduduk yang berlaku secara nasional dan belum terintegrasi dengan sistem informasi dan administrasi kependudukan, dan di sisi lain pemerintah berkewajiban untuk memberikan identitas kependudukan kepada seluruh penduduk warga Negara Indonesia yang berlaku secara nasional sebagai upaya perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga Negara.

Berdasarkan Permendagri 2/2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA), bahwa setiap anak yang berusia 0-17 tahun kurang satu hari akan diberikan KIA yang merupakan identitas resmi anak dan alat bukti diri dan juga sebagai tanda pengenal bagi anak.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Datar Elizabeth, pada acara Launching Kartu Identitas Anak Tahun 2018 di SD Negeri 16 Pandai Sikek Kecamatan X Koto, Jumat (16/3).

Untuk itu menurut Elizabeth, Tanah Datar melalui Disdukcapil pada tahun 2017 yang lalu secara mandiri menganggarkan sebanyak 10.000 blangko KIA. Dan untuk tahap pertama 10.000 blangko KIA ini akan didistribusikan untuk anak usia 0-17 kurang satu hari di kecamatan X Koto, Batipuh dan Lima Kaum. Sementara pada tahun 2018 ini Disdukcapil tidak lagi menganggarkannya karena anggarannya sudah ada dari pusat, tambah Elizabeth.

Sementara Wakil Bupati Zuldafri Darma katakan launching KIA ini merupakan momentum yang sangat penting, karena sejalan dengan program pemerintah pusat yaitu “Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) menuju sukses pilkada serentak 2018 dan pemilu 2019”.

Berkaitan dengan hal itu penerbitan KIA juga merupakan perwujudan kehadiran Negara dalam peningkatan pelayanan publik khususnya terkait dengan sadar akan kepemilikan dokumen kependudukan, ujar Zuldafri.

Dia juga mengatakan bahwa KIA mempunya manfaat yang sangat banyak bagi anak, seperti sebagai tanda pengenal, untuk persyaratan masuk sekolah, untuk transaksi keuangan, pelayanan kesehatan.

Selain itu manfaat lainnya KIA juga bisa dipergunakan dalam kepengurusan beasiswa. Hal ini dikarenakan dari sisi kemampuan ekonomi masyarakat kita tidak semuanya mampu untuk membiayai pendidikan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi, tambahnya

Lebih lanjut Zuldafri mengatakan melalui KIA maka pemerintah akan lebih mudah dalam memberikan baik itu pelayanan maupun perlindungan kepada anak, karena datanya sudah berlaku secara nasional.

Usai berikan sambutannya Wabup Zuldafri didampingi oleh Kadis Dukcapil Elizabeth, Camat X Koto Hendra Setyawan, Kapolsek dan Danramil X Koto serta Kepala Sekolah SDN 16 Pandai Sikek Deswandi, serahkan KIA secara simbolis kepada lima orang murid SDN 16 Pandai Sikek. (Humas/HP)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id