Berita

DATO' SERI ANWAR IBRAHIM KUNJUNGI RUMAH PUISI TAUFIQ ISMAIL DI TANAH DATAR

Minggu, 28 Oktober 2018 | 16:05 WIB | Seremonial
DATO' SERI ANWAR IBRAHIM KUNJUNGI RUMAH PUISI TAUFIQ ISMAIL DI TANAH DATAR

Anggota Parlemen Malaysia yang pernah menjabat Wakil Perdana Malaysia Dato’ Seri Anwar Ibrahim melakukan kunjungan selama 3 hari di Sumatera Barat. Di hari keduanya, usai menerima gelar Doktor Honoris Causa di bidang Politik Pendidikan  dari  Universitas Negeri Padang,  Dato’ Anwar yang sangat kenyang manis pahitnya dunia politik berkunjung ke Rumah Puisi Taufiq Ismail di Aie Angek Kecamatan X Koto, Minggu siang (28/10/2018).

Penyair Taufiq Ismail didampingi istri Ny. Ati Taufik Ismail serta menantu berkebangsaan Bosnia Edin Harzalic menyambut hangat kedatangan Anwar Ibrahim yang menurut kabarnya akan menerima estafet jabatan Perdana Menteri Malaysia dari Mahatir Muhammad 2 tahun mendatang.

Turut menyambut Bupati Tanah Datar yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan Nuryeddisman, Kadis Perhubungan Harfian Fikri, Kabag Umum Nofenril, Camat X Koto Hendra Setyawan dan Walinagari Aie Angek Anwar.

Dalam kesempatan awal Datuk Seri Anwar Ibrahim didampingi Mantan Menteri Tenaga Kerja Fahmi Idris dan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mendengar lantunan ayat suci Alquran surat Arrahman hafalan secara berkesinambungan 10 anak binaan Tahfiz Rumah Puisi Taufiq Ismail.

“Rumah Puisi merupakan sanggar sastra yang akan memasuki usia 10 tahun pada tanggal  22 Desember mendatang, secara rutin setiap hari Jum’at jam 2 sampai jam 5, berkumpul siswa-siswa dari 4 SMA dan Madrasah datang untuk berlatih 2 hal, kecintaan membaca buku dan kemampuan menulis karangan,” sampai Taufiq Ismail penyair besar Indonesia putra asli Pandai Sikek Tanah Datar yang banyak hasil karyanya dibawakan oleh grup Bimbo.

Tidak hanya itu, sebut Taufiq Ismail, Rumah Puisi juga disemarakkan dengan program tahfiz Alquran, dan saat ini sudah ada yang mencapai hafalan 3 juz.

“Tidak terkiranya rasa gembira, saudaraku Anwar Ibrahim yang punya gelombang hidup yang luar biasa, kami senantiasa mengikuti dan mendoakan, alhamdulillah pada sore sempat datang ke sini,” sebut Taufiq lagi.

Di kesempatan itu Taufik Ismail didampingi istri dan menantu menyerahkan beberapa buku puisi karya beliau dengan sudah diterjemahkan ke bahasa asing di antaranya bahasa Inggris, Arab, Jerman, Belanda, Perancis, Persia, Bosnia, Korea, Rusia, China dan Jepang kepada Dato’ Seri Anwar Ibrahim.

Dato’ Anwar Ibrahim juga berkesempatan melihat-lihat koleksi ratusan buku-buku dengan berbagai judul serta goresan-goresan kata-kata mutiara dari berbagai tokoh dunia.

Dalam kesannya, Dato’ menuliskan kunjungan ini merupakan kunjungan ke tempat “abang”nya dan beliau merupakan pengagum Taufiq Ismail penyair besar dunia Melayu.

Usai kunjungan ke Rumah Puisi Taufiq Ismail, dalam jadwal yang sudah ada rombongan bergerak ke Perguruan Diniyah Putri di Padang Panjang dan dilanjutkan ke Istano Basa Pagaruyung dan malam hari acara di Istana Bung Hatta Bukittinggi

Namun sangat disayangkan, diperkirakan karena waktu yang sudah tidak memungkinkan, kunjungan ke Istano Basa Pagaruyung mendadak dibatalkan padahal Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi bersama Forkompinda dan Kepala SKPD telah menanti untuk beramah-tamah sambil menikmati kuliner khas Tanah Datar di atas Rumah Gadang dan menyaksikan penampilan atraksi seni. (Humas)  

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 

Search
Pesona Tanah Datar
Laporan Pengaduan
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id