Berita
Lakukan Penyuluhan dan Fasilitasi Makan Ikan

EMI IRDINANSYAH: KONSUMSI IKAN TINGKATKAN PERKEMBANGAN OTAK DAN TULANG

Senin, 24 September 2018 | 07:57 WIB | Seremonial
EMI IRDINANSYAH: KONSUMSI IKAN TINGKATKAN PERKEMBANGAN OTAK DAN TULANG

Lima Kaum-tanahdatar.go.id : Menjadikan ikan sebagai sumber protein utama dalam menu sehari-hari, terbukti mampu memberikan manfaat nyata, terutama bagi anak-anak generasi muda kita sebagai penerus bangsa.

Ini diungkapkan Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah didampingi Sekretaris Dinas Pangan dan Perikanan Hilmi, Kabid Konsumsi Keamanan Pangan dan Penguatan Daya Saing Cipta Prasad serta jajaran Dinas Pakan, dihadapan guru dan orang tua serta siswa pada acara Penyuluhan dan Fasilitasi Makanan Asal Ikan Bagi Anak TK/PAUD, Senin (24/9/2018) di TK Harapan Ibu Lima Kaum.

Ny. Emi mengungkapkan, pangan ikan yang mengandung Omega3 membantu pertumbuhan otak dan tulang. “Berdasarkan penelitian para ahli, terbukti pangan ikan membantu pertumbuhan otak dan tulang, sehingga menjadikan anak kita lebih pintar dan mempunyai badan lebih tinggi, apalagi kalau dikonsumsi sedari usia dini,” ungkapnya. 

Namun, tambah Emi, makan ikan juga memberikan manfaat yang banyak kepada para dewasa yang rutin konsumsinya. “Konsumsi ikan rutin setiap hari tidak akan berdampak negatif, bahkan bisa menghindarkan kita dari resiko penyakit jantung, depresi, penuaan dini, mencegah asma dan banyak manfaat lainnya,” ujarnya.

“Berawal dari berbagai manfaat ikan itulah, Forikan berperan sebagai lembaga inspirator, kreator, motivator dan aktivator terhadap gerakan memasyarakatkan makan ikan, sehingga ke depan tercipta generasi muda Tanah Datar yang unggul dan berdaya saing,” sampainya.

Ny. Emi yang juga Istri Bupati Tanah Datar, memaparkan lahirnya Forikan di Tanah Datar karena masih rendahnya tingkat konsumsi ikan. “Tingkat konsumsi ikan di Tanah Datar masih rendah di bandingkan konsumsi ikan Sumbar 2017 yang sudah pada angka 37,72 kg/Kapita/Tahun. Namun dibandingkan 2016 sebesar 28,42 kg/kapita/tahun, konsumsi ikan 2017 Tanah Datar meningkat jadi 32,54 kg/kapita/tahun, dan tentu saja 2018 ini diharapkan lebih meningkat lagi,” ujarnya. 

Di akhir penyampaiannya Emi berharap dan menghimbau orang tua dan guru menciptakan menu dari ikan untuk anak-anaknya. “Kepada guru dan orang tua tentu hendaknya menciptakan variasi makanan olahan ikan, sehingga menimbulkan selera makan dan menghindari kejenuhan bagi anak-anak kita,” tukasnya. 

Sementara itu di kesempatan sebelumnya, Sekretaris Dinas Pangan dan Perikanan memaparkan program penyuluhan untuk anak PAUD/TK menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun. 

“Kegiatan ini telah dilaksanakan dari tahun 2004 lalu dan telah menjadi program tahunan agar dengan konsumsi ikan akan tercipta generasi muda Tanah Datar yang lebih unggul dan mampu bersaing, dan di kesempatan ini kita akan bagikan snack yang terbuat dari bahan ikan,” ujarnya.

Selanjutnya Kepsek TK/PAUD Harapan Ibu Mimi menyampaikan, TK Harapan Ibu yang mempunyai 91 Siswa dan 10 guru pengajar mengucapkan terima kasih dan kebanggaan atas kunjungan dan penyuluhan diberikan di sekolah yang dipimpinnya. “Terima kasih kepada ibuk Emi dan bapak dinas lainnya yang telah memilih sekolah kami untuk dikunjungi, semoga penyuluhan dan motivasi yang kami terima meningkatkan pengetahuan dan keinginan kami untuk konsumsi ikan setiap hari,” pungkasnya. (Humas/dvd)
Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 

Search
Pesona Tanah Datar
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id