Berita

UPSK BAGI PENYANDANG DISABILITAS DIGELAR DI SALIMPAUNG

Selasa, 08 Mei 2018 | 21:54 WIB | Seputar Kecamatan
UPSK BAGI PENYANDANG DISABILITAS DIGELAR DI SALIMPAUNG

Untuk memperoleh kesejahteraan sosial sampai ke tingkat nagari bagi penyandang disabilitas, Dinas Sosial provinsi Sumatera Barat yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui Dinas  Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Tanah Datar melakukan Kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Lareh Nan Tobang, Kecamatan Salimpaung, Senin (7/5).

Dibuka secara resmi oleh Bupati diwakili Kepala Dinas Sosial PPPA Tanah Datar Yuhardi mengatakan bahwa pada kesempatan tersebut sebanyak 100 orang peyandang disabilitas yang ada di Kecamatan Salimpaung mendapat pelayanan penyuluhan sosial, konsultasi medis, konsultasi psikolog, bimbingan keterampilan praktis membuat souvenir dan juga penyediaan alat bantu seperti kursi roda dll.

“Terima kasih kepada Dinas Sosial Propinsi Sumatera Barat yang telah mengalokasikan kegiatan unit pelayanan sosial keliling (UPSK) di Kecamatan Salimpaung hingga nantinya dapat meningkatkan presentase pelayanan penyandang disabilitas,” ucap Kadis.

Di akhir sambutannya, Yuhardi berpesan agar peserta UPSK dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan penuh semangat, “Kesempatan ini tidak didapatkan oleh seluruh Kabupaten/Kota di setiap tahunnya maka ikutilah kegitan ini dengan baik,” pesan Kadis.

Sebelumnya, Sudrajat S.Sos Kasi RSPP Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat selaku panitia mengatakan bahwa maksud dan tujuan kegiatan ini adalah upaya untuk melaksanakan amanat UU Nomor 8/2016 tentang penyandang disabilitas dan PP Nomor 43/1998 tentang peningkatan kesejahteraan sosial bagi penyandang cacat dengan tujuan memberikan pelayanan sosial langsung di lokasi guna memudahkan para peserta dalam memperoleh pelayanan sosial dasar khususnya bagi penyandang disabilitas.

“Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama antara Dinsos Provinsi Sumatera Barat, Dinsos PPPA Tanah Datar, Dinas Kesehatan Kecamatan Salimpauang, Psikolog PSBN Tuah Sakato Padang, PSBGHI Harapan Ibu Kalumbuk Padang dan pihak yang terlibat lainnya, yang akan dilaksanakan selama lima hari pada tanggal 7 sampai dengan 11 Mei 2018 bertempat di Kecamatan Salimpauang,” tutur Sudrajat.

Di kesempatan itu juga Ny. Emi Irdinansyah selaku ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Tanah Datar menyebutkan bantuan yang didapat nantinya agar dimanfaatkan sebaik-baiknya, “Tetaplah semangat karena kita semua sama dimata Tuhan dan apa yang didapat semoga dapat menunjang semangat menjalani hidup ini dengan bahagia,” ucap Ny. Emi Irdinansyah pada kesempatan itu. (humas/rhn/wn)

 

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id