Berita

Di Jorong Dan Nagari Bupati Dihadang Oleh Persoalan Blsm

, 17 Juli 2013 | 03:19 WIB | Seremonial

tjg_barulak

Bupati Tanah Datar, M. Shadiq Pasadigoe menyatakan prihatin dan dapat merasakan kondisi yang dihadapi masyarakat akibat kenaikan BBM yang juga berdampak terhadap kanaikan harga kebutuhan sehari-hari.

Apalagi saat sekarang ini pada umumnya masyarakat sedang menghadapi persoalan pendidikan anaknya yang mau masuk sekolah, masuk perguruan tinggi yang membutuhkan dana yang cukup besar.

Disatu sisi pendidikan itu sangat penting bagi masa depan anak, tetapi disisi lain sebahagian besar masyarakat dalam kondisi yang sulit ekonominya. ungkap Bupati pada acara pertemuan dengan masyarakat Tanjung Alam, usai Shalat Taraweh, Selasa kemaren di Masjid Raya, Tanjung Alam.

Sekarang ini penerintah sedang mengucurkan dana Bantuan Lansung Sementara Masyarakat (BLSM) bertujuan untuk memberikan bantuan meringankan beban masyarakat miskin.

Akan tetapi setelah dilaksanakan pemberian bantuan tersebut, dalam kenyataannya dilapangan banyak yang tidak mencapai sasaran, yang sepatutnya menerima tidak menerima, Yang anehnya lagi orang yang tidak patut menerima justru mendapatkannya.

Terkait dengan masalah pendidikan, bagi anak-anak Tanah Datar dari keluarga miskin yang diterima di perguruan tinggi, tetapi terkendala dengan masalah biaya, maka Pemerintah Tanah Datar akan memberikan bantuan untuk hal yang seperti itu, sehingga tidak ada yang diterima di perguruan tinggi karena masalah ekonomi, ungkap Bupati.

Menyangkut dengan permasalahan BLSM, Bupati menjelaskan kepada masyarakat bahwa permasalahan yang sama hampir terjadinya di nagari- nagari di Tanah Datar, bahkan nenurut keterangan Gubernur Sumbar, permasalahan yang sama juga terjadi diberbagai daerah di Sumatera Barat, ungkap Bupati.

Menurut Bupati, dari informasi yang dihimpun, permasalahan tersebut diakibatkan oleh kurang akuratnya data yang ditangani oleh pihak BPS yang ditetapkan pemerintah pusat sebagai data untuk pemberian BLSM kepada masyarakat.

Akibatnya Wali Jorong dan Wali Nagari yang mendapat sasaran tudingan masyarakat yang dianggap yang bersalah atas ketidak tapatan dalam penyaluran BLSM, jelas Bupati.

Menang permasalahan dan mengantisipasi tidak terjadi pada masa-masa yang akan datang pemerintah Tanah Datar akan melakukan peninjauan kelapangan yang akan dilakukan oleh Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Tanag Datar, untuk disampaikan hasilnya ke pusat.

Kalau proses penyaluran BLSM ini pada tahun depan masih seperti ini juga, sebaiknya kita tolak saja, karena bukannya meringankan masyarakat miskin tetapi justru malah menjadi permasalahan ditengah-tengah masyarakat, ungkap Bupati tegar.Humas-Veri/Hadi/Heri

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id