Berita
Tim Khusus Safari Ramadhan Kunjungi Masjid Subussalam Pangian

LKAAM Tanah Datar Khawatirkan Kemerosotan Moral Generasi Muda

Senin, 28 Mei 2018 | 22:58 WIB | Seputar Kecamatan
LKAAM Tanah Datar Khawatirkan Kemerosotan Moral Generasi Muda

Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Tanah Datar bersama Kerapatan Adat Nagari termasuk ninik mamak yang ada di Tanah Datar agar bersatu mencegah merosotnya nilai-nilai moral, etika dan akhlak sebagian besar generasi muda dewasa ini.

Hal itu diungkapkan Ketua LKAAM Tanah Datar Hafzi Dt. Batuah selaku Ketua  Tim khusus Ramadhan Kabupaten Tanah Datar saat mewakili Bupati, pada kunjungan ke Masjid Subussalam Patameh Nagari Pangian Lintau Buo, Sabtu (26/5).

Ikut pada kesempatan tersebut Wakil Ketua LKAAM Tanah Datar Rusyadrijal Dt. Rajo Manso, Sekretaris LKAAM Hardi Siswan Dt. Marah Bangso, Wakil Sekretaris Mustafa Akmal Dt Sidi Ali dan  Datuk Sinaro Basa, Bagian Kesra dan Bagian Humas dan Protokol Setda Tanah Datar. 

Pada kesempatan tersebut Hafzi juga mencontohkan merosotnya nilai moral dan etika khususnya pada generasi muda yaitu banyaknya anak muda dan pelajar yang terlibat penyalahgunaan narkoba, minuman keras, pergaulan bebas dan lain sebagainya. Yang terparah kasus narkoba sudah merusak generasi kita dan sudah menjangkau semua jorong.

“Dengan demikian, sebagai bentuk keprihatinan kita harus kita cegah bersama dan untuk mencegahnya tidak ada jalan lain adalah dengan bersinergi antara Pemerintah dengan ulama dan niniak-mamak sebagai pemangku kepentingan dalam kaum suku di Minangkabau. Dengan kata lain, ulama mengawasi umat, niniak-mamak mengawasi anak dan kemenakan dan pemerintah dengan kebijaksanaan yang dilakukannya,” ulasnya lagi.

"Program tahfidz ini mari kita dukung bersama, karena apabila sejak dini anak-anak kita telah dibekali dengan ilmu agama dan al qur’an tentu besar nanti kita sebagai orang tua tidak akan ragu lagi melepas mereka kemanapun mereka ingin melanjutkan pendidikannya, dan kita yakin benteng ilmu agama dan al qur’an yang kita berikan sejak kecil akan mampu menjaga mereka dari berbagai pengaruh buruk yang akan merusak masa depannya dan tugas kita di nagari dorong anak kemenakan kita ikut program tahfidz, gerakan subuh berjemaah dan gerakan magrib mengaji disamping program lainnya, disitulah peran ninik mamak juga dirasakan oleh masyarakat, " tegasnya. 

Sementara itu Wali Nagari Pangian Abdul Wazir Dt Indo Mangkuto  merasa bangga dengan kehadiran Tim Ramadhan Kabupaten Tanah Datar yang diwakili oleh LKAAM Kabupaten karena kedatangan pengurus LKAAM di Nagari juga akan ikut memberikan pencerahan kepada anak kemenakan.

"Pertama kali Nagari Pangian dikunjungi oleh Tim Ramadhan yang langsung dari LKAAM Kabupaten Tanah Datar, untuk itu saya ucapkan terimakasih" ungkapnya.

Kunjungan tim tersebut diakhiri dengan ceramah agama yang disampaikan Dt. Pandito Lahia dari Padang Ganting yang juga pengurus LKAAM dan dilanjutkan penyerahan bantuan dari Bupati Tanah Datar sebesar Rp10 Juta dan paket alqur'an untuk pembangunan dan kegiatan keagamaan di masjid tersebut. humas/eri

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id