Berita

TANAH DATAR BARALEK GADANG, 2 EVENT BESAR DIGELAR BULAN NOVEMBER DAN DESEMBER

Kamis, 25 Oktober 2018 | 01:45 WIB | Umum
TANAH DATAR BARALEK GADANG, 2 EVENT BESAR DIGELAR BULAN NOVEMBER DAN DESEMBER

Batusangkar “ tanahdatar.go.id : Kabupaten Tanah Datar akan segera menghelat dua event besar bertaraf internasional di bulan November 2018 mendatang, dua event ini juga termasuk dalam 100 wonderful Indonesia. Pertama adalah event Tour de Singkarak yang akan dihelat pada tanggal 3-11 november 2018, satu lagi event yang akan digelar adalah Festival Pesona Budaya Minangkabau yang rencananya akan dilaksanakan dari tanggal 28 november sampai tanggal 02 desember 2018 nanti.
Pada Tour de Singkarak ke-10 tahun 2018 ini, wilayah kabupaten Tanah Datar akan dilalui sebanyak 4 (empat) stage, hal ini terungkap saat rapat persiapan panitia yang dipimpin langsung oleh Asisten Ekobang Edi Susanto, pada hari rabu (23/10) di Aula Eksekutif kantor Bupati. Rapat tersebut juga dihadiri oleh seluruh stake holder yang terkait.
Dalam rapat tersebut diterangkan bahwa beberapa wilayah kabupaten Tanah Datar akan dilewati rute TdS diantaranya : Pertama pada stage I yang akan digelar pada hari minggu, tanggal 4 november 2018. Jalur sepanjang 122,7 km dari Kota Bukittinggi “ Kabupaten Sijunjung ini akan melewati  rute star Lapangan Kantin “ Panorama “ Pasar Banto “ Simp. Tarok “ Simp. Tangah Jua “ Simp. Bypass “ Baso “ Tabek Patah “ Sungai Tarab “ Kota Batusangkar “ Istano Basa Pagaruyung “ Saruaso “ Sitangkai “ Tj. Ampalu “ Lintas Sumatera dan finish di Gedung Pancasila Kabupaten Sijunjung.
Selanjutnya pada stage 3 (tiga) hari selasa, 6 november 2018 Kabupaten Solok “ Kabupaten Tanah Datar sepanjang (100,6 km). Pada stage ini akan melewati rute Dermaga Singkarak “ Saniang Baka “ Malalo “ Batu Taba “ Kubu Karambia “ Pariangan “ Lima Kaum “ Pasar Batusangkar “ Lapangan Gumarang “ Pagaruyung “ Bukit Gombak “ Piliang “ Pincuran 7 “ Batusangkar “ Lapangan Gumarang dan finish di Istano Basa Pagaruyung.
Dan 2 stage lagi masing “ masing pada stage 6 dari Kota Solok “ Kota Payakumbuh jalur sepanjang 103,5 km akan melewati rute diwilayah kabupaten Tanah Datar yaitu Batu Limbak “ Simp. Ombilin “ Rambatan “ Dobok “ Pincuran 7 “ Pasar Batusangkar “ Simp. BPD “ Sungai Tarab dan Salimpaung. Selanjutnya pada stage 7 dari Kota Padang Panjang “ Kabupaten Solok Selatan. Rute sepanjang 193,7 km ini juga akan melalui Simp. Kubu Karambia dan Ombilin.
Terkait dengan itu, kepada seluruh masyarakat dihimbau agar berhati-hati terutama pada stage 3 tanggal 6 november. Karena pada stage ini iring-iringan pembalap dengan kecepatan tinggi akan melewati kota Batusangkar sebanyak 2 kali.
Sementara pada event Festifal Pesona Budaya Minangkabau akan diisi dengan beberapa kegiatan diantaranya Pawai Budaya Minangkabau, Arakan Jamba, Makan Bajamba, Penyerahan Rekor MURI, Kirab Raja-raja Nusantara, Pagelaran Budaya Kabupaten/Kota se-Propinsi Sumbar, Pameran Matrilineal, Festifal Kopi, Pagaruyung Expo, Fashion Show Authentic Minangkabau, Pameran Benda-benda Pusaka, Aneka Lomba Permainan Anak Nagari Minangkabau, Pacu Jawi dan Hiburan Artis Minang.
Sejalan dengan even Festival Pesona Budaya Munangkabau juga akan digelar Festival Keraton Nusantara XII tahun 2018 yang diperkirakan akan diikuti sekitar 40 kerajaan se-Nusantara. (Hp)
Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id