Berita
Pembukaan TC dan Pengukuhan Kontingen Porprov Tanah Datar

BUPATI : KONTINGEN TANAH DATAR HARUS BISA MENINGKATKAN PRESTASI

Rabu, 14 November 2018 | 07:13 WIB | Umum
BUPATI : KONTINGEN TANAH DATAR HARUS BISA MENINGKATKAN PRESTASI

Persiapan teknis atlet bersama pelatih menjadi salah satu faktor penting dalam lahirkan prestasi terbaik, namun juga harus ditunjang kesiapan memfasilitasi hal non teknis seperti mobilisasi, penginapan, konsumsi makanan, dan beberapa hal lainnya sehingga para atlet kita dalam kondisi fit dan nyaman sehingga ketika bertanding mampu menampilkan penampilan terbaiknya. 

Harapan itu disampaikan Bupati Irdinansyah Tarmizi di hadapan ketua DPRD Anton Yondra, Kapolres Tanah Datar AKBP. Bayuaji Yudha Prajas, Asisten Pemerintahan dan Kesra Mukhlis, Kadis Parpora Abdul Hakim, kepala OPD lainnya, ketua KONI Tanah Datar, Kasdim 0307, kepala Pelatih, Ofisial, para atlet dan undangan lainnya pada acara Pembukaan Training Center (TC) Penuh dan Pengukuhan Kontingen Kabupaten Tanah Datar ikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar ke XV di Kabupaten Padang Pariaman, Selasa (13/11) di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar. 

Di kesempatan itu Bupati Irdinansyah menyampaikan harapannya kontingen Porprov Tanah Datar pada ajang tahun ini mampu meningkatkan prestasi dengan peningkatan jumlah perolehan medali emas. “Pada Porprov 2016 lalu di Kota Padang, kita berada pada peringkat 8 dengan medali emas 38, perak 49 dan perunggu 64, tahun ini tentu harus meningkat lagi. Dan Saya bersama Ketua DPRD sepakat kalau Porprov tahun ini bisa meraih peringkat 5, bonus akan kita jadikan Rp.30 juta untuk satu medali emas,” sampai Irdinansyah. 

Semua itu, tambah Bupati, sebagai bentuk motivasi dari pemerintah daerah agar para atlet mampu berprestasi dengan maksimal demi marwah Tanah Datar. “Disiplin, kerjasama, kerjakeras, dukungan dan komitmen merupakan hal penting yang harus dimiliki dan ditanamkan pada para atlet, pelatih maupun ofisial, sehingga ketika ini bisa dilakukan, Insya allah prestasi akan bisa diraih,” tambahnya. 

Bupati Irdinansyah berharap dalam sisa waktu yang tidak begitu lama lagi, semua yang terlibat dalam Porprov ini melakukan persiapan terbaiknya. “Pada TC penuh ini para atlet kalau bisa terus latihan tingkatkan kualitas, pelatih dan ofisial tentu juga mempersiapkan segala kebutuhan atlet, agar mereka bisa konsentrasi ketika berlaga,” tukasnya. 

Di akhir penyampaiannya Bupati menyampaikan terima kasih kepada semua yang terlibat dan mendukung sehingga kontingen bisa berjalan baik. “Saya juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Dandim 0307, Bapak Letkol Inf. Edi S. Harahap yang mau mengemban amanah menjadi ketua kontingen kita, semoga di bawah kepemimpinan beliau dan dukungan kita semua, prestasi olahraga khususnya pada Porprov tahun ini bisa lebih baik,” tukasnya. 

Sebelumnya Ketua KONI Tanah Datar Doni Eka Putra menyampaikan, kontingen Porprov Kabupaten Tanah Datar berjumlah 640 orang. “32 Cabor akan diikuti 380 orang atlet akan berlaga dari tanggal 19 sampai 28 November 2018 di Kabupaten Padang Pariaman yang juga didampingi pelatih dan ofisial,” katanya.

Doni menambahkan, TC akan dilaksanakan dari tanggal 13 sampai 17 November yang dipusatkan di Kota Batusangkar dan para atlet akan kita inapkan di sekitaran kota. “Ada dua Cabor yang tidak TC di Kota Batusangkar yakni Panjat Tebing yang latihan di Dharmasraya dan atletik di Padang Panjang, ini disebabkan fasilitas latihan kedua cabor ini tidak memadai di Tanah Datar, dan hal ini mohon jadi perhatian kita semua,” ujarnya. 

Apalagi pada gelaran Porprov ke XVII mendatang tahun 2022, sampai Doni, Tanah Datar bersama Kota Padang Panjang mengajukan diri menjadi tuan rumah ajang dua tahunan ini. “Pada rapat persiapan penyambutan api Porprov, kami bersama KONI Kota Padang Panjang sepakat untuk jadi tuan rumah pada tahun 2022 dan itu sudah akan dibawa ke Rakerprov KONI Sumbar untuk di sahkan. Dan tentu kami mohon dukungan semua pihak, terutama Pemda untuk meningkatkan kualitas fasilitas olahraga kita menyambut gelaran itu nantinya,” harap Doni. 

Sementara itu untuk pelaksanaan Porprov tahun ini, Posko Utama dan menjadi tempat kontingen kita menginap di SMP 1 Sungai Sariak dan SD 11 Sungai Sariak yang letaknya berdekatan, namun ada beberapa Cabor lain yang sudah kita kondisikan penginapannya berdekatan dengan lokasi pertandingan, karena posko utama kita terlalu jauh dari lokasi lomba, tukas Doni. 

Sementara itu Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf. Edi S. Harahap selepas menerima bendera KONI Tanah Datar dari Bupati sebagai bentuk penyerahan amanah sebagai ketua kontingen menyampaikan ungkapan terima kasih atas amanah dan kepercayaan yang diberikan kepadanya. “Terima kasih atas amanah ini, mari kita bekerja keras, bekerjasama dan menunjukkan komitmen untuk gapai hasil terbaik,” harapnya. 

Untuk para anggota kontingen, Dandim Edi S. Harahap berharap semua mempunyai semangat dan berjiwa tangguh dan militan. “Jiwa militan adalah pantang menyerah, tidak mudah mengeluh dan harus punya tujuan, serta memanfaatkan keterbatasan untuk lahirkan prestasi. Dan mari kita bersama-sama kita berjuang dan mampu ukir prestasi lebih baik untuk keharuman nama kontingen Tanah Datar,” ujar Edi. 

Di kesempatan selanjutnya Ketua DPRD Anton Yondra menyampaikan, DPRD Tanah Datar berkomitmen mendukung perkembangan olahraga dan para atletnya. “Pelaksanaan Porprov tahun ini meningkat dari pelaksaan sebelumnya, anggaran sebelumnya tidak sampai Rp.4 Milyar, tahun ini telah dianggarkan Rp.4,5 Milyar. Dan tentu sebanding dengan prestasi yang dicapai,” sampainya. 

Anton menambahkan, seperti pelaksanaan sebelumnya bonus bagi atlet yang mampu memberikan sumbangan medali akan tetap kita berikan secepatnya. “Pemberian bonus kita serahkan ditempat tanding, belum kering keringat bonus sudah diterima. Dan sebagai apresiasi lainnya, para atlet berprestasi akan diangkat juga menjadi THL seperti tahun lalu bagi yang ingin dan membutuhkan,” sampainya. 

Ia juga berharap, dengan dilibatkannya Tim Pengawal dan Pengaman Pembangunan Pemerintah Daerah (TP4D) Kejasaan Negeri Tanah Datar dalam pelaksanaan pengadaan kebutuhan Porprov tahun ini. “Sengaja dilibatkan TP4D dalam memenuhi kebutuhan, sehingga apa yang menjadi kebutuhan dapat dipenuhi sebagaimana mestinya dan penyimpangan penggunaan dana Porprov tidak terjadi yang bisa akibatkan kita berurusan hukum,” ujarnya. 

Akhir sambutannya Anton menyampaikan, ia selaku ketua DPRD dan beserta anggota DPRD lainnya akan mengagendakan kunjungan ke lokasi bertanding sebagai bentuk motivasi langsung kepada atlet yang bertanding. “Kita secara bergiliran akan lakukan kunjungan ke Posko maupun lokasi pertandingan untuk berikan dukungan dan motivasi kepada para atlet,” sampainya.

Di penghujung kegiatan diisi oleh pemberian motivasi bagi para atlet oleh DR. Tjung Hau Sin, M.Pd.Kons yang merupakan pakar motivasi nasional. (Humas/dvd)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id