Berita
Tingkatkan Kualitas dan Pemahaman Arsip

PENGELOLA ARSIP TANAH DATAR STUDI KOMPARATIF KE ANRI DAN BADUNG

Rabu, 11 Juli 2018 | 23:02 WIB | Lintas SKPD
PENGELOLA ARSIP TANAH DATAR STUDI KOMPARATIF KE ANRI DAN BADUNG

Guna meningkatkan kualitas dan pemahaman Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas dan bekerja sebagai pengelola arsip di OPD masing-masing, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan sebagai leading sektor melaksanakan Studi Komparatif ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Jakarta dan dilanjutkan ke Kabupaten Badung Propinsi Bali dari 9 sampai 12 Juli 2018.

Rombongan yang dipimpin Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Yan Kasbari disambut Kepala ANRI diwakili Kepala Subbagian Hubungan Antar Lembaga dan Protokol M. Maulana Akbar didampingi Arsiparis Madya Bambang Berlian di Aula ANRI di Jln. Ampera Raya No. 7 Jakarta, Senin (9/7/2018).

Di kesempatan itu Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Yan Kasbari menyampaikan, kunjungan rombongan pengelola arsip ke ANRI untuk menambah wawasan dan pengalaman dalam melaksanakan tata kelola kearsipan di masing-masing OPD.

“Kunjungan kerja atau studi komparatif ini menindaklanjuti saran dari ANRI yang dalam beberapa waktu lalu saat menjadi narasumber acara bimbingan teknis kearsipan dan berkat izin Bupati, sehingga bisa dilaksanakan tahun ini,” sampai Yan Kasbari.

Yan Kasbari menambahkan, kunjungan ke ANRI melihat beberapa aspek yang diperlukan untuk peningkatan pengelolaan arsip untuk lebih baik lagi. “Kunjungan langsung ke depo di ANRI diharapkan mampu memberikan penambahan wawasan yang mungkin bisa dilaksanakan atau diaplikasikan nantinya di OPD masing-masing,” ujarnya. 

Sementara itu M. Mualana Akbar menyampaikan apresiasi dan kebanggaan terhadap rombongan pengelola arsiparis Pemerintah Tanah Datar. 

“Secara pribadi Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada niat dan minat pengelola arsip Tanah Datar untuk menambah pengalaman dalam meningkatkan kualitasnya dengan laksanakan studi komparatif ini” kata Maulana.

Di akhir penyampaiannya M. Maulana Akbar mempersilahkan peserta untuk mengunjungi bagian pengolahan arsip seperti mengunjungi record center, central file dan Diorama di ANRI. 

Rombongan Tanah Datar disambut hangat di Badung

Selepas kunjungan ke ANRI, rombongan pengelola arsiparis melanjutkan studi komparatifnya ke Kabupaten Badung Propinsi Bali dan disambut Bupati Badung diwakili Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung Ni Putu Darmawati didampingi Kabid Pembinaan Dinas Arsip I Wayan Sukerta dan pejabat lainnya di Aula Kantor Kearsipan dan Perpustakaan, Selasa (10/7/2018).

Di hadapan Kadis beserta jajaran dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung, kembali Yan Kasbari Sekretaris Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Datar selaku pimpinan rombongan didampingi Kasi Pembinaan Arsip Zulfahmi menyampaikan maksud dan tujuannya. 

“Sengaja kita lakukan studi komparatif ke Kabupaten Badung karena kita melihat perkembangan pelaksanaan arsip sudah termasuk yang baik di tingkat nasional, sehingga dengan kunjungan ini bisa menambah referensi pelaksanaan kearsipan di Tanah Datar,” sampai Yan. 

Yan Kasbari menyampaikan ungkapan dan ucapan terima kasih atas sambutan hangat yang diterima rombongan. “Alhamdulillah, Saya mewakili anggota rombongan menyampaikan ucapan terima kasih atas penyambutan yang hangat ini, disamping wawasan kami bertambah tentu ikatan silaturahim bisa kita jalin,” ujar Yan. 

Di kesempatan selanjutnya, Bupati Badung diwakili Sekdis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Badung Ni Putu Darmawati menyampaikan ucapan selamat datang. 

“Selamat datang di negeri kami, semoga betah dan senang dan tentu saja diharapkan wawasan pengelolaan arsip bisa kita bagi untuk lebih baik di masa datang, terutama di daerah Bapak dan Ibu,” sampai Darmawati.

Ni Putu Darmawati mengungkapkan paradigma anggap arsip bukan elemen penting saat ini harus diubah sehingga kita bisa bekerja sepenuh hati. “Jangan anggap bekerja di arsip karena kita orang buangan atau merupakan penempatan bagi PNS yang karirnya sudah di ujung pengabdian, namun sebenarnya arsip merupakan elemen terpenting dalam birokrasi karena dengan arsip kita aman, dengan arsip sejarah akan mudah ditelusuri,” sampai Darmawati.

Ni Putu Darmawati menambahkan, dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung sudah Tipe A dan menjadi primadona bagi ASN untuk bekerja pada dinas ini. “Kesadaran OPD betapa pentingnya arsip sangat memudahkan Pemkab Badung untuk bekerja lebih optimal. bahkan dalam mengelola arsip kita sudah bekerjasama dengan pihak ketiga sehingga pengelola arsip kerjanya memang hanya untuk mengelola arsip saja,” katanya.

Ni Putu Darmawati mengatakan, ke depannya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung akan memberikan penghargaan kepada pengelolaan arsip terbaik.

“Ke depan untuk memberikan motivasi lebih, kita akan laksanakan penilaian seperti penilaian WTP pada bidang keuangan dan memberikan insentif kepada pengelola arsip,” pungkasnya. 

Selepas acara resmi, rombongan studi komparatif Tanah Datar meninjau pelaksanaan kearsipan di lingkungan Pemkab Badung. (Humas/dvd)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id