Berita

WABUP ZULDAFRI SERAHKAN API PORPROV XV KEPADA WAWAKO PADANG PANJANG

Sabtu, 17 November 2018 | 15:06 WIB | Umum
API PORPROV KE XV DIKIRAB DARI NAGARI PARIANGAN

Setelah melalui prosesi adat untuk pengambilan api Porprov oleh para ninik mamak nagari tuo Pariangan dan upacara yang dihadiri dan disaksikan oleh hampir seluruh pejabat yang ada di provinsi Sumatera Barat, di lapangan Sultan Suri Maharajo Dirajo nagari Pariangan, dilanjutkan dengan arak-arakan.

Wali Nagari Pariangan April Khatib Saidi dipercaya langsung untuk mengambilnya dengan didampingi ketua KAN dan BPRN nagari Pariangan. Api yang telah diambil itu lantas diserahkan kepada Bupati Tanah Datar untuk selanjutnya diserahkan kepada Gubernur Sumatera Barat.

Lalu dari gubernur api diserahkan kembali kepada bupati kabupaten Padang Pariaman selaku tuan rumah pelaksanaan Porprov XV tahun 2018 ini. Selanjutnya api tersebut diserahkan kepada utusan atlet untuk dikirab menuju kota Padang Panjang. 

Iring “ iringan kirab api Porprov tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma didampingi Dandim 0307 yang juga sebagai ketua kontingen kabupaten Tanah Datar pada Porprov XV Letkol Inf. Edi Sugianto Harahap, Wakapolres Tanah Datar, Asisten Ekobang, Kadis Parpora dan rombongan lainnya.

Setibanya di batas wilayah antara Kabupaten Tanah Datar dan kota Padang Panjang, rombongan disambut langsung oleh Wakil Walikota Padang Panjang Asrul beserta Ketua DPRD Kota Padang Panjang, Forkompimda kota Padang Panjang dan beberapa kepala OPD dilingkup kota Padang Panjang.

Pada prosesi penyambutan tersebut, Wabup Zuldafri selaku pimpinan rombongan menyerahkan langsung api Porprov kepada Wawako Padang Panjang Asrul, selanjutnya api tersebut diserahkan kembali kepada salah seorang mantan atlet Padang Panjang yang berprestasi di tingkat nasional. Api lantas akan dikirab keliling kota untuk selanjutnya api akan diinapkan selama satu malam di kota Padang Panjang.

Wawako Padang Panjang saat acara penyambutan api porprov tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada Wabup Zuldafri beserta rombongan, karena telah membawa dan menyerahkan api porprov itu ke Pemko Padang Panjang.. "Api Porprov XV ini akan diinapkan di sini selama satu malam, dan ini telah mendapat persetujuan dari semua pihak dan nantinya akan dikirab ke Padang Pariaman," ujar Asrul.

Sama halnya dengan Wabup Zuldafri Darma. Dia juga menyampaikan ucapan terimakasih atas penyambutan yang dinilainya sangat luar biasa. "Kami kagum sekaligus bangga karena kami di sini disambut dengan karpet merah," ujarnya. Dia juga mengatakan bahwa, antara kabupaten Tanah Datar dan kota Padang Panjang adalah satu dan tidak mungkin dapat dipisahkan.

Wabup juga mengatakan bahwa api yang dibawanya merupakan simbol semangat yang membara. "Api melambangkan semangat yang menggelora bagi setiap atlet untuk meraih prestasi dalam sebuah ajang pertandingan," katanya.

Untuk itu dia berharap, dengan semangat ini para atlet dari Tanah Datar dan Padang Panjang yang akan bertanding pada Porprov XV di kabupaten Padang Pariaman nanti mampu meraih prestasi yang luar biasa sehingga akan berdampak dengan perbaikan peringkat bagi Tanah Datar dan Padang Panjang.

Sementara ketua KONI Provinsi Sumatera Barat Syaiful, mengatakan bahwa peristiwa ini belum pernah terjadi sebelumnya. "Ini yang pertama dan belum pernah terjadi sebelumnya, api Porprov diinapkan di kota yang bukan tuan rumah Porprov. Biasanya api Porprov setelah diambil dari nagari Pariangan akan diarak keliling sumbar tanpa menginap di salah satu kabupaten/kota yang bukan tuan rumah," pungkasnya. (Humas-Hadi/Heri)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id