Berita

PASCA BANJIR BANDANG, PEMKAB TANAH DATAR TETAPKAN MASA TANGGAP SATU MINGGU

Sabtu, 13 Oktober 2018 | 22:59 WIB | Seputar Kecamatan
PASCA BANJIR BANDANG, PEMKAB TANAH DATAR TETAPKAN MASA TANGGAP SATU MINGGU

Pasca Banjir Bandang dan Tanah Longsor yang melanda Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar, Pemerintah Daerah tetapkan masa tanggap darurat selamat satu minggu.

Hal itu dikatakan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Jum'at (12/10) di Posko Bencana saat memimpin rapat penanganan pasca banjir bandang dan tanah longsor yang melanda daerah tersebut.

Bupati sampaikan, penanganan pasca bencana ini harus segera dilaksanakan mengingat luasnya dampak yang ditimbulkan. Pembersihan material lumpur, bebatuan dan kayu-kayu besar yang menutupi badan jalan secepatnya disingkirkan, agar masyarakat pengguna jalan tidak terganggu.

Untuk material yang sampai saat ini masih menutupi saluran jembatan agar segera dibuatkan saluran air mengingat saat ini curah hujan di wilayah Tanah Datar masih cukup tinggi.

Dia menambahkan, bagi warga yang rumahnya hancur, dan hanyut terbawa banjir bandang, untuk sementara sudah ada tempat tinggal sementara di rumah keluarga masing-masing, namun perlu dipantau, dan jika perlu bantuan, pemerintah daerah akan segera mengupayakan.

Selama masa tanggap darurat tersebut pemerintah daerah melalui Dinas Sosial juga mendirikan tenda, dapur umum dan mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan masyarakat maupun relawan.

Pada kesempatan yang sama Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, ingatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar segera mendata kerugian materil warga yang tertimpa bencana, baik itu rumah, lahan sawah, irigasi, perkebunan, ternak, kolam ikan masyarakat, tanaman dan lain sebagainya.

"Data segera dengan sebaik-baiknya, sehingga upaya tindak lanjut kita pemerintah daerah dapat cepat dilaksanakan," ucapnya.

Hingga berita ini diturunkan, data kerugian masyarakat dan fasilitas umum akibat bencana tersebut di Nagari Tanjuang Bonai 6 rumah rusak berat, 3 kedai (toko) hanyut.

Di Nagari Lubuak Jantan Kalo-Kalo Jorong Mawar bencana tanah longsor. Nagari Batu Bulek banjir bandang namun tidak ada korban jiwa, 1 rumah rusak, ternak warga hanyut, sawah dan kebun rusak.

Korban jiwa menewaskan 5 orang, dimana 3 orang korban terdiri dari  ibu dan 2 anaknya, sementara yang dua orang 1 diketahui berprofesi tukang ojek hingga saat ini belum ditemukan, dan satu lagi warga Payakumbuh sudah ditemukan.

Korban selamat 6 orang dirawat di Puskesmas Lintau Buo I dan satu ditujuk ke RSUD M.Hanafiah Batusangkar. (Humas-Irfan F)

 

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id