Berita
BPK RI Perwakilan Sumbar Sebulan di Tanah Datar

BUPATI HIMBAU OPD GIATKAN PEMBINAAN KE NAGARI

Rabu, 31 Oktober 2018 | 06:50 WIB | Lintas SKPD
BUPATI HIMBAU OPD GIATKAN PEMBINAAN KE NAGARI

Selepas laksanakan tugasnya dari 1 sampai 30 Oktober dalam Pemeriksaan Kinerja Atas Efektivitas Pembinaan dan Pengawasan Pengelolaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa pada Pemerintah Tanah Datar TA 2015 s/d Semester I 2018,  Tim BPK Perwakilan Sumatera Barat, Senin malam (29/10/18) di Indo Jolito Batusangkar lakukan exit permit.

Tim BPK diketuai  Tri Estiningsih bersama anggota tim Dino Rizki, Bardan Dalimunthe dan Fajar Wahyudi disambut langsung Bupati Irdinansyah Tarmizi didampingi Sekda Hardiman, Inspektur Altri Suandi, Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah, Plt. Kadis PMDPPKB Faisal A, Sekretaris BKD D. Yonasri, Sekretaris BKPSDM Elvi Sandri, Camat se Tanah Datar.

Pada kesempatan ini ketua Tim BPK Tri Estiningsih berharap dengan adanya temuan ini maka Pemerintah Daerah harus berupaya membuat regulasi dan mekanisme  yang mengatur secara jelas.

“Dalam laksanakan tugas sebulan ini, kita menemukan regulasi dan mekanisme yang belum memadai tentang pembinaan, pengawasan serta efektifitas pembinaan OPD terhadap pemerintahan nagari, sehingga hal ini harus ditingkatkan lagi selepas ini,” ujar Tri Estiningsih.

Apalagi, tambah Tri Estiningsih, Dana yang dikelola Nagari dari pemerintah pusat sangat besar, karena itu agar pengelolaan dana untuk penyelenggaraan pemerintah berjalan bersih dan akuntabel, perlu pembinaan oleh OPD terkait untuk meminimalisir kesalahan dalam pelaksanaan kegiatan.

Sementara itu Bupati Irdinansyah Tarmizi menyampaikan apresiasi atas masukan yang telah diberikan oleh Tim BPK. “Terima kasih atas masukan dan saran dari Tim BPK, sehingga Pemda mengetahui kelemahan  dan kekurangan, terutama regulasi daerah tentang pembinaan nagari,” sampainya. 

Kemudian Irdinansyah mengungkapkan, ia bersama OPD terkait akan mengawasi, mengikuti perkembangan dan membina nagari dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan nagari. 

“Kita akan selalu awasi dan monitor, sehingga diharapkan Pemerintah Nagari tidak ada yang berurusan dengan penegak hukum akibat lakukan kesalahan melaksanakan kegiatan, karena itu diminta juga kepada Pemerintah Nagari selalu berkoordinasi dengan OPD terkait,” pungkas Irdinansyah. 

Acara ini diakhiri  dengan tanya jawab antara camat antara Tim BPK dan camat terkait pembinaan nagari. (Humas/mhr)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id