Berita

UJI KESETARAAN, DEKRANASDA JAWA TENGAH KUNJUNGI TENUN PANDAI SIKEK

Kamis, 22 November 2018 | 22:47 WIB | Seremonial
UJI KESETARAAN, DEKRANASDA JAWA TENGAH KUNJUNGI TENUN PANDAI SIKEK

Guna meningkatkan kompetensi kelembagaan dan dalam rangka uji kesetaraan dengan Provinsi Sumatera Barat, Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Tengah kunjungi kerajinan tenun songket Pandai Sikek Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar, Kamis (22/11).

Rombongan yang terdiri dari 17 isteri bupati dan wali kota serta beberapa pejabat Pemprov Jawa Tengah ini dipimpin Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Tengah Ny. Nawal Arafah Yasin.

Rombongan terlebih dahulu disambut di gubernuran Provinsi Sumatera Barat oleh ketua Dekranasda provinsi Ny. Nevi Irwab Prayitno beserta pengurus sebelum bertolak menuju Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar.

Di Nagari Pandai Sikek, rombongan juga sudah ditunggu isteri Bupati Tanah Datar, Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi, Camat X Koto Hendra Setyawan, Forkopimca, Sekretaris Nagari, Tokoh Masyarakat, Bundo Kanduang dan Pengurus Dekranasda Kabupaten.

Ny. Nawal Arafah Yasin menyebutkan kunjungan dalam rangka peningkatan kelembagaan Dekranasda Provinsi Jawa Tengah ke Provinsi Sumatera Barat ini diikuti oleh 17 dari 35 Dekranasda kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

Untuk itu Ny. Nawal ucapkan terima kasih pada pengurus Dekranasda Provinsi Sumatera Barat yang telah mendampingi rombongan hingga ke Tanah Datar. 

Mengenai kerajinan unggulan di Provinsi Jawah Tengah disebutkannya, seperti batik Pekalongan, Solo dan Banyumas, "di antara batik ini tentunya juga memiliki filosofi tersendiri, pola batik pun berbeda, seperti batik yang saya pakai saat ini menggunakan pola Banyumas, "ucapnya.

"Di Provinsi Jawa Tengah juga ada 10 kabupaten dan kota yang memiliki industri tenun dengan 766 unit usaha dan menyerap tenaga kerja sebanyak 14.751 orang. Sementara untuk batik hampir merata di 35 kabupaten/kota, di Jawa Tengah dengan 1.611 unit usaha dan tenaga kerja 11.336 orang, "terangnya.

Menyinggung soal kunjunganya bersama rombongan ke Pandai Sikek Tanah Datar, Ia sebutkan, "tenun Minang sudah sangat terkenal, terutama songket Pandai Sikek luar biasa, mulai dari corak, motif dan kerapian," sebutnya.

"Pengerjaannya masih tradisional, asli buatan tangan, harga juga terjangkau, untuk itu kunjungan ini juga sebagai bentuk sharing berbagi ilmu dan informasi bagaimana tenun songket Pandai Sikek bisa eksis dan juga adanya kaderisasi sehingga tenun songket ada sepanjang masa," pungkasnya.

Sebelumnya Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi sampaikan selamat datang pada rombongan Dekranasda Provinsi Jawa Tengah dan ucapan terima kasih kepada Dekranasda Provinsi Sumatera Barat yang telah menunjuk Kabupaten Tanah Datar yaitunya sentra tenun Pandai Sikek sebagai daerah tujuan dari kunjungan rombongan ini.

"Terima kasih wakil ketua Dekranasda Provinsi Jawa Tengah beserta rombongan yang telah berkenan ke Pandai Sikek, di sini (Pandai Sikek) merupakan pusat kerajinan tenun di Tanah Datar maupun di Sumatera Barat, dan kerajinan tenun di sini juga yang terbaik dan sudah terkenal hingga manca negara," sebutnya.

Dia juga menyebutkan jika tenunan Pandai Sikek, diwariskan secara turun temurun dari leluhur, "untuk menenun ini pelajar kelas 4 SD sudah diajarkan menenun oleh orang tuanya, dan sudah bisa menenun selendang," katanya.

Selain mengenalkan tenun, Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi juga menyampaikan destinasi wisata yang dimiliki Tanah Datar pada rombongan.

Usai beramah tamah dan berbagi informasi rombongan mengunjungi outlet kerajinan dan songket yang terdapat di Nagari Pandai Sikek tersebut. (Humas-Irfan F)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id