Berita
Disambut Wabup Zuldafri Darma

KETUA TIM WASEV, APRESIASI TMMN/D 103 DI TANAH DATAR

Kamis, 01 November 2018 | 06:03 WIB | Lintas SKPD
KETUA TIM WASEV, APRESIASI TMMN/D 103 DI TANAH DATAR

Roh, senjata dan kekuatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) ada pada rakyat, ini bukan slogan, karena tanpa rakyat TNI tidak akan ada. Sejarah telah membuktikan bahwa kerjasama dan saling bahu membahu memperjuangkan Kemerdekaan dari penjajah pada masa lampau walau hanya bersenjatakan bambu runcing, berhasil ciptakan Indonesia yang merdeka.

Ini disampaikan Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Markas Besar (Maabes) TNI Brigjen TNI Sudarto, S.SIP didampingi anggota Letkol Inf. Endar Setyanto serta Kolonel Inf. Budi Prasetyo serta Dandim 0307 Tanah Datar Letkol. Inf. Edi S. Harahap saat menyampaikan ekspos pelaksanaan TMMN/D 103 di Tanah Datar yang dihadiri Wabup Zuldafri Darma, Kajari, Pimpinan BUMN/D serta OPD terkait, Kamis (01/11/2018) di Indojolito Batusangkar.

Kolonel Inf. Sudarto menambahkan, kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa/Nagari (TMMD/N) merupakan salah satu langkah untuk membangun kebersamaan antara TNI bersama rakyat atau masyarakat. “TMMN/D juga untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membantu pembangunan Pemerintah Daerah dengan laksanakan langsung berbagai program pembangunan seperti rehab rumah, pembangunan jalan serta irigasi, juga dengan memanfaatkan swadaya dari masyarakat,” ujarnya.

Kemudian Sudarto juga menyampaikan apresiasi atas perhatian dan kerjasama pemerintah daerah, Forkopimda dan pihak lainnya yang telah ikut sukseskan program ini. “Saya harus sampaikan apresiasi terharap pelaksanaan TMMN/D ke 103 di Tanah Datar sangat baik, karena dari target 100% pelaksanaan, TNI mampu melebihi pelaksanaan menjadi 150% pelaksanaan karena ada beberapa kegiatan tambahan yang dilaksanakan, dan tentu juga Saya menyampaikan terima kasih atas pendampingan pak Wabup dari malam tadi ke lokasi TMMN di jorong Kubang Landai Saruasio” katanya.

Sementara itu Wabup Zuldafri Darma mengungkapkan, pelaksanaan TMMN/D memang memberikan dampak dan manfaat yang nyata kepada masyarakat. “Pemerintah Daerah dengan keterbatasan dana anggaran tentu sangat mendukung kegiatan ini, karena seperti kita ketahui bahwa lebih Rp.1 Milyar dana yang digulirkan untuk pelaksanaan kegiatan ini, sehingga kalau diharapkan kepada APBD Tanah Datar, tentu butuh waktu relatif lama. Dan hasil pelaksanaan TMMN/D ini langsung nampak dan nyata dirasakan masyarakat,” ungkapnya.

Atas kegiatan ini, tambah Wabup Zuldafri, ke depan diharapkan bisa dilaksanakan di beberapa nagari lainnya. “Tanah Datar mempunyai 14 Kecamatan dengan 75 Nagari serta 395 jorong, tentu ke depan diharapkan kegiatan serupa bisa dilaksanakan di Tanah Datar di nagari dan jorong yang memang sangat membutuhkan, apalagi kontur daerah Tanah Datar memang banyak berpotensi bencana,” ujarnya.

Diakhir sambutannya Wabup menyampaikan terima kasih kepada jajaran TNI yang dikomandoi Dandim 0307 Tanah Datar atas pelaksanaan pembangunan melalui program TMMN/D di Jorong Kubang Landai Nagari Saruaso. “Semoga ke depan hubungan antara TNI dan Pemerintah Daerah semakin erat dan baik, serta bekerjasama turut membangun masyarakat Tanah Datar lebih sejahtera lagi,” tukasnya.

Di kesempatan selanjutnya, Dandim 0307 Letkol Inf. Edi S. Harahap memaparkan, sebagian program kegiatan yang dilaksanakan sudah ada yang capai 100% dan masih ada yang dalam tahap 70 %.  “Dalam TMMN/D kita lakukan pembuatan jalan baru dan pengerasan sepanjang 2 KM dengan lebar jalan 8 M dan sudah bisa dikatakan selesai, kemudian pengecoran jalan 400 meter dengan lebar 3,5 meter, pembuatan saluran irigasi 300 meter, rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 8 unit, rehab pos ronda, pembuatan MCK dan mushala dan dana pada kegiatan ini totalnya Rp.1.633.442.00,-, berasal dari APBD Tanah Datar Rp.1.483.422.000,-, APBN sebesar Rp.120 juta dan bantuan dari Nagari Rp.30 juta. Di luar itu ada juga bantuan dari Kemhan RI untuk operasional sebesar Rp.360,5 juta,” pungkasnya.

Selepas acara ekspos, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke Nagari Saruaso. (Humas/dvd)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id