Berita
Tim Khusus Safari Ramadhan Kabupaten Tanah Datar 1439 H

INDAHNYA KEBERSAMAAN DI NAGARI TANJUNG BARULAK

Senin, 04 Juni 2018 | 13:32 WIB | Seputar Kecamatan
INDAHNYA KEBERSAMAAN DI NAGARI TANJUNG BARULAK

Makna Ukhuwah Islamiyah perlu dimaknai dengan baik, tidak hanya sebatas ucapan yang dilantunkan tanpa diiringi implementasi di tengah-tengah masyarakat. Ukhuwah dan kebersamaan ini menciptakan keindahan. Indahnya kebersamaan ini terasa saat pelaksanaan shalat Tarwih di Masjid Ihsan Jorong Koto Nagari Tanjung Barulak Kecamatan Batipuh.

Perbedaan jumlah shalat Tarwih tidak membuat masyarakat setempat berselisih paham, masalah perbedaan pendapat bisa disatukan tanpa ada yang merasa diabaikan.

Apresiasi ini disampaikan Bupati yang diwakili langsung Wakil Ketua Tim Khusus Safari Ramadhan H. Afrizon yang juga Ketua Umum DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Tanah Datar saat memberi kata sambutan, Minggu (03/06).

“Rasa persatuan dan kebersamaan harus dipelihara dan diperkuat di tenga-tengah masyarakat, karena ini menjadi modal penting untuk menciptakan suasana yang harmonis,” sebut H. Afrizon yang juga Kabag Kesra Setda Tanah Datar.

“Berdasarkan informasi pengurus Masjid, di sini (Masjid Ihsan-red) diakomodir 2 macam pelaksanaan shalat tarwih baik 11 rakaat maupun 23 rakaat dan ini sudah berlangsung cukup lama,” jelasnya lagi.

Untuk itu sampai Afrizon, “Pemerintah daerah apresiasi kebijakan ini, saat ini rasa persatuan ini harus dipupuk, sisi persamaan yang harus dicari bukan memperlebar perbedaan,” puji Afrizon.  

Penyatuan dua macam shalat Tarwih ini menunjukkan pemikiran tokoh-tokoh beserta seluruh masyarakat sudah maju, yang tidak menjadikan perbedaan pendapat menjadi pertentangan yang tidak bermanfaat.

Selain itu Afrizon sampaikan apresiasi kaderisasi khatib dan imam yang sudah berlangsung di Nagari Tanjung Barulak. “Generasi muda harus disiapkan di segala bidang termasuk di bidang keagamaan, di saat daerah lain kekurangan kader khatib dan imam, Nagari Tanjung Barulak sudah menampilkan kader-kader muda menjadi khatib dan imam yang berasal dari sekolah agama yang ada,“ sampai Afrizon.

Di kesempatan itu Afrizon sebutkan pentingnya keseimbangan program pembangunan. “Pimpinan daerah di banyak kesempatan selalu menyampaikan, keseimbangan pembangunan fisik dan non fisik harus diperhatikan termasuk oleh walinagari saat menyusun anggaran nagari,” tegas Afrizon.

Disampaikan, Bupati telah menginstruksikan porsi anggaran pemberdayaan masyarakat minimal 30 persen. Kegiatan pemberdayaan masyarakat bisa untuk pembinaan keagamaan, kepemudaan, perempuan dan lainnya.

Pemerintah daerah pun tetap konsen membangun masyarakat madani, salah satunya melalui program tahfiz. Target melahirkan 8.000 hafiz setiap tahun berasal dari 3 orang binaan masing-masing guru TPA yang berjumlah 2.163 orang, binaan 117 pondok tahfiz dan binaan sekolah se Kabupaten Tanah Datar.

“Mari masyarakat Tanah Datar berlomba-lomba mensukseskan program Kabupaten Tahfiz, melahirkan generasi tahfiz sebanyak mungkin yang akan membawa berkah bagi Tanah Datar Luak Nan Tuo,” ajaknya.

Sebagai motivasi, Afrizon sampaikan pemerintah daerah akan memberikan reward bagi 9 orang hafiz terbaik, 6 orang hafiz dibawa umrah ke tanah suci dan 3 orang hafiz diikutkan rombongan Siswa Berprestasi Studi Banding Internasional ke Malaysia dan Singapura.

Turut hadir pada kesempatan itu jajaran pengurus BPKRMI Tanah Datar dan Kecamatan Batipuh, Camat Batipuh Arianto, Walinagari Tanjung Barulak Alfa Enersi dan Ketua KAN Tanjung Barulak.

Di kesempatan itu Tim Safari Ramadhan menyerahkan bantuan untuk masjid sebesar Rp. 10 juta dan buku-buku keagamaan dan diterima langsung pengurus Masjid Ihsan. (Humas)   

 

 

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id