Berita
Malawekan Gala Suku Guci Subang Anak Batipuh Baruah

WABUP ZULDAFRI : PEMIMPIN KAUM HARUS JADI PANUTAN

Jumat, 11 Mei 2018 | 12:04 WIB | Seputar Kecamatan
WABUP ZULDAFRI : PEMIMPIN KAUM HARUS JADI PANUTAN

Datuk atau Datuak di Minangkabau adalah gelar adat yang diberikan kepada seseorang melalui kesepakatan suatu kaum atau suku yang kemudian disetujui sampai ke tingkat rapat adat oleh para tokoh pemuka adat setempat (Kerapatan Adat Nagari). Gelar ini sangat dihormati dan hanya dipakai oleh kaum lelaki Minang yang akan atau telah menjadi pemangku adat/tokoh pemuka adat atau Pangulu. 

Sebelum gelar ini disandang seseorang, mesti dilakukan suatu upacara adat atau malewakan gala  dengan sekurangnya memotong seekor kerbau dan kemudian diadakan jamuan makan. Dan jika calon Datuk tersebut tidak mampu untuk mengadakan acara tersebut, maka dia tidak berhak untuk menyandang gelar Datuk tersebut.

Hal ini disampaikan Wabup Zuldafri Darma didampingi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Abrar, Camat Batipuh Arianto, Forkopimca, Wali Nagari kepada Humas saat menghadiri acara Malewakan Gala Pangulu H. Romi Mulyadi memangku jabatan Datuak Bungsu dari Suku Guci di rumah adat kaum Suku Guci di Jorong Subang Anak Kecamatan Batipuh, Kamis (10/05).

Wabup menyampaikan, seseorang bergelar Datuak dapat disamakan dengan pemimpin suatu kaum atau sukunya. "Seseorang yang telah menyandang gelar Datuk dan dilewakan, maka masyarakat setempat tidak diperkenankan lagi memanggil nama kecilnya, tetapi mesti memanggil dengan nama kebesarannya itu, jika ada masyarakat setempat diketahui menghina dan merendahkan seseorang Datuak, maka orang tersebut akan dikenai sanksi adat yang berlaku," kata Zudafri.

"Karena itu, seorang datuak pangulu kaumnya harus mampu menjadi panutan dan tauladan dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya bagi anak kemenakan di kaumnya, tapi juga masyarakat kampung halamannya," harap Wabup.

Di akhir penyampaiannya Wabup menyampaikan selamat. "Selamat kepada H. Romi yang telah resmi menyandang gala Datuak Bungsu, semoga amanah dan menjadi pengayom bagi kaum dan sukunya serta masyarakat di Jorong Subang Anak khususnya," tukas Zuldafri. 

Sementara H. Romi Mulyadi Datuak Bungsu menyampaikan terima kasih atas kehadiran Wabup pada acara malewakan gala ini. "Terima kasih atas kehadiran pak Wabup, ini menjadi motivasi saya tersendiri untuk bisa mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya. Dan terima kasih juga kepada semua pihak yang telah mendukung acara malewakan gala ini sehingga bisa terlaksana dengan baik," pungkas Datuak Bungsu. (Humas/dvd)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id