Berita
Rakor Hadapi Lebaran Idul Fitri 1439 H

HARGA SEMBAKO RELATIF STABIL

Minggu, 10 Juni 2018 | 10:12 WIB | Lintas SKPD
HARGA SEMBAKO RELATIF STABIL

Bupati Tanah Datar diwakili Sekda Hardiman selaku Pemerintah Daerah bersama Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf. Edi Sugianto Harahap dan Kapolres Tanah Datar AKBP. Bayuaji Yudha Prajas pimpin rapat koordinasi pengamanan hari Raya Idul Fitri 1439 H di wilayah Kabupaten Tanah Datar, Jum'at (8/6/2018) di aula Kantor Bupati di Pagaruyung.

Di kesempatan itu, Sekda Hardiman menyampaikan harapan Bupati Tanah Datar agar keamanan dan kenyamanan masyarakat Tanah Datar terjaga selama libur panjang hari Raya Idul Fitri 1439 H. "Awalnya Bapak Bupati dan Wakil Bupati berencana hadir dalam rapat koordinasi ini, namun karena ada halangan keduanya tidak jadi, beliau mohon maaf dan mewakilkan kepada Saya, namun tentu diharapkan tidak mengurangi arti," sampainya.

Selanjutnya Hardiman memaparkan tentang keadaan bahan sembako di pasar Batusangkar dalam menghadapi hari raya Idul Fitri. "Tim Pemda Tanah Datar hari ini telah melihat langsung kondisi ketersediaan dan kestabilan harga sembako ke pasar-pasar di Tanah Datar, dan hasil pantauan tidak terjadi kelangkaan dan harga sembako relatif stabil sampai hari ini," ujarnya.

Namun Hardiman berharap kepada tim untuk terus mamantau harga sembako, karena waktu untuk hari H masih terbilang cukup lama. "Harga pasar tentu akan bergerak sesuai kebutuhan pasar, dan tentu saja kemungkinan naik dalam beberapa hari menjelang hari H akan bisa saja terjadi, maka dihimbau kepada tim untuk siap siaga dengan langkah antisipasi ketika terjadi lonjakan harga yang sangat tinggi nantinya," pesan Sekda.

Kemudian Sekda Hardiman menghimbau OPD terkait untuk berkoordinasi terhadap ketersediaan Gas LPG dan BBM, dan kepada Wali Nagari untuk siap siaga terhadap pendatang baru di daerahnya. "Kondisi keamanan relatif aman dan kondusif di Tanah Datar, namun tentu juga Wali Nagari harus tetap waspada terhadap warga baru yang melakukan aktifitas yang mencurigakan," katanya.

Hardiman juga menyampaikan, Pemda melalui OPD terkait untuk berperan aktif untuk atasi kemacetan. "OPD berkoordinasi dengan pihak Polres untuk atasi kemacetan di titik yang selama ini rawan macet. Dan kepada Wali Nagari kalau ada potensi yang sebabkan macet seperti penumpukan bahan bangunan di pinggir jalan raya untuk segera dipindahkan," sampainya. 

Sekda berharap kepada semua pihak untuk siap siaga dalam hadapi pulang basamo para perantau. "Dengan pulang basamo para perantau tentu akan menyebabkan kampung halaman akan semakin ramai dengan berbagai kegiatan yang bisa menyebabkan pergesekan dalam pelaksanaannya, seperti hiburan orgen tunggal yang tentu butuh pengawasan kita semua," tukasnya.

Di akhir penyampaiannya Hardiman berharap dalam pelaksanaan ibadah shalat Idul Fitri berjalan aman dan nyaman. "Kenyamanan dan keamanan beribadah tentu harus menjadi hal utama bagi kita nantinya, karena itu potensi yang akan mengganggu saat pelaksanaan ibadah seperti petasan harus kita siasati dari sekarang," tukasnya.

Sementara itu Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas menyampaikan, pihak kepolisian akan siap siaga 24 jam untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Tanah Datar. "Kami pihak kepolisian siap siaga dan akan dan telah membangun posko keamanan untuk pengamanan menghadapi Hari Raya Idul Fitri," sampainya. 

"Kepada seluruh stakeholder yang hadir pada rakor ini diharapkan kerjasamanya dalam membantu ciptakan keamanan dan kenyamanan Tanah Datar dalam hadapi perayaan hari Raya Idul Fitri," harapnya.

Di kesempatan selanjutnya Dandim 0307 Tanah Datar Letkol. Inf. Edi Sugianto Harahap menyampaikan jajaran TNI siap membantu kepolisian dalam pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1439 H. "Pihak TNI akan besinergi dan membantu pihak kepolisian dalam pengamanan lebaran dan lain yang dianggap perlu. Personil kami sudah siap untuk bekerja," pungkas Edi.

Rakor dihadiri Kepala OPD, Camat dan Wali Nagari, Babinsa dan Babinkantibmas se Tanah Datar. (Humas/dvd)

 

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id