Berita

PKK TANAH DATAR GORO BERSAMA MASYARAKAT PARIANGAN

Selasa, 15 Mei 2018 | 21:54 WIB | Seputar Kecamatan
PKK TANAH DATAR GORO BERSAMA MASYARAKAT PARIANGAN

Gotong royong, sebuah kalimat yang dulu sering kita dengar diucapkan oleh masyarakat di manapun mereka berada. Baik itu saat melakukan ronda malam, di warung bahkan di tempat-tempat lainnya di mana mereka saling berkumpul. Walau gotong royong bukanlah sebuah kalimat yang asing didengar ditelinga kita, tetapi kalimat itu sudah hampir tidak pernah kita dengarkan lagi.

Namun hal ini tidak berlaku bagi masyarakat Nagari Tuo Pariangan, karena mereka rutin setiap 2 minggu sekali selalu melakukan gotong royong untuk membersihkan lingkungan sekitar terutama mereka bergotong royong membersihkan fasilitas umum seperti jalan, selokan, surau/mushalla, masjid dan fasilitas umum lainnya. Masyarakat Nagari Tuo Pariangan juga tidak terkontaminasi dengan perkembangan Iptek yang mendorong masyarakatnya cenderung berlaku individualisme. Tetapi mereka masih memegang teguh sifat kebersamaan dan kegotong-royongan yang memang identik dengan bangsa Indonesia sejak dulu.

Mereka menyadari bahwa Nagari Tuo Pariangan yang dinobatkan sebagai salah satu desa terindah di dunia itu harus diiringi dengan lingkungan yang bersih agar tidak mengurangi keindahannya, sehingga siapapun yang datang ke nagari tersebut akan terpesona dengan keindahan dan kebersihan serta keramahan masyarakatnya.

Murdiati, salah seorang warga nagari Pariangan saat diwawancarai ditengah-tengah kesibukannya melakukan gotong royong bersama warga yang lainnya, Selasa (15/5) mengatakan bahwa kegiatan goro bersama ini rutin mereka lakukan setiap 2 minggu sekali. “Kami ingin nagari kami ini bersih dan indah, untuk itu kami selalu melakukan goro bersama. Kami juga membuat taman-taman di kiri kanan jalan, ini kami lakukan untuk menambah keindahan nagari kami,” ujarnya.

Kegiatan masyarakat nagari tuo Pariangan ini ternyata juga mendapat dukungan penuh dari pemerintah nagari, kecamatan, terutama dari PKK kabupaten Tanah Datar. Dukungan itu diberikan dalam bentuk ikut turun langsung bergotong royong di samping juga memberikan bantuan berupa beberapa tanaman bunga.

Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah, di sela-sela kegiatannya bergotong royong berbaur bersama masyarakat Nagari Pariangan, Selasa (15/5) mengatakan bahwa PKK selalu siap mendukung seluruh kegiatan masyarakat. Tidak di Pariangan saja, tetapi juga di daerah lainnya di wilayah Kabupaten Tanah Datar.

“Untuk di Nagari Pariangan ini, PKK telah memberikan bantuan sebanyak 30 batang bunga Bougenville. Saat ini, kami juga sedang mengupayakan untuk membuatkan kursi panjang dari besi yang nanti akan diletakkan di pinggir jalan sehingga bisa dimanfaatkan untuk bersantai ria oleh setiap wisatawan yang datang maupun masyarakat sekitar,” kata Ny. Emi.

Dia juga menghimbau kepada para kader PKK nagari dan kecamatan untuk menindaklanjuti apa yang sudah dikerjakan hari ini. “Saya mengajak para kader yang ada di setiap nagari dan jorong untuk melanjutkan kegiatan ini serta memelihara dan menjaga apa yang sudah ada agar anugerah Nagari Tuo Pariangan sebagai desa terindah didunia ini tidak tersia-siakan begitu saja. Kita harus bersyukur dengan apa yang telah kita dapat dengan menjaga dan memeliharanya dengan sebaik mungkin,” tambahnya.

“Kita juga menyadari bahwa masih banyak masyarakat kita yang belum menyadari bahkan belum tahu, namun kita akan terus berupaya mensosialisasikannya melalui berbagai cara dan media agar mereka tahu dan tidak melakukan hal-hal yang akan mengurangi bahkan merusak keindahan Nagari tuo Pariangan”, terang Ny. Emi.

Sementara Walinagari Pariangan April Katik Saidi, berkaitan dengan anugerah nagari Pariangan sebagai salah satu desa terindah di dunia merupakan beban berat, artinya karena banyaknya wisatawan yang datang namun pembenahan di nagari itu sendiri belum maksimal.

“Namun kami sekarang sedang berusaha maksimal untuk melakukan pembenahan, terutama bagaimana merubah image masyarakat dalam menerima kedatangan tamu, keramah tamahan dan kebersihan lingkungan. Terutama sekali hari ini kami berterimakasih banyak kepada PKK Kabupaten yang melakukan  goro bersama masyarakat. Ini juga dalam rangka mendukung desa terindah di dunia,” kata April.

“Beberapa upaya lainnya juga sudah kami lakukan untuk mendukung Nagari Pariangan ini sebagai desa terindah di dunia. Di antaranya kami telah membentuk 3 kelompok masyarakat yang semuanya bergerak di bidang kepariwisataan, seperti kelompok masyarakat sadar wisata, kelompok pencinta Nagari Tuo Pariangan, dan Komunitas Nagari Tuo Pariangan,” pungkas April Katik Saidi. (Humas-HP/Irfan)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id