Berita

BATAGAK TONGGAK TUO KANTOR KAN SUMPUR, BUKTI KEBERHASILAN HIDUP BERGOTONG ROYONG

Jumat, 05 Oktober 2018 | 12:12 WIB | Seputar Kecamatan
BATAGAK TONGGAK TUO KANTOR KAN SUMPUR, BUKTI KEBERHASILAN HIDUP BERGOTONG ROYONG

Batipuh Selatan-tanahdatar.go.id : Prosesi adat batagak tonggak tuo pembangunan kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) atau juga biasa disebut oleh masyarakat sebagai balai adat nagari sumpur kecamatan batipuh selatan yang dilaksanakan kemarin kamis (27/9) berjalan khidmat dan lancar. Prosesi diawali dengan pemilihan kayu oleh tukang, dan biasanya kayu yang dijadikan tonggak tuo bernama kayu jua, selanjutnya dilakukan prosesi menebang kayu yang diawali dengan do’a bersama dan pidato adat. 
Prosesi menebang kayu pun diawali oleh tokoh adat, tokoh agama, tokot masyarakat dan tokoh pemuda, baru kayu yang sudah dipilih ditebang oleh masyarakat secara bergotong royong. Setelah kayu ditebang prosesi dilanjutkan dengan penanaman pohon kembali, pohon yang ditanam kembali biasanya selalu lebih dari satu, prosesi ini menggambarkan bahwa masyarakat tidak hanya bisa memanfaatkan yang sudah ada, namun juga melestarikannya kembali agar dikemudian hari anak cucu mereka juga bisa menikmatinya.
Setelah prosesi ini selesai, dilanjutkan dengan maelo kayo (membawa kayu dari hutan ke lokasi dimana akan didirikan bangunan). Selanjutnya baru mendirikan tonggak tuo yang menandai awal dimulainya mendirikan sebuah bangunan. Semua prosesi ini dari awal sampai selesai dilakukan secara bersama dan bergotong royong oleh masyarakat.
Wabup Zuldafri Darma yang sempat hadir menyaksikan prosesi adat tersebut menuturkan bahwa ini adalah sebuah contoh nyata masyarakat nagari sumpur dalam melestarikan adat dan budaya minang. Tidak hanya itu, menurutnya prosesi adat ini juga sebagai pembelajaran kepada generasi muda bahwa dengan bergotong royong seberat dan sesulit apapun pekerjaan akan terasa mudah dan ringan.
Terkait dengan penanaman poho kembali setelah menebang kayu, menurut zuldafri darma menggambarkan filosofi “Patah tumbuah hilang baganti” yang artinya hilang satu akantumbuh seribu. “Kita tanam kembali pohon yang sama jenisnya dengan harapan hilang satu tumbuh seribu” ujarnya.
Dia juga berharap apa yang telah dilakukan hari ini bisa ditularkan dan menjadi contoh kepada nagari-nagari yang lainnya di Tanah Datar bahkan Sumatera Barat.
Selaku pimpinan daerah wabup juga mengapresiasi prosesi adat ini, karena menurutnya tidak terbantahkan prosesi adat yang seperti ini adalah merupakan dasar kabupaten Tanah Datar dalam menjalankan organisasi pemerintahan yang tertuangkan dalam visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar.
“Kalau ini tidak bisa kita tularkan, maka tidak terbayangkan bagaimana generasi kita pada 10 “ 15 tahun mendatang. Sudah pasti akan awam dan buta terhadap adat budaya yang menjadi jati diri kita sebagai orang minang,” ujarnya.
Untuk itu apa yang telah kita kerjakan hari ini akan menjadi pembelajaran bagi generasi kita, dan dengan ini kita juga telah sangat berkontribusi terhadap pembangunan di kabupaten Tanah Datar terutama dibidang adat dan budaya, tambahnya.
Sementara ketua pelaksana Yohanes yang biasa dipanggil H. Yos, mengharapkan prosesi ini bisa menjadi awal kebangkitan masyarakat dalam bergotong royong untuk membangun nagari.
Prosesi adat batagak tonggak tuo kantor KAN nagari Sumpur tersebut juga dihadiri oleh Staf Ahli Bupati bidang SDM dan Kemasyarakatan Ermon Reflin, anggota DPRD Tanah Datar, camat beserta forkompimka, Wali nagari, ketua KAN, ketua BPRN se-kecamatan Batipuh Selatan, para pemuka adat, tokoh masyarakat, agama, bundo kanduang, pemuda dan undangan lainnya. (Humas)
Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id