Berita

KAN NAGARI TABEK PATAH DINILAI TIM PROPINSI

Jumat, 28 September 2018 | 13:48 WIB | Seputar Kecamatan
KAN NAGARI TABEK PATAH DINILAI TIM PROPINSI

Salimpaung - tanahdatar.go.id : Tim penilai Kerapatan Adat Nagari (KAN) tingkat propinsi Sumatera Barat yang terdiri dari Hendri, M.Si (ketua tim), Zaitul Ikhlas (anggota), Natsir Dt. Sampono Nan Batuah (anggota) dan Hj. Usra Syam (anggota), Rabu (26/9) nilai KAN Nagari Tabek Patah.
Kedatangan ketua tim beserta anggota di kantor KAN Nagari Tabek Patah disambut langsung oleh Bupati Tanah Datar yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Mukhlis didampingi Plt. Kadis PMDPPKB Tanah Datar Faisal A.
Dikesempatan kali ini juga hadir Staf Ahli Bupati Bidang Ekobang Zulkifli SR, Kabag Humas Syahril, Kabag Umum, Camat Salimpaung beserta Forkompimka, ketua LKAAM Tanah Datar, Wali Nagari, ketua KAN, ketua BPRN se-kecamatan Salimpaung, Ninik Mamak, Bundo Kandung dan undangan lainnya.
Wali Nagari Tabek Patah H. Krisman Dt. Rajo Nan Kayo menyampaikan bahwa di nagari Tabek Patah semua unsur pemerintahan dalam nagari dalam segala hal selalu saling berkoordinasi dan berkerja sama, terutama dalam merencanakan pembangunan dan dalam penyelesaian setiap permasalahan yang ada.
"Hal ini sudah berlangsung sejak lama, sehingga hubungan kerjasama antara unsur pemerintahan nagari selalu terjalin dengan baik," ujarnya.
Dalam penilain ini, H. Krisman juga berharap KAN nagari Tabek Patah bisa menjadi yang terbaik ditingkat propinsi Sumatera Barat. "Kami tidak menginginkan KAN Nagari Tabek Patah juara, tapi kami menginginkan KAN nagari Tabek Patah menjadi nomor satu di Sumbar," katanya.
Sementara Bupati dalam sambutannya mengatakan, terpilihnya KAN nagari Tabek Patah sebagai wakil kabupaten Tanah Datar dalam penilaian KAN berprestasi tingkat propinsi Sumbar tentulah dikarenakan KAN Tabek Patah memiliki banyak kelebihan disbanding yang lain. Kelebihan yang dimiliki tentu merupakan warisan nenek moyang yang sudah ada sejak dulu dan tetap lestari sampai saat ini.
Warisan nenek moyang yang masih dipertahankan inilah yang sampai saat ini bisa menjaga dan membentengi akan kemenakan kami dari pengaruh buruk kemajuan zaman, ilmu dan teknologi yang saat ini telah banyak mempengaruhi perilaku generasi bangsa.
Dia juga berharap kedatangan tim penilai kesini bisa memberikan masukan tentang konsep adat diminangkabau, sehingga jejak adat tidak hilang dan tetap terpelihara dengan baik hingga nanti.
Sementara ketua tim penilai Hendri, mengatakan bahwa aspek yang akan dinilai dalam penilaian KAN berprestasi tahun 2018 tingkat propinsi Sumbar diantaranya, aspek kelembagaan, penyelenggaraan adat, kompetensi dan aspek kerjasama antar lembaga.
Selain itu, dia juga katakana bahwa saat ini eksistensi nagari dalam kenyataannya tidak saja semata-mata sebuah kesatuan masyarakat hokum adan, namun telah berkembang keikutsertaannya damal penentu kebijaksanaan yang dibuat pemerintah nagari. Maka sangatlah tepat bila nagari sebagai wilayah kesatuan pembangunan menjadikan program pembangunan nagari yang didukung perencanaan, pengawasan, evaluasi dan pemeliharaan pengembangan. Pengembangan dan kemajuan itu sendiri pada prisipnya berada ditangan para pemengku adat.
Oleh karena itu menurut Hendri, tuntutan saat ini mengharuskan para pemangku adat dapat melakukan kajian-kajian terhadap kerkembangan adat dan budaya, agar dapat menentukan langkah terbaik untuk menjaga dan merawat adat dan identitas budaya.
Diakhir rangkaian kegiatan tersebut ditutup dengan ekspos dari ketua KAN nagari Tabek Patah yang disampaikan oleh penasehat KAN Nurhamdi Zahari Dt. Indo Marajo Nan Bapayuang Ameh. (humas)
Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 

Search
Pesona Tanah Datar
Laporan Pengaduan
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id