Berita
MTQ Masjid Al-A'la Jorong Kandang Diguguak Koto Laweh X Koto

BUPATI IRDINANSYAH : PEMBANGUNAN FISIK HARUS SEIRING DENGAN PEMBANGUNAN MENTAL

Minggu, 20 Mei 2018 | 12:14 WIB | Seputar Kecamatan
BUPATI IRDINANSYAH : PEMBANGUNAN FISIK HARUS SEIRING DENGAN PEMBANGUNAN MENTAL

Ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) di bulan Ramadhan akan mendorong kehadiran generasi muda meramaikan masjid dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

Kecintaan generasi muda terhadap Alqur’an sebagai pedoman hidup perlu terus ditumbuhkan. Mulai dari belajar membacanya, memahami isi kandungan, menghafal, seni tilawah dan pengamalannya. Ini menjadi tugas pemerintah daerah bersama segenap lapisan masyarakat, membumikan Alquran di Tanah Datar yang berfalsafahkan Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah.

Demikian disampaikan Bupati Irdinansyah Tarmizi saat membuka MTQ Masjid Al-A’la Jorong Kandang Diguguak Nagari Koto Laweh Kecamatan X Koto, Sabtu (19/05) yang berada di pinggang Gunung Marapi ini.

Di depan tokoh-tokoh masyarakat dan generasi muda setempat, Bupati Irdinansyah sampaikan pembangunan di Tanah Datar dijalankan seiring antara pembangunan fisik dengan pembangunan mental.

“Program pembangunan jalan, jembatan, irigasi di seluruh penjuru Tanah Datar yang menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat terus kita lakukan, kita ingin Tanah Datar sejahtera secara ekonomi, namun ini harus seiring dengan pembangunan mental spritual masyarakatnya, sehingga masyarakat Tanah Datar yang madani bisa kita wujudkan,” ungkap Bupati lagi.

Bupati sampaikan apresiasinya, ajang MTQ yang digagas generasi muda sudah sejalan dengan program pemerintah daerah menjadikan masyarakat Tanah Datar yang religius. Lebih dari itu, bupati berpesan kepada generasi muda khususnya pelajar untuk berlomba-lomba menjadi hafiz Alqur’an. “Pemerintah Daerah bersama DPRD telah sepakat menjadikan Tanah Datar sebagai Kabupaten Tahfiz, alhamdulillah jumlah rumah tahfiz di Tanah Datar sudah lebih dari 90 buah, yang awalnya 4 buah yang saya resmikan tahun lalu,” tutur bupati.

Disampaikan juga, untuk merealisasikannya, program 1 guru TPA 3 orang tahfiz telah mulai dilaksanakan. Dengan jumlah guru TPA sebanyak 2.256 orang akan mencetak lebih dari 6.000 anak Tanah Datar yang hafiz Alquran minimal 1 juz.

Sementara Ketua Panitia MTQ Sutan Rajo Sulaiman menyebutkan MTQ dilaksanakan antar nagari se Kecamatan X Koto, dengan melombakan seni baca Alquran untuk tingkat anak-anak dan remaja. “MTQ ini kita laksanakan setiap tahunnya dengan mengundang perwakilan nagari se Kecamatan X Koto,” ungkap Sutan Rajo Sulaiman.

Ditambahkannya tujuan pelaksanaan kegiatan untuk meningkatkan minat sekaligus kualitas peserta didik TPA dalam seni membaca Al-quran.

Di kesempatan itu juga disampaikan keinginan masyarakat untuk melanjutkan pembangunan lantai II Masjid Al-A’la. “Alhamdulillah berkat tekad dan animo yang tinggi dari perantau dan masyarakat di kampung halaman, telah terkumpul dana Rp. 314 juta dari Rp. 696 juta biaya yang dibutuhkan, mudah-mudahan apa yang menjadi niat bersama,akan dimudahkan Allah SWT,” pungkasnya.

Turut hadir Anggota DPRD Afrizal Moetwa, Kabag Humas dan Protokol Syahril, Camat X Koto Hendra Setyawan, Forkompinca dan Walinagari Koto Laweh Dt Bandaro Gapuak. (Humas)  

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 

Search
Pesona Tanah Datar
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id