Berita

GURU BESAR HUKUM TATA NEGARA NIKMATI SUASANA PASAR VAN DER CAPELEN

Senin, 12 November 2018 | 07:19 WIB | Umum
GURU BESAR HUKUM TATA NEGARA NIKMATI SUASANA PASAR VAN DER CAPELEN

Pasar wisata Van Der Capellen semakin diminati pengunjung baik warga masyarakat Tanah Datar maupun wisatawan. Pasar yang buka setiap hari Minggu, kali ini peserta Konferensi Nasional Hukum Tata Negara ke-5 termasuk beberapa orang publik figur yang kerap muncul di televisi datang langsung menikmati suasana tempo dulu Minangkabau, kuliner spesifik dan permainan anak nagari, Minggu pagi (11/11/2018).

Terlihat Pakar Hukum Tata Negara Prof. Refly Harun, Prof Saldi Isra, Prof. Syamsudin Haris dan  Prof. Zainal Arifin Mochtar di tengah-tengah keramaian pasar yang sudah berjalan 7 pekan ini.

Ditemani juragan pasar yang juga Ketua Genpi Tanah Datar Hijra Adi Sukrial, Prof. Refly Harun bersama Ketua Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) UGM Prof. Zainal Arifin Mochtar usai menyantap “Katupek Pitalah”, menyebutkan pasar Van Der Capllen  suasananya  ramai, asik, pagi-pagi makan katupek dan makanan-makanan lainnya,” ucap Refly yang juga pernah jadi Komisaris Utama BUMN PT. Jasa Marga.

Ditambahkannya, “kalau datang ke Tanah Datar khususnya hari Minggu, jangan lewatkan kesempatan untuk ke benteng Van Der Capellen, nikmati suasana tempo dulu khas Minangkabau,” sampai Refly.

Senada dengan itu,  Zainal Arifin Muchtar menyebutkan pasar Van der Capelen pasar yang luar biasa, mendapat hal-hal yang baru, tukar koin dahulu, belanja makanan khas Minangkabau, banyak permainan. “Nikmati hari Minggu anda secara luar biasa,” ajak Zainal sumringah.

Prof. Saldi Isra pun turut memberi tanggapan. “Saya melihat perkembangan Tanah Datar khususnya Batusangkar mnejadi salah satu alternatif destinasi wisata di Sumatera Barat, orang kalau ke Sumbar kan tidak hanya ke Bukittinggi, Tanah Datar sudah mengembangkan (pariwisata) ini salah satunya berdiri hotel bintang 4, saya terkejut melihat perkembangan beberapa tahun terakhir,” sebut Prof. Saldi yang sempat bernostalgia dengan memainkan tangkelek panjang bersama koleganya.

Pasar Van der Capelen ucap Prof. Saldi merupakan ide baru yang mesti jadi jualan baru yang harus dikembangkan. “Ini jadi pasar rakyat dalam artian masyarakat bertemu dengan penjual makanan tradisional dan sejenisnya,” kata Prof Saldi Isra yang juga guru besar Unand.

Kepada masyarakat Saldi berpesan, “Kota Batusangkar sudah bersih, yang jadi problem adalah menjaga kota tetap bersih, kalau ini bisa dijaga, orang akan tertarik (datang), secara iklim Tanah Datar juga luar biasa tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin, ini akan menjadi tempat yang menyenangkan bagi orang untuk berwisata,” terang Saldi lagi.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi yang turut menyambut, menyampaikan pemerintah daerah siap menerima masukan dan saran untuk perkembangan sektor pariwisata. “Saran dan masukan yang diberikan akan jadi perhatian pemerintah daerah, sektor wisata adalah sektor jasa bagaimana bisa memberi rasa aman dan nyaman bagi pengunjung,” ungkap bupati saat bincang-bincang dengan para pakar hukum Tata Negara berkaliber nasional ini yang juga didampingi beberapa pejabat daerah. (Humas)     

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 

Search
Pesona Tanah Datar
Laporan Pengaduan
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id